Kumpulan Tools untuk Produksi Content Marketing Text

Penggunaan teknologi akan mempersingkat dan meningkatkan efektivitas kinerja sebuah perusahaan. Kondisi ini sudah dijelaskan secara gamblang oleh Nicholas Negroponte. Menurutnya, Fenomena being technology di Forbes.com (forbes.com/sites/gartnergroup/2012/11/28/digital-business-how-technology-will-support-growth/#2a63265850ac) Sebuah perusahaan...

39 0
39 0
Tools Produksi Content Marketing

Penggunaan teknologi akan mempersingkat dan meningkatkan efektivitas kinerja sebuah perusahaan. Kondisi ini sudah dijelaskan secara gamblang oleh Nicholas Negroponte. Menurutnya,

Fenomena being technology di Forbes.com (forbes.com/sites/gartnergroup/2012/11/28/digital-business-how-technology-will-support-growth/#2a63265850ac)

Sebuah perusahaan butuh pengoptimalan teknologi. Entah itu di bagian produksi, manajemen pemasaran, hingga distribusi. Kebutuhan akan teknologi bukan sekedar mengikuti tren semata, melainkan salah satu upaya untuk meningkatkan revenue perusahaan. Salah satunya untuk urusan digital advertising. Diketahui, beberapa perusahaan tengah fokus menggarap digital campaign

(BACA JUGA: Perhatikan Metrik Ini Saat Mengukur Performa Digital Advertising Campaign Anda)

Persentase campaign focus di beberapa perusahaan digital dunia (cmocouncil.org/resources/facts)

Di sisi lain, digital campaign sangat tergantung dengan content marketing. Tanpanya, sebuah campaign tidak akan berjalan sedemikian rupa sesuai ekspektasi. Secara umum, proses produksi content marketing akan membutuhkan beberapa tools ini:

Skema pengguna tools untuk meningkatkan kinerja perusahaan (snapapp.com/blog/marketing-technology-stack)

Ilustrasi tersebut berlaku bila semua hal di dalam sebuah perusahaan dipercayakan kepada tools atau teknologi. Kali ini, saya akan membagikan beberapa alat untuk memudahkan proses research dan proses produksi content marketing, di antaranya:

(BACA JUGA: Tools Pengolah Ide Menulis Blog Post untuk Para Kreator Content Marketing)

 

Google Docs Voice Typing

Alat ini dipergunakan untuk menulis tanpa perlu menggerakkan jari. Cukup berbicara, maka tools ini akan mengetik setiap kata dari ucapan Anda. Proses pembuatan konten teks pun akan berjalan dengan lebih cepat. 

Anda bisa memanfaatkan tools ini dengan membuka halaman baru Google Doc, lalu klik menu tools”, lanjutkan dengan memilih Voice Typing. Berikut ilustrasinya:

Ilustrasi penulisan konten teks dengan memakai fitur Voice Typing (socialmediaexaminer.com)

Saran: untuk ganti garis silakan ucapkan new line“. Apabila ingin mengakhiri rangkaian kalimat, ucapkan period“. Penggunaan fitur Google ini untuk sementara hanya bisa menulis” kosakata berbahasa Inggris.

 

Weava: Menandai Beberapa Bagian Teks atau Image

Stabilo online. Istilah ini cocok sekali ditujukan pada alat ini. Saat Anda melakukan riset referensi secara daring, Weava akan jadi stabilonya. Unduh tool ini di browser Chrome, lalu Anda bisa melakukan ini.

Ilustrasi penggunaan Weava (socialmediaexaminer.com)

Tertarik memakainya? Silakan kunjungi weavatools.com. Cara penggunaan alat satu ini cukup sederhana, block kalimat lalu warnai sesuai selera. Pastikan antara satu bagian dengan bagian lain dibedakan dengan warna berbeda. Perhatikan ini:

Ilustrasi Weava untuk menandai teks atau image di dalam sebuah halaman situs (socialmediaexaminer.com)

 

ProWritingAid: Meningkatkan Skill Menulis Berbahasa Inggris

Masih newbie dalam berbahasa Inggris? ProWritingAid adalah mentor terbaik Anda. Alat ini tak berbayar alias gratis. Penggunaannya sangat sederhana. Kunjungi alamat prowritingaid.com, maka Anda bisa menikmati seluruh layanannya. 

Selain itu, ProWritingAid pun tersedia dalam rupa Desktop App. Namun, hanya bisa diakses oleh pengguna Mac. Tentu, ada kelebihan tersendiri bagi mereka yang menggunakan versi dekstop. Sesuai deskripsi di halaman homepage-nya, para pengguna desktop apps akan bisa menikmati layanan:

  • Scrivener projects, 
  • Rich Text, 
  • Microsoft Word, 
  • Open Office, 
  • dan Markdown documents. 

Bila fitur tersebut belum Anda butuhkan, pakai versi web saja. Sebelum memakai, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri terlebih dulu. Masukkan alamat email, password, lalu pilih Status Pekerjaan”, selanjutnya klik Daftar”.

Apabila seluruh proses pendaftaran sudah terselesaikan, klik menu Click Editing Tool”. Tekan Menu dan pilih New.

Panduan menggunakan ProWritingAid 1 (socialmediaexaminer.com)

Tahap berikutnya yaitu mengisi judul dokumen. Paste teks ke dalam dokumen lalu sorot kursor ke menu More”, lalu pilih Combo”.

Panduan menggunakan ProWritingAid 2 (socialmediaexaminer.com)

Selanjutnya, ProWritingAid akan menampilkan letak kesalahan tata tulis Anda. Benahi, lalu siap untuk di-publish di situs.

Panduan menggunakan ProWritingAid 3 (socialmediaexaminer.com)

(BACA JUGA: Expert Talk: Kebiasaan Para Content Marketing Berpengalaman Saat Creative Block Datang)

So, mana tools yang menarik untuk dicoba?

 

 

Source:

Featured image: Pexels.com

https://www.socialmediaexaminer.com/10-tools-creating-content-writing-researching/

In this article

Join the Conversation