Mengungkap Keunikan Bisnis dengan Value Proposition

Saya telah menjelaskan apa itu value proposition di artikel sebelumnya. Di sini, saya akan deskripsikan lebih lanjut mengenai cara menerapkan value proposition ke dalam bisnis. Dimulai dengan…  ...

1377 0
1377 0
Mengungkap Keunikan Bisnis dengan Value Preposition

Saya telah menjelaskan apa itu value proposition di artikel sebelumnya. Di sini, saya akan deskripsikan lebih lanjut mengenai cara menerapkan value proposition ke dalam bisnis. Dimulai dengan…

 

Buat perbedaan dengan kompetitor

Harus ada pembeda antara bisnis milik Anda dengan kompetitor. Misalnya:

  • Gratis instalasi
  • Gratis ongkos kirim
  • Pengiriman di hari selanjutnya
  • Pembatalan layanan kapan pun
  • Garansi uang kembali
  • Custom layanan sepenuhnya

Untuk menampilkan perbedaan ini, Anda tidak perlu menunggu hingga si customer datang di halaman checkout situs. Anda bisa menampilkan ini di halaman depan supaya customer lebih tertarik untuk melakukan action pada situs Anda. 

Coba kunjungi situs shopee.co.id

Layanan gratis ongkor kirim dari shopee (shopee.co.id)

 

BACA JUGA: Belajar dari Shopee: Customer Loyalty Sangat Penting

Salah satu keunggulan Shopee dibanding dengan marketplace lain yaitu mengenai layanan gratis ongkos kirim. Dengan minimal belanja dalam jumlah tertentu, customer tidak perlu membayar biaya pengiriman. 

Sejalan dengan hal ini, taktik gratis ongkos kirim sangat efektif untuk memuaskan customer ecommerce. Setidaknya, cara ini paling sering dipakai oleh pebisnis toko daring untuk memanjakan pelanggannya. 

Intensitas layanan gratis ongkos kirim di berbagai bisnis ecommerce (marketingland.com/e-commerce-report-9-10-consumers-say-free-shipping-no-1-incentive-shop-online-180280)

 

Tampilkan ke dalam situs perusahaan

Jangan sungkan untuk menunjukkannya di hadapan customer. Perjelas keberadaan value proposition perusahaan dengan menuliskannya di halaman depan situs. Misalnya saja seperti ini: 

Halaman depan Kontena Indonesia [redesign] (https://kontena.id)

Terkadang, customer tidak tahu apa dan mengapa ia harus menggunakan layanan sebuah perusahaan. Penulisan value proposition secara gamblang akan membantu customer untuk mengidentifikasi hal tersebut. 

Di dalam bisnis daring, Anda harus tahu dimana titik keunggulan dibanding para kompetitor. Terutama soal:

  • ecommerce
  • landing design
  • online experiences
  • analytics
  • innovation
  • digital transformation

Apa peran bisnis Anda? Sebagai ecommerce, memiliki online experience yang luas, kemampuan analytics yang akurat, atau melahirkan innovation yang bermanfaat bagi customer? Setidaknya, bisnis Anda perlu menjadi bagian dari beberapa hal tersebut.

Contoh value proposition dalam bidang IT (mckinsey.com/business-functions/digital-mckinsey/our-insights/its-future-value-proposition)

 

Keberlangsungan bisnis di masa depan perlu ditopang oleh prinsip matang. Anda tidak bisa hanya mencoba lalu memperbaikinya. Akan butuh waktu lama untuk melakukan hal tersebut. Sejak awal dibangun, Anda perlu merancang value proposition bisnis agar tidak mudah ditiru atau bahkan menjadi peniru bisnis lain. 

 

Jangan sungkan menggunakan A/B Testing

Selesai menerapkan beberapa hal di atas, jangan malu untuk menerapkan A/B Testing. Terutama dari sisi efektivitas strategi. Penerapan A/B testing dalam bisnis:

Salah satu contoh A/B testing penerapan value proposition (californiaclosets.com)

 

Sudah menyimak artikel saya mengenai A/B testing sebelumnya? Sama seperti substansi di dalam artikel tersebut, A/B testing kali ini juga bertujuan untuk mengetahui respons customer terhadap strategi yang Anda terapkan. Selain itu, Anda pun berpotensi mengetahui ragam perilaku customer selama ia berinteraksi dengan situs bisnis. 

Soal efektivitas, harus ada pengukuran yang jelas dan tersistematis. Dan, teknik A/B testing ini sangat relevan untuk melakukan itu. 

Ilustrasi A/B testing dalam situs bisnis (w3ii.com/id/ab_testing/ab_testing_quick_guide.html)

 

Karena sifatnya melakukan pengujian, proses ini bisa jadi akan terus berlanjut hingga waktu yang tidak terbatas. Ini merupakan upaya dimana bisnis mencari titik kematangan” dalam berinteraksi dengan customer. Semakin jitu kemampuan analitis, semakin dekat terhadap kepuasan pelanggan

 

 

 

Source:

https://www.quicksprout.com/2017/11/17/how-to-create-a-highly-effective-value-proposition/

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation