Conversion Situs Naik 113% Berkat Custom Set Landing Page. Apa itu?

Di kesempatan ini, saya akan bagikan bagaimana membuat custom set landing page berdasarkan relevansinya dengan karakter si customer. Caranya? Bagaimanapun juga, email marketing tidak bisa berdiri sendiri. Anda...

25 0
25 0
Cara Membuat Custom Landing Page

Di kesempatan ini, saya akan bagikan bagaimana membuat custom set landing page berdasarkan relevansinya dengan karakter si customer. Caranya?

Bagaimanapun juga, email marketing tidak bisa berdiri sendiri. Anda butuh tambahan amunisi supaya taktik email marketing bisa lebih mengena bagi customer

Apabila dilihat berdasarkan flow atau alurnya, maka alur email marketing akan seperti ini:

Flow email marketing (blog.storeya.com/2014/10/how-to-make-automated-email-marketing-workflows-ecommerce)

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan tentang email marketing, yaitu landing page. Ketika email diterima oleh customer, dibuka olehnya, maka call to action di dalam email akan mengarahkan customer ke sebuah halaman. 

 

Apa keuntungan custom set landing page?

Sebelumnya, kenali terlebih dulu apa keuntungan memakai taktik ini. Custom set landing page merupakan upaya mempersonalisasikan setiap konten sesuai karakter si customer. Entah itu berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, dan lain hal. 

Misalnya, antara customer perempuan dan laki-laki. Meski produk yang Anda jual sama (yaitu fesyen), tetapi karakter produknya pasti berbeda. Ambil contoh baju. Antara pria dan perempuan jelas memiliki perbedaan karakter baju. Perempuan akan disajikan pakaian berupa blus, jumpsuit, kemeja, rok, dan sebagainya. Sedangkan pria disediakan kemeja, kaos, celana slimfit, dan sebagainya. 

Dari situ sudah bisa terlihat bahwa kebutuhan akan custom set landing page ini didasarkan atas kebutuhan dari si customer. Apabila strategi ini diterapkan dalam sebuah bisnis, maka potensi jumlah customer yang closing atau melakukan action to action di halaman landing page akan tinggi.

Persentase efektivitas konten personalisasi dari customer (neilpatel.com/blog/personalize-website-pages)

(BACA JUGA: Strategi Marketing Visual: Panduan Memvisualisasi Produk di Era Digital)

 

Penerapan taktik custom set landing di berbagai bisnis daring

Apabila Anda ingin melihat aksi nyata soal ini”, coba baca artikel moz.com/blog/homepage-personalization. Di dalam artikel tersebut, Cara Harshman menulis tentang perjalanannya mempersonalisasikan konten situs Optimizely (https://www.optimizely.com/).

Pada proyek tersebut, dilakukan taktik A/B testing. A berisi halaman situs orisinil. Sedangkan, B terdapat personalisasi konten. Visualisasinya seperti demikian:

Dua halaman Optimizely (neilpatel.com)

 

Dari strategi yang sudah dipergunakan tadi, terjadi peningkatan sebesar:

  • 1.5% dari sisi engagement
  • 113% conversions di halaman Solutions”
  • 117% conversions pada CTA Test it Out”. CTA ini merupakan pintu masuk bagi customer untuk membuat account baru di situs Optimizely.

Perubahan yang dilakukan pada Optimizely ini bisa diatur sedemikian rupa dengan menggunakan IP atau location country customer. Tentunya, hal tersebut sudah mulai diimplementasikan berdasarkan email campaign yang dibuat sebelumnya.

 

Diferensiasi informasi untuk segmen yang berbeda 

Berbeda segmentasi customer, maka berbeda pula informasi yang ditampilkan. Hal ini dipraktikkan dengan baik oleh Adobe.com:

Halaman landing page situs Adobe.com (adobe.com)

Kebutuhan antara segmen individu dengan segmen bisnis jelas berbeda. Oleh sebab itu, bagi segmen skala bisnis akan memperoleh halaman landing page seperti ini:

Landing page for business di Adobe.com (adobe.com)

Apabila diamati secara lebih seksama lagi, perbedaan terletak pada deskripsi dan CTA. Bagi bisnis, deskripsi lebih fokus bagaimana mengupayakan fitur Adobe sesuai kebutuhan bisnis. Dan, CTA pun bersifat menambah informasi lebih detail lagi. 

Selain berdasarkan segmen, perubahan halaman landing page pun bisa didasarkan oleh lokasi pengunjung. Dimana pengaturan ini didasarkan dari IP Address masing-masing pengunjung. Misalnya saja situs Amazon.com:

Halaman landing page yang berbeda-beda menyesuaikan lokasi customer (geopeeker.com/fetch/?url=amazon.com)

Perbedaan ini dilakukan supaya produk Amazon sesuai dengan tren yang sedang berlaku di negara bersangkutan. Tidak hanya tiga negara itu, Amazon pun merombak tampilan situs di enam lokasi berbeda lainnya. Lihat ini:

Halaman landing page Amazon yang dibuat berbeda berdasarkan lokasi pengunjung (geopeeker.com/fetch/?url=amazon.com)

 

 

Source:

https://neilpatel.com/blog/personalize-website-pages/

Featured image: Pexels.

In this article

Join the Conversation