Asyikin Bisnis Minuman Layaknya Yuzu

Masih soal warna kuning, tapi beda “pemiliknya”. Selepas banyak artis berbisnis kue, mereka pun merambah ke bisnis minuman. Nama-nama artis seperti: Raffi Ahmad & Nagita Slavina Jessica Iskandar...

39 0
39 0

Masih soal warna kuning, tapi beda pemiliknya”. Selepas banyak artis berbisnis kue, mereka pun merambah ke bisnis minuman. Nama-nama artis seperti:

  • Raffi Ahmad & Nagita Slavina
  • Jessica Iskandar
  • Shandy Aulia
  • Nafa Urbach
  • Ayu Ting Ting

(BACA JUGA: Kenapa Warna Kuning Potongan Buah pada King Mango Thai Sangat Menggoda?)

Diketahui menjual” minuman atau makanan dengan memanfaatkan popularitas mereka sebagai artis. Fenomena artis berjualan produk sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu. Apalagi dengan munculnya fenomena media sosial, antara follower dan infuencer menjadi tak ada tembok pemisah. Oleh sebab itu, tidak heran bila terdapat prototype seperti ini:

Ilustrasi influencer di berbagai platform (clickz.com)

Kembali soal Yuzu. Apa hubungan Yuzu dengan prinsip influencer di atas?

 

Berhenti menumpang” artis, mereka membangun dirinya sebagai artis media online

Yuzu tidak banyak melakukan endorsement terhadap para artis. Sesekali, mereka melakukannya. Namun, intensitasnya sangat rendah. Yuzu lebih banyak membangun persona produknya dengan cara:

  • Mengunggah konten yang relevan dengan produk (dari sisi substansi konten)
  • Membangun semua channel online sesuai karakter dari produk yang dijual
  • Melakukan pendekatan terhadap konsumen dengan cara yang unik, yaitu mendorong para customer menjadi artist

Supaya hasilnya terlihat, yang dilakukan Yuzu butuh waktu. Tidak bisa instan terlihat hasilnya. Namun berdasarkan result hari ini (November 2017), setidaknya mereka berada pada jalur yang sudah tepat. 

Jumlah follower Yuzu di Instagram (instagram.com/yuzuindonesia)

 

Hasil ini belum ditambah dengan jumlah interaksi dan respons para calon customer di akun media online lainnya. Apabila Anda ingin meniru strategi dari Yuzu ini, ada baiknya simak ini:

Langkah-langkah membangun brand bisnis (walkersands.com/How-To-Build-A-Strong-Brand-Image)

Langkah-langkah tersebut dipakai demi menghasilkan brand produk” yang memorable di kalangan customer.

 

Taktik branding bisnis dilaksanakan secara cermat dan optimal

Selanjutnya, belajarlah soal konsistensi. Yuzu sangat konsisten terkait dengan bisnisnya. Mereka menggunakan warna kuning sebagai perwakilan” dari produk miliknya. 

Opsi warna kuning yang saat ini tersedia (color-hex.com/color/ffff00)

Pemilihan warna tak bisa hanya sekedar suka”. Namun, menyesuaikan dengan produk atau value perusahaan. Yuzu memiliki warna kuning yang identik dengan bahan dasar minuman instan ini.

Warna kuning khas buah Yuzu (yuzu.co.id/about)

Selanjutnya, warna kuning ini diimitasi ke berbagai channel online marketing mereka. Seperti:

  • Website: yuzu.co.id
  • Instagram: instagram.com/yuzuindonesia
  • Facebook: facebook.com/yuzuindonesia
  • Youtube: youtube.com/channel/UCqXwsAkmMDt2Tm9_HL-ryCQ

Nah, tahap ini harus Anda berlakukan semasif mungkin ke berbagai media online. Seluruh konten disebarluaskan ke beragam channel. Mulai dari media sosial, mesin pencari, hingga offline society. Seluruh calon customer harus sadar” bahwa warna atau karakter tersebut merupakan milik bisnis Anda. 

(BACA JUGA: Digital Marketing Channels Mana yang Cocok Dipakai Tahun 2017?)

Secara teori, seperti ini penjelasannya:

Langkah selanjutnya untuk membangun brand bisnis yang berkesan (walkersands.com/How-To-Build-A-Strong-Brand-Image)

Media online memiliki beberapa kategori yang perlu dipenetrasi” supaya konten terdistribusi secara luas ke berbagai media daring. Semakin luas daya jangkau konten, semakin baik bagi bisnis. 

 

Mengukur daya sebar merk bisnis ala Yuzu

Apa yang dilakukan Yuzu atau Anda harus bisa diukur dan dianalisis. Anda bisa menggunakan beberapa tools ini:

  • Awario.com
  • SocialMention.com
  • Mention.com
  • Hootsuite.com
  • Talkwalker.com (Talkwalker.com/en/alerts)

Kelima tools tersebut biasa dipergunakan untuk mengukur seberapa sering brand bisnis Anda dibicarakan oleh audience. Cara penggunaan beberapa tools di atas sangat sederhana. Selain itu, dashboard situs pun sangat memudahkan bagi pemakai baru. Anda cukup mempelajari setiap fungsi dari tools tersebut. Selanjutnya, pergunakan fungsi-fungsi tersebut untuk menjalankan strategi pemasaran digital yang ada di dalam rencana bisnis.

 

 

Source: 123456

In this article

Join the Conversation