Instagram Ads: Cara Mengoptimalkan Iklan Premium untuk Peningkatan Revenue Bisnis

Segmen Anda dewasa yang berusia 25-35 tahun? Instagram adalah pilihan tepat. Pertumbuhan pengguna yang mencapai angka 700 juta visitor per bulan (data per April 2017) menjadikannya “wahana” digital...

31 0
31 0
Instagram Ads

Segmen Anda dewasa yang berusia 25-35 tahun? Instagram adalah pilihan tepat. Pertumbuhan pengguna yang mencapai angka 700 juta visitor per bulan (data per April 2017) menjadikannya wahana” digital marketing paling potensial. 

Jumlah pelaku bisnis yang membuat akun di Instagram (neilpatel.com/blog)

Angka persentase ini terus saja menanjak hingga akhir tahun 2017 ini. Per Maret 2017, ada 1 juta akun bisnis terdeteksi di Instagram. Jumlah meningkat 5x lipat dibanding tahun 2016 (yang hanya ada 200 akun bisnis). 

Seiring popularitas, lingkungan di Instagram pun sangat ketat. Persaingan antar akun bisnis (untuk menarik perhatian audience) silih berganti dilakukan. Mereka memanfaatkan seluruh konten yang bisa diunggah di platform ini. Mulai dari…

  • Photo
  • Video
  • Slideshow

(BACA JUGA: Content Type & Channel: Pengetahuan Membuat Content Marketing yang Diabaikan)

Dibanding setiap hari meng-update konten, kenapa tidak memilih Instagram Ads Premium? Digital advertising premium ini memungkinkan Anda untuk:

  • Beriklan tanpa takut ditolak oleh platform (selama sesuai ketentuan yang berlaku).
  • Menargetkan audience berdasarkan Facebook data.
  • Akses terhadap audience engagement yang bersifat tanpa batas (melalui kolom komentar di setiap iklan).
  • Beriklan tanpa terasa seperti iklan. Maksudnya? Tampilan iklan di layanan Instagram sangat serupa dengan post atau unggahan user lainnya. Sehingga, iklan tidak mencolok dan mengganggu aktivitas berselancar audience

Supaya seluruh keuntungan tersebut bisa mengubah audience menjadi customer, cobalah untuk menerapkan beberapa taktik ini:

 

Tentukan jenis iklan sesuai konten dan bisnis

Instagram Ads menyediakan empat jenis konten yaitu:

  • Photo Ads
  • Video Ads
  • Slideshow Ads
  • Carousel Ads
Beragam jenis konten Instagram Ads (neilpatel.com/blog)

Penentuan jenis ads menyesuaikan jenis konten dan segmentasi (akan dibahas di bab selanjutnya). Cobalah untuk meriset konten seperti apa yang disukai oleh audience Anda. Anda bisa mengulik informasi tersebut melalui tips dari jennstrends.com, yaitu:

  • Temukan berdasarkan hashtags interest atau hobi.
  • Lihat siapa saja yang di-follow oleh kompetitor. 

Dua cara tersebut sangat efektif dijadikan pedoman mengenai jenis konten yang pas untuk Instagram Ads.

 

Deskripsikan segmentasi bisnis

Segmentasi menjadi aspek paling vital di hari ini. Salah memberi” konten akan berbuah kegagalan. Selain itu, relevansi antara konten dan audience pun harus klop”. Jangan sampai konten yang menarik salah distribusi. Sama seperti sebelumnya, iklan pun akan jadi percuma. 

Segmentasi market yang perlu Anda perhatikan sesaat sebelum menggunakan Instagram ads (slideshare.net/bravoram)

Guna mengoleksi informasi seperti demikian, Anda bisa menggunakan fitur bawaan dari Instagram Ads yaitu Lookalike Audience. Perhatikan ini:

Fitur Lookalike Audience di Instagram ads (neilpatel.com/blog)

Melalui fitur ini, Anda bisa mengakses informasi perihal:

  • Potential reach
  • Estimated daily reach
  • How broad or specific the audience is
  • The criteria of your targeting selections

Apabila sudah lengkap dan siap, jangan terburu-buru! Lanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Jangan pernah lupa soal budget 

Soal bujet atau alokasi dana, kebanyakan pengiklan sangat rela dan ikhlas”. Bahkan, anggaran untuk digital advertising bersifat limitless. Di tahun 2014 saja, jumlah pengeluaran digital advertising mencapai angka $146B (miliar).

Total pengeluaran pemasaran dari berbabagai media di lima negara di dunia (webtrainings.in)

Dibanding mengikhlaskan” sejumlah dana tersebut, lebih baik Anda rencanakan berapa alokasi dana dalam sebulan untuk Instagram Ads. Cobalah untuk memakai fitur Budget and Schedule dari Instagram Ads. 

Pengaturan dana berdasarkan waktu tayang iklan (neilpatel.com/blog)

Bagi Anda yang baru mengenal Instagram Ads, ada baiknya mengikuti saran dari Facebook (Instagram). Bila sudah beberapa kali memakainya, jangan sungkan untuk mencoba advanced options. Cara ini akan membuat pengeluaran pemasaran digital (khusus di Instagram) akan lebih hemat. 

 

 

Source: 1234

Featured image: Pexels.

In this article

Join the Conversation