Peta Digital Touchpoint Telkomsel di Tahun 2017

Kenyataannya, memulai bisnis dari nol sangat melelahkan. Bagi mereka yang pertama kali masuk di dunia bisnis online, kondisi ini jelas di luar ekpektasi. Kebanyakan dari pebisnis pemula berpikir...

38 0
38 0
Touchpoint Telkomsel

Kenyataannya, memulai bisnis dari nol sangat melelahkan. Bagi mereka yang pertama kali masuk di dunia bisnis online, kondisi ini jelas di luar ekpektasi. Kebanyakan dari pebisnis pemula berpikir bahwa kesuksesan akan segera datang dalam waktu singkat.

Nyatanya tidak. Berkelana di bisnis digital setidaknya harus melalui 5 tahap untuk mencapai kesuksesan. Lima tahap ini bukanlah hal baru, sebagian besar bisnis di tanah air pun memakainya yaitu:

  • Telkomsel,
  • Citilink, 
  • Go-Jek,
  • Matahari Dept. Store, dan masih banyak yang lainnya.

Kali ini, saya akan bagikan digital touchpoint Telkomsel selama mereka menjalani bisnisnya. So, simak baik-baik 5 tahap digital touch point berikut ini:

BACA JUGA: Internet Marketing Study Case: Cara Citilink Bertahan di Era Generasi Milenial

 

59% CMO berpendapat bahwa customer experience merupakan yang utama dalam bisnis

Di dalam situsnya, quantumdynamix.net menerangkan bahwa digital touchpoint setidaknya akan terimplementasi dalam beberapa bentuk, seperti:

  • Paid marketing,
  • SEO & organic search,
  • Social media marketing, 
  • Email marketing, 
  • Content marketing, 
  • Mobile optimization.

Prinsip utama dalam menjalanan keenam taktik tadi yaitu ini:

Digital touch point figure (crownpeak.com)

 

Bisa Anda saksikan, setiap bisnis (apa pun produk atau layanan bisnisnya) harus dimulai dari awareness dan consideration. Kedua tahap tersebut bertujuan untuk memperkenalkan” bisnis kepada customer. Anggapannya, si customer belum mengetahui tentang produk atau layanan Anda. Maka, ia perlu diberitahu akan hal tersebut.

Bisa jadi, mereka akan menolak produk Anda. Hal ini adalah perjalanan dalam pemasaran digital dan tidak perlu Anda khawatirkan secara berlebihan. Penolakan atau bahkan penerimaan oleh customer merupakan hal yang wajar. Oleh sebab itu, amat penting bagi Anda untuk mengetahui customer experience.

Customer experience merupakan pengalaman nyata bisnis Anda saat bersentuhan dengan calon customer. Di momen tersebut, Anda akan menemukan beragam insight (salah satunya penolakan). Meski begitu, langkah digitial touch point harus berlanjut. Masih ada purchase, service, hingga loyalty expansion.

Yang perlu Anda lakukan selama menerapkan alur tersebut yaitu catat segala bentuk perilaku calon customer. Setiap respon mereka akan sangat berguna bagi Anda sebagai bahan evaluasi bisnis.

 

Beragam bentuk digital touchpoint yang dipilih oleh Telkomsel

Inti dari tahapan digital touchpoint terletak pada customer experience. Selama Anda mampu menangkap setiap respon customer terkait taktik yang Anda pergunakan, maka hal tersebut sudah sangat cukup.

Telkomsel (yang notabene merupakan provider plat merah Indonesia) tetap butuh adaptasi terhadap kemajuan digital saat ini. Mereka mempergunakan:

  • Search engine marketing,
  • Website optimization,
  • Mobile apps optimization, dan
  • Social media marketing.

Setidaknya, bukan cuma Telkomsel yang melakukan demikian. Beragam provider Indonesia pun melakukan upaya ekspansi melalui beberapa produk digital.

Ekspansi provider Indonesia untuk menghadapi persaingan bisnis digital (tirto.id/strategi-digital-provider-telekomunikasi-cq7g)

 

Selain merilis layanan tambahan, Telkomsel pun mengembangkan konsep marketing digital yang efektif dan sesuai dengan market mereka, yaitu SMS blast. Selain meraup untung dari pihak ketiga (merchant), cara ini ampun untuk menjaga eksistensi Telkomsel di kalangan konsumen provider Indonesia.

Taktik digital marketing Telkomsel dengan double benefit (swa.co.id/swa/business-strategy/raup-untung-besar-telkomsel-genjot-iklan-digital)

 

Telkomsel merupakan provider yang sudah berpengalaman soal pemasaran. Sampai saat ini, mereka memiliki 128 juta pengguna dan menargetkan peningkatan pengguna pada tahun 2017 ini menjadi 130 juta. Meski jumlah penggunanya sudah menembus 100 juta lebih, Telkomsel perlu menjaga eksistensinya di kalangan customer. Setidaknya, mereka pun hadir di beragam media sosial:

  • https://twitter.com/telkomsel
  • https://www.instagram.com/telkomsel/
  • https://www.facebook.com/telkomsel/

Situs mereka (Telkomsel.com) pun dibenahi. Selain itu, Telomsel pun melakukan konversi layanan dalam bentu Mobile Apps bernama MyTelkomsel (Android dan iOS).

 

 

 

Source: 1, 2, 3

In this article

Join the Conversation