Mencoba Berbisnis Online dengan Innovation Capability

Berbisnis online akan berujung kesuksesan dengan modal inovasi. Hampir sebagian besar pelaku bisnis online saat ini melahirkan inovasi-inovasi brilian.  GoJek, Tokopedia & Bukalapak, Qlapa,hingga  OLX (yang dulunya bernama...

204 0
204 0

Berbisnis online akan berujung kesuksesan dengan modal inovasi. Hampir sebagian besar pelaku bisnis online saat ini melahirkan inovasi-inovasi brilian. 

  • GoJek,
  • Tokopedia & Bukalapak,
  • Qlapa,hingga 
  • OLX (yang dulunya bernama Tokobagus)

Keempat bisnis daring tersebut mengolah masalah menjadi peluang untuk bisnis. Modal awal mereka adalah inovasi. Ya, di antara para pendiri bisnis-bisnis tersebut pasti memiliki salah satu skill berikut ini:

  • Product development
  • Management
  • Growth hack
  • Digital marketing
  • Teknologi

Di samping kemampuan seperti demikian, mereka perlu prinsip berpikir dan kemampuan inovatif.
(BACA JUGA: Suka Duka Layanan Freemium bagi Startup Digital)

Apa itu innovation capability?

Innovation capability merupakan konsep untuk mengetahui seberapa mampu” sebuah perusahaan untuk berinovasi.

Definisi Innovation Capability
Definisi innovation capability berdasarkan jurnal sciencedirect (sciencedirect.com)

Lalu, apa yang bisa diambil dari hal ini? Anda bisa mencoba untuk mempraktikkan beberapa stage mengenai konsep innovation capability

Innovation Capability
Tahap innovation capability (medium.com/@brian.moelich)

Keempat tahap tersebut dimulai dengan menciptakan ekosistem inovasi di dalam bisnis. Harapannya, ide tidak hanya diproduksi oleh Anda (sendiri), melainkan anggota lain yang berada di bisnis Anda. Kenyataannya, hal ini akan sulit bagi bisnis baru. Salah satunya mengenai kekompakan dan kesamaan visi. Oleh sebab itu, sejak awal mendirikan bisnis online, pilih mereka yang memiliki kesamaan visi dengan Anda. 

(BACA JUGA: Sudah Sukses di Bisnis Offline, tapi Masih Ragu Migrasi ke Bisnis Online?)

Ide pun tidak hanya dijadikan sebagai obrolan saja, melainkan harus bisa direalisasikan untuk menciptakan hal baru di dalam bisnis. Bisa Anda lihat, stage ketiga dan keempat dalam proses innovation capability lebih condong ke aksi”. Sebuah perubahan perlu dilakukan sedemikian cepat sehingga mampu membantu bisnis memperoleh tempat di iklim bisnis online.

Tantangan saat mengelola bisnis dengan fokus untuk berinovasi.
Supaya bisa terus-menerus melakukan inovasi, bisnis perlu berupaya lebih keras. Innovation capability merupakan perangsang. Selanjutnya, Anda perlu melakukan proses integrasi dan analisa secara cermat terkait pertumbuhan bisnis. 

Salah satu bentuk inovasi di dalam bisnis online yaitu growth hacking. Apabila innovation capability lebih condong ke konsep dan framework inovasi, growth hacking adalah bentuk aktivitasnya. Hampir sebagian besar startup atau bisnis online pasti memiliki growth hacking“-nya masing-masing. 

(BACA JUGA: Mencermati Last Touch Attribution bagi Kelangsungan Bisnis Online Jangka Panjang)

Growth Hack
Kedudukan growth hack di dalam bisnis online (quicksprout.com/2016/10/05/how-to-become-an-innovative-growth-hacker-in-one-month)

Contoh nyata dari keberhasilan growth hack yaitu Dropbox. Sebelum seperti saat ini, Dropbox mendorong setiap penggunanya untuk mengundang orang lain. Bagi mereka yang berhasil mengundang seseorang untuk menjadi pengguna, Dropbox akan memberi bonus kepadanya berupa free storage. Tak disangka, strategi ini berhasil menarik minat ribuan user dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Hasilnya?

(BACA JUGA: Internet Marketing Case Study: Cara Sukses Citilink Bertahan di Era Milenials)

Pertumbuhan pengguna Dropbox hingga tahun 2016 (statista.com/statistics/261820/number-of-registered-dropbox-users)

Upaya dari Dropbox memang berbuah manis, tetapi apakah itu relevan dengan bisnis Anda? Growth hack bukan hanya terdiri dari satu strategi (bentuk). Setidaknya, ada beberapa teknik lain yang bisa Anda pergunakan untuk menumbuhkan bisnis dengan cepat. Saya akan membahas khusus soal growth hack ini di artikel berikutnya.

Kembali ke soal innovation capability.

Proses inovasi tidak hanya terfokus pada bagaimana menciptakan produk atau service, segala aktivitas di dalam bisnis pun harus diinovasi sedemikian rupa sehingga semua berjalan efektif dan lebih cepat. Di dalam jurnal scielo.cl tertulis bahwa

4 aktivitas di dalam perusahaan yang terkait Innovation capabality (scielo.cl)

Memang, tidaklah mudah membentuk sebuah bisnis online baru dengan kriteria seperti demikian. Pelan-pelan seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan tahu bagian mana di dalam bisnis yang perlu diinovasi secepatnya. Entah itu di bagian produk, proses, manajemen, atau bahkan finansial. Seluruh aktivitas di dalam bisnis berpotensi untuk dilakukan inovasi.

Butuh ide untuk inovasi bisnis online Anda? Hubungi kami untuk mendapatkan insight yang valuable.

Source: 1234

Featured image: Pexels.com

In this article

Join the Conversation