Vanity Metric Itu Sudah Usang! Beralih ke Metric Amazon dan Netflix Ini

Pernah mendengar istilah vanity atau clarity metric? Keduanya bukan untuk dipilih, melainkan dioptimalkan sesuai konteks. Sayangnya, perusahaan seringkali terfokus pada vanity. Angka-angka di dalam vanity seringkali “membahagiakan”, tetapi...

173 0
173 0
Apa Itu Manity Metric

Pernah mendengar istilah vanity atau clarity metric? Keduanya bukan untuk dipilih, melainkan dioptimalkan sesuai konteks. Sayangnya, perusahaan seringkali terfokus pada vanity. Angka-angka di dalam vanity seringkali membahagiakan”, tetapi itu bersifat fana”. Alasannya, vanity metric sekedar memberi result kondisi permukaan bisnis. Namun, tidak demikian dengan clarity metric.

Istilah clarity metric sendiri masih tergolong asing di telinga pelaku bisnis digital Indonesia. Padahal, kegunaannya sangat diperlukan bagi perusahaan rintisan. Sifatnya sangat fleksibel dan berbeda-beda di masing-masing perusahaan, tergantung jenis bisnis yang digeluti. 

Perbedaan vanity dan clarity dari situs techinasia.com (id.techinasia.com)

(BACA JUGA: Perhatikan Metrik Ini Saat Mengukur Performa Digital Advertising Campaign Anda)

Supaya lebih clear, berikut ini dinamikan vanity dan clarity metric di 2 jenis bisnis digital Indonesia:

 

Perdebatan vanity metric dan clarity metric bagi kelangsungan bisnis digital

Salah satu alasan kenapa bisnis digital gemar memakai vanity metric karena investor. Metrik ini sangat ampuh untuk menarik minat” para bos bermata uang USD. Di sisi lain, metrik ini berimbas negatif terhadap kinerja perusahaan (apabila ruang lingkupnya tidak dibatasi). Contohnya:

Kasus dimana penggunaan vanity metric yang terlalu mendominasi perusahaan (id.techinasia.com)

Sifat vanity metric terlalu dangkal untuk menjadi acuan pengembangan produk atau pelayanan perusahaan. Apabila ingin melihat permukaan” kondisi perusahaan, vanity sangat tepat untuk dipilih. Namun, jangan memakainya untuk menilai kualitas layanan dan/atau produk perusahaan. 

 

Penggunaan clarity metric di perusahaan berbasis layanan atau jasa

Perusahaan di bidang ini seringkali ingin adu balap” dengan kompetitor. Alhasil, mayoritas lebih suka memakai vanity metric. Sayangnya, ini akan berakibat buruk bagi perusahaan di masa mendatang. 

Vanity akan memberi informasi soal jumlah orang yang menggunakan layanan bisnis Anda. Namun, dia tidak menjelaskan apakah pengguna merasa puas dengan layanan Anda?”. Vanity merupakan indikator pertama untuk menilai kinerja perusahaan. Selanjutnya, beri ruang bagi clarity metric, ia akan menilai kualitas bisnis Anda. 

Tugas clarity metric di sebuah perusahaan jasa (id.techinasia.com)

Cara ini akan menohok Anda. Namun, itu lebih baik diketahui saat ini dibanding terlambat. Salah satu cara untuk melihat medium clarity metric melalui aktivitas observasi di bisnis yang tidak terkait dengan perusahaan Anda. Misalnya saja restoran. Amati perilaku pelanggan dan cari perilaku yang menunjukkan bahwa mereka puas” dan tidak puas”.

 

Amazon & Netflix yang menggunakan clarity metric

Ketertarikan dalam berbisnis ecommerce harus membuat Anda lebih cermat. Sebelumnya, saya sudah membahas soal bagaimana membangun bisnis ecommerce. Bicara mengenai bisnis ecommerce, maka berbicara soal biaya kesempatan. 

Supaya bisnis bertumbuh, perlu medium yang jelas supaya perilaku pengguna saat membeli produk Anda terukur dengan baik. Tidak peduli seberapa banyak yang dibeli dan berapa harga produk Anda. Contohnya ini:

Medium milik Amazon untuk mengetahui clarity metric buyer (id.techinasia.com)

Sebelumnya, mayoritas pebisnis ecommerce menggunakan jumlah barang di shopping cart atau jumlah pendapatan sebagai medium pengukuran. Sayangnya, itu hanya vanity yang memberi senyum sementara. 

Oleh sebab itu, Amazon lebih tertarik memakai jumlah pengiriman barang sebagai medium pengukuran untuk menganalisis kualitas kinerja perusahaan. Medium ini dapat mengindikasikan perilaku pembeli dari waktu ke waktu.

Apa yang dilakukan oleh Amazon pun ditiru oleh NetFlix. Semula, mereka mengirim survei yang berisi pertanyaan Kapan pengguna menerima kiriman DVD?”. Jelas, cara ini dipergunakan untuk mengukur waktu pengiriman. Selain itu, NetFlix pun menjadi lebih tahu apakah sistem service center terdistribusi dengan baik dan apakah diperlukan untuk mengurangi waktu pengiriman.

Sampai di sini, apakah ada informasi yang kurang jelas? Hubungi kami di sini.

 

Source:

http://firstround.com/review/im-sorry-but-those-are-vanity-metrics/

https://id.techinasia.com/vanity-metric-vs-clarity-metric

In this article

Join the Conversation