Optimasi Halaman 404 untuk Meningkatkan Revenue Bisnis

Apakah situs Anda sudah memiliki halaman 404? Desain seperti apa yang Anda sematkan di halaman tersebut? Situs serupa dengan kantor. Anda perlu mengoptimalkan setiap jengkal bagian di dalamnya...

175 0
175 0
Optimasi Halaman 404 Revenue Bisnis

Apakah situs Anda sudah memiliki halaman 404? Desain seperti apa yang Anda sematkan di halaman tersebut?

Situs serupa dengan kantor. Anda perlu mengoptimalkan setiap jengkal bagian di dalamnya untuk mem-boost revenue bisnis atau sedikit” mengurangi biaya sewa hosting (minimal). Semakin cermat Anda melihat peluang, maka semakin besar potensi keuntungan dalam bisnis Anda. 

Pada bisnis daring, setidaknya bisnis Anda memiliki kriteria seperti demikian:

Konsep bisnis daring untuk mendulang kesempatan di dalam market (shoemoney.com/2015/09/03/how-to-train-yourself-to-identify-business-opportunities)

Salah satu upaya nyata yang bisa Anda praktikkan saat ini yaitu optimasi halaman 404. Bagaimana caranya?

 

Kenali apa itu halaman 404

Bagi yang masih awam di dunia daring, halaman 404 seringkali dibuat seadanya. Sayangnya, hal tersebut sama halnya dengan membuang peluang di kala keberuntungan datang. Definisi dari halaman 404:

Definisi halaman 404 di Wikipedia (Wikipedia)

Bila diterjemahkan secara singkat, halaman 404 merupakan pertanda bahwa halaman yang coba diakses oleh audience tidak ditemukan (sudah dihapus atau bermasalaherror). Umumnya, tampilan halaman 404 (secara default) akan seperti demikian:

Halaman default 404 yang sering ditemukan di situs baru (neilpatel.com/blog)

Intinya, halaman tersebut berusaha mengirim pesan kepada pengunjung bahwa halaman yang sedang ia tuju sedang bermasalah (entah itu tidak ditemukan atau mengalami error server). Supaya si customer tidak kecewa setelah berkunjung situs Anda, maka lakukan beberapa hal ini:

 

Masukkan elemen search box 

Tidak ada salahnya untuk memasukkan elemen search box ke dalam halaman 404. Salah satunya yang dilakukan oleh github.com.

Halaman error 404 yang diterapkan oleh Github (Github.com)

Elemen search box merupakan salah satu fungsi di dalam situs yang sering dipakai oleh customer. Elemen ini akan memudahkan para customer untuk menemukan informasi sesuai kebutuhan. Misalnya saja, blog. Adanya elemen search box akan memudahkan proses pencarian topik artikel yang diinginkan. 

Apabila diterapkan ke dalam halaman 404, maka halaman 404 tidak lagi mengecewakan customer. Mereka diperkenankan untuk mencari informasi yang dibutuhkan menggunakan fitur ini. Selain Github, mailchimp.com pun memiliki ide yang sama.

Halaman 404 MailChimp (mailchimp.com)

 

Cobalah untuk mengkonversi pengunjung ke dalam Lead Magnet

Definisi lead magnet menurut situs digitalmarketer.com (Google.com)

Apa itu lead magnet

Lead magnet biasa difungsikan untuk memberi value tambahan atas apa yang dilakukan customer di situs Anda. Analoginya:

Meski customer sangat butuh produk atau service Anda, belum tentu ia mau membagi informasi mengenai dirinya kepada Anda. Dan, lead magnet berperan supaya gajah tetap meninggalkan gading”. 

(BACA JUGA: Lawan Kompetitor Bisnis dengan Value Proposition)

Perhatikan situs jumpingjackrabbit.com ini:

Halaman 404 dengan konsep lead magnet dari jumpingjackrabbit.com (jumpingjackrabbit.com)

Halaman 404 tersebut sangat informatif sekaligus menghibur bagi customer. Saat ia tidak mendapatkan apa yang diinginkan, cara ini terbilang mampu membasuh” rasa kecewa mereka terhadap kenyataan”.

Selain itu, halaman tersebut pun memberi opsi bagi customer untuk:

  • Kembali ke halaman beranda situs atau
  • Mengunduh background image dari halaman error tersebut

Apabila ingin memperoleh informasi lebih banyak dari customer, Anda bisa memakai teknik dari hubspot.com. Dimana pengunjung dianjurkan untuk memasukkan alamat email melalui halaman signup situs. 

Halaman 404 dari situs hubspot.com (hubspot.com)

Supaya customer mau melakukan pendaftaran di halaman signup, Anda perlu mendeskripsikan value atau benefit bisnis Anda kepada customer. Cara ini sangat ampuh, tetapi memiliki challenge yang cukup besar. 

(BACA JUGA: Cara Meningkatkan Visitor dan Lead di Blog)

Selain dua hal tadi, sebenarnya masih banyak yang ingin saya utarakan. Masih bingung soal bisnis online tetapi ingin mendapat lead secara instan dan cepat? Hubungi kami melalui halaman ini.

 

 

 

Source:

https://www.pexels.com/

https://neilpatel.com/blog/404-error-page-sales/

In this article

Join the Conversation