Tunjukkan, Jangan Diceritakan! Tips Memasarkan Produk Luring dari Es Teler77

Berbenah tidak hanya dari sisi kualitas produk. Strategi pemasaran pun perlu dipoles sedemikian rupa sehingga bisnis memperoleh leads yang semakin besar. Kali ini, saya akan membagikan bagaimana Es...

74 0
74 0
Pemasaran Es Teler 77 Luring

Berbenah tidak hanya dari sisi kualitas produk. Strategi pemasaran pun perlu dipoles sedemikian rupa sehingga bisnis memperoleh leads yang semakin besar.

Kali ini, saya akan membagikan bagaimana Es Teler 77 yang notabene merupakan bisnis luring bisa mentransformasi diri menjadi bisnis daring dengan daya jangkau hingga Malaysia, Singapura, Australia. Bahkan, pihak manajemen menargetkan mampu memperluas eksistensinya hingga di Negara India, Jeddah, dan Arab Saudi.

Apa yang diperoleh Es Teler 77 bukan sekedar keberuntungan. Angka 77 dipilih memang berdasarkan harapan akan keberuntungan”. Namun, keberuntungan tidak pernah datang kepada mereka yang berpangku tangan.

Setidaknya dari sudut pandang digital marketing, Es Teler 77 memiliki beberapa prinsip pemasaran daring yang efektif.

 

Menghidupkan Media Sosial sebagai Media Branding dan Pengaduan Pelanggan

Media sosial bukan hanya untuk bersiar kabar. Bagi sebuah bisnis, media sosial sangat pantas dijadikan media pemasaran atau minimal brand awareness produk atau merk bisnis. Es Teler 77 tahu dengan potensi besar dari media sosial.

Di Indonesia, pengguna media sosial mencapai 40% dari keseluruhan pengguna internet. Dikutip dari situs detikinet, ada peningkatan signifikan dari tahun 2016 ke tahun 2017 ini:

Pernyataan soal pengguna internet dan media sosial di Indonesia (inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos)

 

Oleh sebab itu, pihak Es Teler 77 pun melakukan optimasi akun media sosial sedemikian rupa sehingga mampu meng-engage calon pelanggan dengan lebih baik. Mereka sangat mengandalkan tipe postingan yang sesuai dengan bisnis, yaitu berisi foto makanan (menu) Es Teler 77.

BACA JUGA: 6 Instagram Photo dan Video Apps untuk Meningkatkan Skor Social Media Optimization

Unggahan Es Teler di media sosial Instagram (instagram.com/esteler)

 

Selain promosi, media sosial dijadikan sebagai media interaksi dengan pelanggan. Perihal ini, Es Teler memakai Facebook (facebook.com/esteler77). Melalui halaman ini, pihak manajemen bisa tahu apa saja respons pelanggan pasca menikmati menu dan pelayanan.

Halaman pengaduan pelanggan Es Teler (Facebook.com/esteler77)

 

Situs yang Berkarakter” Menjadi Ruang Tamu bagi Pelanggan Es Teler 77

Selain dari sisi media sosial, Es Teler pun melakukan optimasi situs perusahaan. Dan, seluruh tampilan dari situs tersebut disesuaikan dengan ekspektasi pelanggan” terhadap Es Teler.

Halaman depan situs Es Teler (Esteler77.com)

 

Berdasar tampilan tersebut tergambar, Es Teler ingin hadir tidak hanya dalam rupa luring tapi juga daring. Bisnis mereka memang berupa offline. Namun, tidak ada salahnya mengomunikasikan misi perusahaan dalam bentuk online.

Di era seperti saat ini, situs perusahaan adalah wajah utama perusahaan di hadapan pelanggan. Oleh sebab itu, penampilannya pun harus dijaga sedemikian rupa sehingga menggambarkan substansi perusahaan.

Penampilan Es Teler 77 dalam rupa luring ini cukup berdasar. Berdasarkan riset terbaru…

58% pengguna internet akan percaya bila sebuah perusahaan memiliki situs (atis.al/important-businesses-nowadays-website)

 

BACA JUGA: Content Marketing Strategy untuk Bisnis Online Food & Beverage

Seperti artikel saya sebelumnya mengenai online presence, kehadiran dalam dunia oleh wajib hukumnya. Selain memperluas daya jangkau bisnis, online presence akan menghemat biaya pemasaran bisnis tersebut. Mereka tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar untuk memenuhi target pelanggan dalam sebulan.

Seluruh teknik yang dipilih oleh Es Teler 77 terbilang sangat hemat dan sederhana”. Dimana mereka tidak perlu terlalu bersusah payah menerawang” perilaku customer. Teknik pemasaran daring akan memberi informasi statistik secara lengkap terkait content marketing dan marketing strategy yang sudah dipraktikkan.

Media sosial dan situs perusahaan merupakan dua hal utama yang tidak boleh absen dalam bisnis saat ini. Media sosial akan menjadi sosok pribadi” perusahaan di hadapan pelanggan. Sedangkan situs perusahaan akan menjadi virtual office.

 

 

Source: 1 (featured image), 23, 45

In this article

Join the Conversation