Cara Menjadikan Social Media sebagai Sumber Trafik Situs Bisnis

Situs bisnis akan lama bertumbuh bila hanya mengandalkan konten mesin pencari. Setidaknya, harus ada kombinasi antara konten mesin pencari, email, dan media sosial. Pertumbuhan yang cepat serta efektif...

27 0
27 0
Cara Menjadikan Social Media sebagai Sumber Trafik

Situs bisnis akan lama bertumbuh bila hanya mengandalkan konten mesin pencari. Setidaknya, harus ada kombinasi antara konten mesin pencari, email, dan media sosial. Pertumbuhan yang cepat serta efektif akan datang seiring dengan perkawinan” antar taktik tersebut. Dikutip dari situs marketingthink.com, media sosial marketing sangat mumpuni untuk mendorong seseorang untuk membeli produk atau service:

Social selling melalui media sosial (marketingthink.com)

Supaya hal tersebut menjadi kenyataan, Anda perlu memoles media sosial Anda supaya berpeluang menjadi seperti demikian, caranya:

 

Meniru 9Gag dalam hal kualitas kurasi konten

Anda tidak harus menghasilkan konten orisinal setiap hari. Kurasi saja dari beragam sumber dan mengubahnya supaya sesuai dengan bisnis Anda”. Coba tiru 9Gag. Situsnya sendiri memiliki visitor mencapai jutaan dalam sehari. Di sisi lain, ada ratusan ribu konten baru tersebut. Alhasil, mereka bisa memposting konten untuk semua orang. 

Fakta akun Instagram 9Gag (bloggingwizard.com/traffic-generation-secrets)

Supaya bisa menjadi seperti akun Instagram 9Gag tadi, maka perhatikan ini:

  • Manfaatkan waktu yang ada untuk memahami siapa target market bisnis
  • Temukan dan beri audience konten yang sesuai dengan dirinya (harapan, ekspketasi, keseharian, bahkan segala hal terkait dirinya)

 

Visualisasi yang bagus ditambah dengan long caption menghasilkan 20.000 followers per hari

Kombinasi antara konten visual dan teks akan sangat powerful. NatGeo memperoleh pengikut 20.000 dalam sehari (rata-rata). Supaya seperti demikian, ia secara konsisten mengunggah konten ini:

Salah satu unggahan NatGeo di mesia sosial (instagram.com/p/BcRo7JMjYqS/?taken-by=natgeo)

Ia memberi sentuhan fotografi yang apik ditambah dengan penulisan storytelling. Konten visual saja, sebenarnya, sudah sangat cukup untuk memuaskan audience. Apalagi ditambah dengan teknik penulisan storytelling. Atensi dari setiap audience pun akan semakin meninggi.

Manfaat storytelling bagi audience (linkedin.com/pulse/gift-storytelling-thomas-jackson)

 

Frekuensi yang konsisten menimbulkan kesan positif bagi audience

Konsistensi frekuensi update itu sangat perlu. Bahkan, harus dicermati secara seksama. Coba sesekali mengamati https://twitter.com/uberfacts. Tidak usah fokus pada konten, melainkan pada seberapa sering si admin meng-update tweet

Tidak semua konten UberFact selalu sama. Namun, secara konsisten ia mengajak audience untuk bercerita. Hal ini yang sangat perlu diperhatikan. Semua konten media sosial harus bersifat dialog dua arah”. Layaknya lingkungan sosial luring, media sosial akan semakin semarak dan akrab bila terjadi dialog seperti demikian. Secara tidak langsung, ini membangun loyalitas antara follower dan following

Apabila Anda ingin menciptakan akun yang berasa manusia”, coba lakukan hal ini:

Tahap demi tahap komunikasi melalui media sosial (blog.bufferapp.com)

 

Teknik branding dan user engagement Coca-cola patut dicermati

Segala tindakan di akun media sosial akan direkam oleh audience. Selanjutnya, mereka pun akan menganggap itu adalah bisnis Anda”. Oleh sebab itu, upayakan untuk tidak memposting hal kontradiktif” di akun media sosial bisnis.

Prinsip membangun branding (neilpatel.com)

Mudahnya, Anda bisa meniru apa yang dipraktikkan oleh Coca-Cola. Merek satu ini cukup pandai dalam berinteraksi dengan customer. Selain itu, seluruh unggahannya pun cenderung menarik minat customer. Salah satunya ini:

Unggahan Cocal cola (bloggingwizard.com/traffic-generation-secrets)

Seluruh aktivitas Coca-Cola berdasarkan framework tertentu. Anda pun bisa menggunakan framework tersebut untuk membangun basis audience yang ter-engagement yang positif. Perhatikan ini:

Social media engagement framework (blog.bufferapp.com/social-media-teams)

Proses membangun basis audience perlu kecermatan dan ketelatenan. Apabila buntu, Anda bisa meniru teknik dari kompetitor atau bisnis lain yang relevan.

 

 

Source:

https://bloggingwizard.com/traffic-generation-secrets/

In this article

Join the Conversation