Pemilihan Hero Images untuk Meningkatkan Conversion dalam Situs

Hero images? Pernah mendengar? Beberapa hari ini tim dan saya sendiri sedang sibuk menggarap konten visual dari marketplace Indonesia. Secara tidak sengaja, tim menemukan salah satu konsep ini....

34 0
34 0
Hero Images untuk Conversion

Hero images? Pernah mendengar? Beberapa hari ini tim dan saya sendiri sedang sibuk menggarap konten visual dari marketplace Indonesia. Secara tidak sengaja, tim menemukan salah satu konsep ini.

Maknanya seperti demikian:

Pengertian konsep hero image (en.wikipedia.org/wiki/Hero_image)

Yang intinya, hero image merupakan image yang berada di bagian banner situs, berukuran besar, dan mengilustrasikan tujuan dari situs itu sendiri. Ilustrasinya seperti demikian:

Lokasi keberadaan hero image (blog.kissmetrics.com)

Selain itu, ditemukan fakta bahwa elemen (banner pada situs) tersebut memiliki persentase besar untuk disaksikan oleh pengunjung saat mereka pertama kali datang ke situs. Lihat ini:

Persentase banner dilihat oleh pengunjung (blog.kissmetrics.com)

Karena lokasi dan tujuannya sangat vital bagi sebuah situs, maka diperlukan upaya ekstra dan pengondisian sedemikian rupa. Tujuannya, pengunjung bisa ngeh dan semakin tertarik dengan situs tersebut. Adapun caranya:

 

Product Hero Image

Dari namanya pun, Anda pasti sudah tahu. Hero image ini menampilkan foto produk di bagian banner utama. 

Tujuan dari hal ini untuk mempertegas bahwa situs tersebut memiliki produk unggulan”. Salah satu penguna hero image ini yaitu Apple. Lihat ini:

Hero image by produk (apple.com)

Detail produk, warna, fungsi, atau bahkan teknologi di dalamnya diupayakan agar tampil secara maksimal di dalam foto tersebut. 

 

Contextual Hero Image

Prinsip dasar dari hero image ini hampir mirip dengan product hero image. Bedanya, prinsip foto ini lebih mengedepankan konteks atau fungsi dari sebuah produk. Cermati ini:

Contextual hero image (juneoven.com)

Seperti kata pepatah, Perlihatkan jangan cuma engkau ceritakan!”. Seperti itulah ilustrasi dari prinsip hero image satu ini. Harapannya, calon customer tidak lagi bingung untuk apa atau bagaimana menggunakan produk tersebut saat melihat foto banner.

 

Emotion-focused Hero Image

Emotion merupakan aspek penting yang tidak boleh dilupakan. Bahkan, saat Anda sedang mendesain banner situs. 

Bila dua hero image sebelumnya lebih fokus dari sisi logika customer, kali foto menembak” bagian emosi. 

Jenis hero image dari sisi emosi (joinhonor.com)

Kombinasi antara visual dan teks tentu akan menambah tingkat pemahaman” customer terhadap sebuah situs. Dan, Joinhonor.com melakukannya dengan baik. 

 

“Behind the scenes” Hero Image

Beberapa situs ecommerce dan/atau marketplace Indonesia memakai teknik ini. Prinsip hero image ini bertujuan memberi tahu seperti ini loh caranya membuat…”. Oleh sebab itu, tidak heran bila situs Qlapa.com pun memberlakukan teknik ini:

Behind the scenes hero image (Qlapa.com)

Bila ingin menggunakannya, pastikan sudut pandang dan segala aksesoris di dalam frame selaras dengan proses pembuatan atau pengerjaan produk. 

 

Benefits-focused Hero Image

Serupa dengan hero image emotion. Namun, prinsip hero image ini lebih fokus tentang bagaimana hasil yang diperoleh oleh customer (pasca ia menggunakan produk atau layanan Anda). 

Prinsip benefit focused hero dari Lu xyHair (luxyhair.com)

Si customer tidak semua paham dengan manfaat situs Anda. Bisa jadi, ia hanya tersangkut”. Oleh sebab itu, hero image seperti sangat penting untuk menarik” minat customer. Setidaknya, ia jadi paham bahwa situs yang dikunjungi memiliki fungsi tertentu.

Kelima prinsip di atas merupakan cara bagaimana memilih hero image bagi situs. Mana yang cocok, silakan disesuaikan dengan bisnis Anda. Yang perlu Anda ingat, setiap image harus mampu mengilustrasikan bisnis secara langsung dan gamblang.

(BACA JUGA: Tata Cara Mendesain Produk yang Disukai Customer)

 

 

Source: 

https://www.pexels.com/

https://blog.kissmetrics.com/hero-images-that-boost-conversions/

In this article

Join the Conversation