Membandingkan Tools Keyword Ranking Terbaik Tahun 2017

Online presence, mesin pencari, SEO, SEM, atau istilah sejenisnya selalu berhubungan dengan keyword atau kata kunci. Sebagai kreator konten, saya dan tim seringkali memperoleh beragam keyword. Apabila dikumpulkan,...

23 0
23 0
Best Keyword Tools 2017

Online presence, mesin pencari, SEO, SEM, atau istilah sejenisnya selalu berhubungan dengan keyword atau kata kunci. Sebagai kreator konten, saya dan tim seringkali memperoleh beragam keyword. Apabila dikumpulkan, ada sekitar 1000-an kata kunci yang perlu kamu konversi menjadi konten yang SEO-friendly atau persuasif.

Sampai hari ini, keyword dibagi ke dalam dua jenis: Short Tail dan Long Tail Keywords. Keduanya sama-sama berpeluang meningkatkan online presence situs bisnis Anda. Namun, hanya salah satu di antara keduanya yang bisa dikatakan most powerful“.

Perbandingan potensi short tail dan long tail keyword (kontentmachinecoupon.com/benefits-long-tail-keywords)

Di kesempatan ini, saya tidak akan membahas mengenai apa dan bagaimana sebuah keyword bisa menyuntik” bisnis supaya cepat tumbuh. Seperti judul di artikel ini, saya akan mengomparasikan beberapa tools keyword ranking terbaik di tahun 2017. Tujuannya? Di awal tahun 2018 nanti, Anda sudah memiliki senjata” untuk optimasi situs.

 

SERPWatcher

Mari dimulai dari SERPWatcher. Anda bisa mengamati tampilan tools ini melalui https://serpwatcher.com

Visualisasi tools SERPWatcher (serpwatcher.com)

Tools satu ini akan memudahkan Anda untuk memonitor peringkat kata kunci di mesin pencari. Namun, Anda harus mendaftar terlebih dulu supaya bisa menikmati seluruh fitur di dalamnya. Sebagai preview, situs ini memungkinkan Anda untuk memonitor keyword dari sebuah alamat situs. Bisa difilter berdasarkan:

  • country
  • state or city level, 
  • differentiate between desktop and mobile platforms. 

Selain itu, Anda pun bisa meng-import kata kunci sebelumnya dari KWFinder. Yang lebih menarik dari tools ini yaitu fitur alert atau notifikasi”. Anda bisa menyetel secara otomatis berdasarkan opsi yang tersedia atau melakukan pengaturan secara manual. Lihat ini:

Pengaturan alert di situs SERPWatcher (bloggingwizard.com/rank-tracking-tools)

 

ProRankTracker 

Serupa dengan keyword tools sebelumnya. ProRankTracker ini menyatakan diri sebagai:

“The most accurate algorithm of any rank tracking tool giving you the most accurate results from the top 100 search positions.”

Agak sedikit sombong”, tapi kenyataannya memang seperti demikian. Tools ini mampu memonitor kata kunci berdasarkan situs regional search engines (187 Google sites, 35 Yahoo sites, and 32 Bing sites). Artinya, cukup masukkan kata kunci, negara, state atau daerah target, maka hasil analisis kata kunci akan ditampilkannya. Supaya lebih jelas, silakan cek halaman https://proranktracker.com/features:

Beragam fitur dari tools proranktracker.com (proranktracker.com/features)

Supaya bisa menikmati beragam fitur tersebut, Anda cukup merogoh dompet sebesar $19 – $899. Apabila merasa keberatan, Anda bisa menikmati layanan tanpa berbayar atau gratis. Namun, ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses dengan paket tersebut”.

Oh iya tambahan. ProRankTracker pun memungkinkan seseorang untuk men-track rankings dari multiple platforms, termasuk dari Desktop, Mobile, Desktop and Mobile, YouTube, Amazon dan Local Finder.

 

AuthorityLabs

Sedang mencari tools berburu kata kunci dari kompetitor? Coba tengok ini:

Fitur utama AuthorityLabs (https://authoritylabs.com)

Sama seperti dua kawan dekatnya tadi, AuthorityLabs merupakan tools untuk memonitor kata kunci yang digunakan oleh sebuah situs (atau sebut saja kompetitor bisnis Anda). Dia akan memberi Anda pertolongan men-tracking seluruh kata dari situs Google, Yahoo, and Bing. Selain itu, ia pun sudah mendukung multiple platform. 

Soal tampilan dashboard, tools ini terbilang sangat lengkap (atau rumit bagi mereka yang baru mengenal tools analisis kata kunci). Apabila Anda mau belajar dan memahami beberapa fungsi di dalamnya, maka seluruh navigasi di halaman dashboard situs pasti akan sangat berguna untuk menumbuhkan bisnis. 

Halaman dashboard AuthorityLabs (https://bloggingwizard.com/rank-tracking-tools)

So, dari ketiga tools tersebut, mana yang menurut Anda menarik untuk dipakai di tahun 2018?

(BACA JUGA: Bagaimana Tren Content Marketing di Tahun 2018?)

 

 

Source:

https://bloggingwizard.com/rank-tracking-tools/

Featured image: Pexels.

In this article

Join the Conversation