Sudah Sukses di Bisnis Offline, tapi Ragu Migrasi ke Prinsip Bisnis Online?

Kesuksesan di bisnis offline bukan berarti memudahkan Anda beralih ke bisnis online. Ekosistem di dalam bisnis online (daring) sangat berbeda dibanding dengan bisnis luring (offline). Salah satunya soal...

263 0
263 0

Kesuksesan di bisnis offline bukan berarti memudahkan Anda beralih ke bisnis online. Ekosistem di dalam bisnis online (daring) sangat berbeda dibanding dengan bisnis luring (offline). Salah satunya soal analisis bisnis.

Bisnis daring mengedepankan proses analisis proses (di segala aspek) secara cermat dan teliti. Selain itu, alat untuk melakukan hal tersebut pun sudah banyak di pasaran. Namun, kondisi ini dirasa menyulitkan” bagi pebisnis luring. Kenapa? Karena mereka tidak terbiasa melakukan segala hal secara terstruktur, rapi, dan detail. 

(BACA JUGA: Panduan Analisis Pertumbuhan Bisnis Online dari A-Z)

Namun, keuntungan beralih ke ekosistem online sangat potensial. Dan, hal ini sudah dibuktikan di market US.

Keuntungan ecommerce dari tahun ke tahun (linkedin.com/pulse/20140916161816-1767830-total-offline-retail-sales-vs-internet-sales)

Supaya Anda semakin yakin dan memiliki insight lebih banyak soal bisnis daring, bergabunglah ke komunitas pebisnis online atau startup. Alasannya?

Bertemu pasangan bisnis” yang klop

Aktivitas berbisnis daring membutuhkan satu syarat, cari mereka yang paham dan mendalami bisnis online. Entah itu internet marketer atau bahkan developer. Anda memang bisa membayar orang-orang itu di awal masa transisi, tetapi hal tersebut akan jadi tak nyaman di kemudian hari. 

Cara paling singkat untuk menyukseskan bisnis online (baru) yaitu berpartner dengan pelau bisnis daring. Tidak perlu yang ahli, cukup mereka dengan antusiasme tinggi di lingkungan ini.  

Kenapa memerlukan partner di bisnis daring?

(BACA JUGA: Kapferer’s Brand Identity Prism: Shortcut untuk Menemukan Merek Bisnis)

Karena, Anda akan berhadapan dengan ketidakpastiaan dan tuntutan untuk tumbuh cepat. Bisnis daring (meski cukup menjanjikan di saat ini) masih belum meyakinkan bagi beberapa orang. Sehingga, kondisi market belum terlalu stabil.

Sedangkan prinsip pertumbuhan cepat” dikarenakan adanya fenomena imitasi di bisnis online. Siapa pun berkesempatan untuk meng-copy-paste ide bisnis yang ada saat ini. Apabila Anda hanya berjalan lamban dan tidak aware terhadap persaingan, maka Anda pasti tergilas oleh para kompetitor baru.


Berkesempatan memperoleh informasi paling baru soal bisnis online

Ya, dunia digital memberi opsi informasi yang tidak ada batasnya. Anda bisa belajar mengenai:

  • Cara membuat situs,
  • Mengelola karyawan,
  • Mendapatkan investor, dll. 

Namun, hal tersebut masih terlalu general. Anda butuh suatu informasi yang diinginkan” dan relevan” dengan bisnis online baru Anda. Bergabung dengan komunitas bisnis online akan membantu Anda untuk lebih aware terhadap kebutuhan bisnis online. Salah satunya soal modal usaha. Di bisnis luring, modal usaha adalah senjata utama untuk merintis bisnis. Bagaimana dengan bisnis daring?

Alur Membangun Bisnis Digital Startup
Alur membangun bisnis startup (http://applicationuniversity.com/blog/wh6dgpf4yrj674wsnbcrpet4nry8eh)

Di bisnis daring, modal bukan segalanya. Yang pasti, kemampuan dan pertumbuhan cepat akan membawa kesuksesan di bisnis ini. 


Mempertajam insting berbisnis online di lingkungan dengan persaingan ketat

Selain dua hal sebelumnya, Anda pun harus belajar beradaptasi. Caranya? Bergabung dengan komunitas pegiat bisnis online. Dengan bergabung di komunitas seperti demikian, Anda berkesempatan mengakses:

  • Facebook Group
  • Telegram atau Whatsapp Group
  • Berlangganan e-mail

Selain itu, Anda pun bisa berkomunikasi dengan mereka secara lebih intens melalui beragam channel komunikasi. Keuntungannya? Ketika masalah menerpa bisnis Anda, maka ada beberapa pihak yang siap memberi insight. Berbisnis tidak hanya memberi kesenangan dan rasa bangga. Terkadang, masalah dan dinamika yang tidak sesuai ekspektasi bisa dengan mudah meruntuhkan mental bahkan wawasan Anda selama ini. 

So, siapkah Anda berbagi ide dan pengalaman kepada mereka yang antusias dengan bisnis daring? Kemukakan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini atau kontak kami.



Source:

https://www.pexels.com/

https://id.techinasia.com/alasan-bergabung-komunitas-startup

In this article

Join the Conversation