Growth Hack: Shortcut bagi Pebisnis Online Meraih Profit dalam Setahun

Di artikel sebelumnya, saya sudah singgung soal growth hack. Istilah ini sudah menjamur selama 5 tahun terakhir, seiring berkembangnya fenomena bisnis online di Indonesia. Buat Anda yang belum...

416 0
416 0
Growth Hack

Di artikel sebelumnya, saya sudah singgung soal growth hack. Istilah ini sudah menjamur selama 5 tahun terakhir, seiring berkembangnya fenomena bisnis online di Indonesia. Buat Anda yang belum familiar dengan istilah ini, berikut saya beri ilustrasinya:

Ilustrasi seorang growth hackers (embedsocial.com/blog/hiring-growth-hackers)

Maknanya, seorang growth hacker merupakan kombinasi antara seorang pengembang, pemasar, desainer, hingga analitis. Seluruh kemampuan ini diramu menjadi satu sehingga mampu menumbuhkan bisnis dengan cepat. 

(BACA JUGA: Mencoba Berbisnis Online dengan Innovation Capability)

 

Apa manfaat growth hack bagi bisnis online?

Mudahnya, growth hack bertujuan mempercepat 4 fase pemasaran di dalam bisnis online

Ilustrasi manfaat growth hack bagi bisnis online (fourdots.com)

Namun, secara teknis memang tidak sesimpel itu. Anda butuh beragam keterampilan sehingga mampu memanipulasi pertumbuhan bisnis normal” menjadi lebih instan dibanding sebelumnya. Salah satu contoh nyata adalah Dropbox. Seperti penjelasan saya sebelumnya, bisnis online satu ini memiliki taktik growth hack paling berkesan.

Upaya growth hack Dropbox (entrepreneur.com/article/296744)

Sampai hari ini, strategi ini mampu menumbuhkan bisnis Dropbox sehingga jumlah user menembus angka 500 juta per Maret 2017. Jelas, apa yang dilakukan oleh Dropbox berbuah manis. 

Bagi bisnis online baru, apa manfaat growth hack?

Sejatinya, growth hack merupakan upaya meminimalisir upaya pemasaran bisnis online secepat mungkin. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan seseorang atau sekelompok marketing online yang mumpuni. 

Framework growth hack pada bisnis daring (webpro.in)

Pastikan di dalam penerapan growth hack, bisnis online sudah memiliki konsep yang matang. Setidaknya, unfair advantage bisnis sudah terbangun secara kuat meski belum mampu merealisasikan kerangka bisnis secara sempurna (detail unfair advantage akan saya bahas di artikel selanjutnya). 

Bisnis tidak hanya perlu ide inovatif”, melainkan butuh realisasi yang cepat dan relevan dengan segmen bisnis.

 

5 tahap proses growth hack bisnis online

Pada proses realisasi bisnis, growth hack memang sudah terbukti efektif untuk mempercepat bisnis mencapai target profit. Namun, proses pelaksanaan perlu mempertimbangkan beragam aspek dan tahapan. Berikut ini adalah langkah demi langkah memakai growth hack di dalam bisnis online:

  • Buat tujuan mini (sederhana). Karena bertujuan untuk mempercepat proses pemasaran, hapus tujuan lain yang tidak terkait langsung dengan proses pemasaran. Inti dari growth hack adalah pemasaran yang supercepat. Oleh sebab itu, proses produksi ataupun manajemen bisnis sedikit abaikan. Meski begitu, akan lebih baik menyediakan satu orang untuk mengurus hal-hal lain di luar pemasaran bisnis supaya proses bisnis tetap selaras.
  • Analisis dari bagian per bagian. Sama halnya dengan sebelumnya, analisis pun harus fokus pada proses pemasaran bisnis. Di belakangnya, Anda bisa mengalokasikan waktu senggang untuk mengoptimalisasi proses produksi atau pengembangan produk. Cukup analisis beberapa metrik, seperti: time on page, referral URLs, atau mobile usage.
  • Optimalkan flow penjualan bisnis. Akan ada gap atau problem di dalam proses ini. Oleh sebab itu, perhatikan secara cermat flow penjualan produk atau alur perilaku belanja customer. Hal ini berguna supaya setiap momen bisa diperbaiki dan dijadikan sebagai pos untuk mendorong perilaku belanja customer.
  • Lakukan secepat dan sesegera mungkin. Punya ide, langsung eksekusi. Lakukan secepat mungkin. Jangan menunggu atau terjebak pada asumsi.
  • Uji coba, ulangi, ubah, dan uji coba kembali. Jangan pernah melupakan soal uji coba dan proses analisis. Keduanya perlu berjalan seiringan. Apabila sudah, ubah segala taktik untuk memperbaiki setiap langkah pemasaran.

Secara sederhana, growth hack bisa diartikan sebagai jalan alternatif” untuk menumbuhkan bisnis online baru. Memang tidak semanis konsepnya. Namun, kesempatan growth hack untuk direalisasikan di dalam bisnis cukup besar. Asalkan, Anda memiliki sumber daya tepat untuk menerapkannya.

 

 

Source: 12

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation