Berjualan Teh dengan Digital Marketing, Dua Wanita Ini Sukses Miliki 35 Karyawan

Berbagai bisnis bisa di-digitalkan dengan beragam cara. Salah satunya dari sisi pemasaran. Addictea merupakan produk minuman kemasan yang mampu “berbicara” lebih luas berkat digital marketing. Apa yang dilakukan...

57 0
57 0
Digital Marketing BCA

Berbagai bisnis bisa di-digitalkan dengan beragam cara. Salah satunya dari sisi pemasaran. Addictea merupakan produk minuman kemasan yang mampu berbicara” lebih luas berkat digital marketing.

Apa yang dilakukan pada Addictea sebenarnya harus pula diterapkan dalam berbagai bisnis offline. Keunggulan digital marketing dalam hal ini yaitu dari sisi daya jangkau terhadap calon konsumen. Addictea sendiri terbukti mampu merambah pasar Jakarta, yang notabene ia lahir di Kota Bandung.

Daftar kata kunci pencarian Addictea (Google.com)

 

Digital marketing mampu memperluas bisnis lokal menjadi nasional hanya dalam waktu singkat. Caranya?

 

Masuki mesin pencari melalui beragam situs blog daily

Berbeda dengan bisnis yang di bahas sebelumnya, Addictea tidak memakai iklan premium sebagai strategi pemasarannya. Ia mengandalkan pemasaran alami” yang mengoptimalkan koneksi luring (offline). Lihat ini:

Keberadaan Addictea di mesin pencari (Google.com)

 

Penampakan Addictea di mesin pencari memang tidak terlalu mencolok. Asalkan Anda mengetik kata kunci Addictea”, maka baru muncul beragam informasi tentangnya. Pemasaran yang dipakai oleh Addictea lebih cenderung pada natural. Mereka tidak melakukan optimalisasi SEO karena notabene belum memiliki situs resmi.

Meski begitu, mereka hadir di mesin pencari melalui beragam situs pihak ketiga yang secara langsung menghimpun informasi mengenai bisnis Addictea. Salah satunya di laman tekno.liputan6.com.

 

Tingkatkan konversi semakin tinggi dengan tampilan visual yang menarik

Rupa visual akan mampu menggerakkan calon pembeli datang menghampiri sebuah produk. Addictea pun menggunakan hal tersebut untuk menarik minat minum para target marketnya. Coba cek kumpulan foto Instagram Addictea.

Visualisasi produk Addictea (instagram.com/addictea)

 

Saat Anda memvisualisasikan produk, fokuskan tampilan pada result produk Anda. Misal untuk produk Addictea, fokus ditekankan dari sisi teste-nya. Hal ini akan menarik bagi customer mengingat result tersebut memang sesuai dengan yang ia butuhkan.

Visualisasi produk terfokus pada result (vappingo.com/word-blog/examples-of-features-versus-benefits)

 

Pada intinya, beriklan bertujuan untuk menjual produk. Namun, calon customer akan merasa risih” apabila Anda hanya menuntutnya membeli produk. Mereka memiliki hak untuk tahu dan memahami” produk yang akan ia beli. Oleh sebab itu, berikan informasi sejelas mungkin kepada customer terkait produk Anda. Penekan jangan hanya pada fitur” produk, melainkan pada manfaat produk tersebut.

Tahap ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Addictea sendiri lahir di tahun 2011 dan butuh waktu dua tahun supaya produknya mulai diterima oleh customer.

Addictea butuh waktu 2 tahun untuk diterima oleh customer (tekno.liputan6.com)

 

Pemasaran digital yang intensif menjadikan proses penetrasi bisnis berjalan cepat 

Sadar akan potensi besar ekosistem digital, Addictea pun menangkap potensi besar di dalamnya.

“Sejak 2016 lalu, kami mulai fokus memasarkan Addictea lewat ranah digital, seperti ikut Google Bisnisku, media sosial, dan mendaftarkan ke layanan pesan antar Go-Food.”

Upaya Addictea pun mulai berbuah manis. Saat ini, mereka sudah memiliki 35 karyawan dan menyediakan beragam varian rasa. Kondisi ini berpeluang membawa Addictea ke arah yang lebih baik mengingat daya jangkau pemasaran digital semakin tumbuh seiring peningkatan pengguna internet.

Potensi digital di Indonesia (id.techinasia.com/potensi-digital-marketing-indonesia-di-tahun-2017)

 

BACA JUGA: Meniru Strategi Digital Marketing Business JakartaNotebook.com

Dari sisi teknik, pemasaran digital menghadirkan perolehan traksi yang jelas dan terukur sehingga model pemasaran ini lebih efektif dari segi ROI (Return on Investment) dibandingkan pemasaran lainnya. Berdasarkan survei, para pengiklan di Indonesia cenderung menggunakan taktik pemasaran yang terfokus pada pengalaman pelanggan, marketing konten, dan platform mobile. 

 

 

 

Source: 1, 2, 3

In this article

Join the Conversation