Kapan Waktu Paling Tepat Mengirim Email Newsletter?

Email marketing masih dianggap efektif oleh sebagian besar pelaku bisnis digital. Dari tahun ke tahun, jumlah lalu lintas email perhari mengalami peningkatan. Di tahun 2015, jumlahnya mencapai 205...

51 0
51 0
Email Marketing Newsletter

Email marketing masih dianggap efektif oleh sebagian besar pelaku bisnis digital. Dari tahun ke tahun, jumlah lalu lintas email perhari mengalami peningkatan. Di tahun 2015, jumlahnya mencapai 205 miliar. Diperkirakan di tahun 2019, lalu lintas email akan menyentuh angka 246 miliar.

Di balik padatnya pengiriman dan penerimaan email, para penggunanya dituntut cerdas dalam menggunakannya. Terlebih lagi untuk skala email marketing. Kualitas konten, intensitas, dan ketepatan waktu sangat perlu dicermati. Semakin akurat data yang diperoleh, maka semakin baik hasil yang didapat. 

Kalau berdasarkan skenario, idealnya email marketing memiliki tahapan seperti ini:

Tahap demi tahap email marketing (technosoftnet.com/email-marketing)

 

Khusus kali ini, saya akan bagikan informasi perihal kapan waktu ideal mengirim email pemasaran.  Mulai dari jam, hari, hingga intensitasnya. Lalu…

 

Rabu dan Sabtu adalah waktu terbaik

Fokuskan email pemasaran bisnis dua hari tersebut. Hari rabu dan sabtu bukan waktu baik untuk mengirim email penawaran. 

Grafik pengiriman email pada hari rabu dan sabtu (blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time)

 

Pada ilustrasi di atas bisa dilihat, dua hari tersebut memiliki potensi cukup tinggi untuk email marketing. Berdasarkan riset yang dilakukan, email newsletter yang dikirim pada hari tersebut memperoleh double open rate dibanding sebelumnya.

BACA JUGA: Smart Email Marketing: Cara Memperbanyak Email List 4x Lebih Cepat

 

Hindari hari kamis untuk berkirim email

Di sisi lain, hindari mengirim email pada hari kami. Meski masih terbilang tengah pekan, hari kamis bukan hari yang baik untuk mengirim email penawaran. 

Grafik email masuk di hari kamis (blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time)

 

Di hari kamis, satu akun menerima banyak sekali email penawaran. Yang terjadi, si penerima mengalami banjir” email masuk. Hal ini akan memperkecil potensi email Anda dibaca oleh si penerima. Apabila dipaksakan, kemungkinan email Anda dibaca oleh penerima menjadi sangat kecil.

 

Lupakan niat berkirim email di atas pukul 9 malam atau sebelum 7 malam

Tidak ingin menggangu jam kerja penerima, tapi jam 9 atau jam 7 bukan waktu yang tepat juga. Email penawaran sebaiknya dikondisikan untuk nyaman dibaca di waktu kerja penerima. Di luar jam tersebut, penerima enggan membuka aplikasi email. 

Grafik pengiriman email pada jam 9 atau 7 malam (blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time)

 

Sama seperti kasus-kasus sebelumnya, di jam tersebut pengiriman email pemasaran sangat tinggi sekali. Oleh sebab itu , potensi abai terhadap email masuk sangat besar. Apabila Anda benar-benar berharap email pemasaran dibaca dan memperoleh respons positif dari penerima, maka hindari jam-jam tersebut. 

 

Saat terbaik mengirim email penawaran: 10-11AM, 11-12PM, 1-2PM, or 2-3PM

Dan, waktu terbik untuk berkirim email pada 4 jam ini: 10-11AM, 11-12PM, 1-2PM, or 2-3PM. 

Daftar waktu terbaik berkirim email pemasaran (blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time)

 

Selain itu, jam 10-11Am merupakan waktu terbaik juga. Alasan kenapa waktu ini juga masuk sebagai waktu terbaik karena…

10-11 Am merupakan waktu terbaik berkirim email pemasaran (blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time)

 

Pada jam-jam tersebut, email masuk sangat sedikit. Sehingga, potensi dibuka oleh pembaca sangat tinggi. Artinya, efektviitasnya pun akan semakin baik. Dengan catatan, konten di dalamnya pun harus sesuai market dan tidak monoton. 

Waktu tepat berkirim email hanya bersifat entry point agar dibuka oleh penerima. Langkah selanjutnya merupakan tanggung jawab konten email tersebut. 

BACA JUGA: Email Marketing Booster: Mengubah Subscriber Menjadi Buyer

 

Source:

https://www.business2community.com/email-marketing/future-trends-email-marketing-predictions-2017-01715472

https://blog.kissmetrics.com/sending-newsletter-at-the-right-time/

In this article

Join the Conversation