YukTravel: Renyahnya Bisnis Travel di Indonesia

Travel tak lagi menjadi kegiatan setahun sekali. Munculnya media sosial mendorong sebagian besar anak muda “menggemari” aktivitas satu ini. Mau pakai bujet murah atau super mahal, semua ditampung oleh...

49 0
49 0
YukTravel: Renyahnya Bisnis Travel di Indonesia

Travel tak lagi menjadi kegiatan setahun sekali. Munculnya media sosial mendorong sebagian besar anak muda menggemari” aktivitas satu ini. Mau pakai bujet murah atau super mahal, semua ditampung oleh travel”. 

Ambil contoh traveling ke Singapura. Cukup ketik kata kunci traveling murah ke Singapore”, para anak muda bisa dengan mudah pergi ke luar negeri tanpa perlu menabung berbulan-bulan. 

Modal 2 juta sudah bisa ke Singapure (hipwee.com/list/cuma-dengan-modal-2-juta-kamu-bisa-jalan-jalan-seru-di-singapura-nggak-percaya)

BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Platform Media Sosial Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Namun, buat mereka yang tidak mau ambil risiko”, paket wisata adalah jawabannya. Peluang itu pun ditangkap” YukTravel. 

 

Mulai berbisnis online dengan membangun situs 

Karena masuk ke ranah bisnis daring, bisnis sangat butuh namanya situs atau bisa dikenal sebagai website

Desain, fungsi, dan segala elemen di dalamnya pun disesuaikan dengan tujuan bisnis. Salah satunya pada bagian halaman depan situs:

Landing page YukTravel (yuktravel.com/tour/3d-2n-favourite-singapore-shopping-&-city-tour?id=2639)

 

Berdasar situs conversionxl.com, untuk menyentuh simpati” customer dan mengubahnya menjadi pembeli, diperlukan sebuah trik. Salah satunya menyelaraskan situs dengan market. 

YukTravel merupakan bisnis perjalanan wisata dalam dan luar negeri. Oleh sebab itu, segala konten di dalam situsnya setidaknya menunjukkan kenyataan itu. 

Namun, pemilihan konten dalam situs perlu berlandaskan riset, bukan sekedar selera” Anda saja. Setidaknya Anda perlu:

  • Mengenal siapa jati diri customer
  • Hindari asumsi dan dahulukan riset lapangan
  • Cobalah untuk berbicara dengan customer, jangan berhenti di pikiran saja
Dahulukan bertemu dan berbicara dengan customer (conversionxl.com/blog/how-to-identify-your-online-target-audience)

Selanjutnya, lakukan survei. Kenali tools untuk memperoleh segala data terkait perilaku, kebutuhan, kebiasaan, hingga kegundahannya harus bisa ditemukan. Apabila semua informasi tersebut terkumpul, maka bisnis akan berjalan pada jalur” yang benar.

 

Tidak segan berpartner dengan mereka yang terkait

Pelajaran yang perlu ditiru dari YukTravel yaitu soal partnership atau kerja sama bisnis. Bila dibayangan Anda muncul kata “agen”, maka ada baiknya kurangi pikiran tersebut. 

Partnership tidak selalu berhubungan langsung dengan closing atau penjualan. Bisa jadi, partnership tersebut bersifat menyediakan leads. Selanjutnya, leads tersebut berpeluang dikonversi menjadi pembeli. Contohnya ini:

Strategi partnership YukTravel (instagram.com/yuktravel)

YukTravel tidak secara langsung menjual tiket perjalanan wisata, melainkan memberi umpan” kepada customer-nya. Untuk urusan laku-tidaknya”, yang terpenting YukTravel sudah hadir dalam ingatan customer (apabila ia melihat informasi tersebut). Menurut Chris Eben, kontributor theglobeandmail.com:

Prinsip partnership yang berpotensi menumbuhkan bisnis yang stagnan (theglobeandmail.com)

Prinsip partnership ini secara tidak langsung akan membuka jalan bisnis Anda untuk mendekati customer dari jalur lain”. Namun, penerapan konsep partnership ini butuh upaya tertentu. Misalnya:

Jangan sungkan untuk ber-partner dengan siapa saja. Yang terpenting, ia memiliki visi dan kemampuan untuk menghubungkan Anda dengan pelaku bisnis lain. Langkah ini diperlukan bila Anda sendiri tidak cakap dalam menjalin koneksi. Cukup bangun koneksi dengan satu orang saja, tetapi pastikan bahwa hal tersebut cukup potensial.

Buat goal yang jelas. Goal ini terkait dengan proyek partnership dengan klien Anda. Apa ukuran kesuksesan. Jika pun mengalami kegagalan, apa langkah lanjutan yang akan dipilih? 

BACA JUGA: Cara Berbisnis: Panduan Menemukan Target Market yang Pasti Mau Membeli Produk Anda

Selain dua hal tadi, masih ada ini:

Tips menjalin partnership yang efektif (theglobeandmail.com)

Di dalam menjalankan bisnis, ada banyak peluang yang perlu Anda ikat. Di hadapan Anda sudah terlalu banyak peluang yang numpang lewat”. Saatnya membuka diri dan mengambil setiap hal di sekitar untuk meningkatkan penghasilan bisnis. 

Meski bisnis travel sangat erat kaitannya dengan tiket, guide, dan oleh-oleh”, Anda tidak harus mendapatkan uang dari situ.

 

 

Source: 123

In this article

Join the Conversation