Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Anda Beriklan di Facebook Ads (I)

Posisi menentukan prestasi. Hal demikian berlaku pula pada Facebook Ads. Ya, layanan iklan premium dari Facebook ini pun memerlukan polesan tertentu supaya hasilnya sesuai ekspektasi Anda.  Jikalau dilakukan...

41 0
41 0

Posisi menentukan prestasi. Hal demikian berlaku pula pada Facebook Ads. Ya, layanan iklan premium dari Facebook ini pun memerlukan polesan tertentu supaya hasilnya sesuai ekspektasi Anda. 

Jikalau dilakukan perhitungan kasar, teknik pemasangan iklan berbayar di Facebook sangat potensial. Setidaknya, iklan akan dilihat oleh 2 miliar lebih pengguna Facebook. Angka yang cukup menjanjikan sekali. Apes-apesnya, cukup 1% yang closing sudah menguntungkan bisnis.

Pertumbuhan Facebook user yang signifikan (statista.com/statistics/264810/number-of-monthly-active-facebook-users-worldwide)

 

Namun, upaya untuk menghasilkan angka tersebut akan berubah drastis bila strategi penempatan iklan tidak dihiraukan. Bisa jadi, pemasangan iklan ini hanya untuk menghambur-hamburkan anggaran pemasaran digital. 

Bila ingin memperoleh kesuksesan melalui iklan Facebook, coba perhatikan beberapa hal ini:

 

Pengaturan default membuat Anda seakan tidak berdaya

Bagi pengiklan pemula, pengaturan paling mudah yaitu opsi default. Pengaturan ini tergantung dari sasaran dan kreativitas iklan Anda. Facebook akan merekomendasikan opsi seperti ini. Namun, ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda tak nyaman dengan fitur ini. 

Pengaturan iklan default dari Facebook (digitalmarketer.id)

 

Facebook akan menawarkan enam penempatan. Sayangnya, iklan Anda berpotensi tidak memenuhi syarat untuk penempatan tersebut. Hasil ini secara otomatis difilter oleh Facebook berdasarkan sasaran iklan.

Misalnya, Anda memilih mobile app install sebagai tujuan, iklan  layak dipasang di Instagram, news feed mobile, dan audience network. Namun, iklan tidak memenuhi syarat syarat untuk penempatan di news feed desktop dan kolom kanan. Apabila iklan tidak memenuhi syarat untuk penempatan tertentu, maka muncul tulisan ineligible”.

Opsi penempatan iklan tidak berlaku (digitalmarketer.id)

 

Aturlah iklan dengan penempatan news feed desktop Facebook karena…

Apabila iklan Facebook bertujuan untuk:

  • Clicks to Website, 
  • Desktop App Engagement, 
  • Desktop App Installs, 
  • Event Responses, 
  • Local Awareness, 
  • Page Likes, 
  • Page Post Engagement, 
  • Offer Claims, 
  • Video Views, dan 
  • Website Conversions.

Maka, ada baiknya memilih penempatan iklan ini. Penempatan ini memungkinkan iklan tampil di antara postingan teman dan keluarga. Tampilan iklan seperti posting Facebook biasa dan bukan sebuah iklan. Alhasil, iklan akan membaur dengan postingan milik kerabat, teman, atau bahkan kolega bisnis. 

https://adespresso.com/blog/5-google-adwords-habits-must-kick-succeed-facebook-ads/

 

Berdasarkan survei, mayoritas pengunjung media sosial membenci iklan yang mengganggu, termasuk iklan pop-up dan iklan video yang dimainkan secara otomatis. Oleh sebab itu, jenis penempatan iklan ini sangat cocok untuk menarik simpati customer tanpa menggangu aktivitasnya bermain media sosial. 

BACA JUGA: Social Media Marketing: Tipe Postingan Facebook yang Mampu Viralkan Bisnis Anda

 

Karena Facebook mobile news feed cukup menjanjikan, maka…

Tujuanya sama seperti sebelumnya, tapi potensi kesuksesannya berbeda jauh. 

Dilihat dari data statistik, pada Desember 2016 Facebook memiliki 1,23 miliar pengguna ponsel setiap bulan. Dari 1,23 miliar pengguna, 1 miliar mengakses Facebook hanya melalui mobile saja. Tanpa dekstop atau device jenis lain. 

Yang artinya?

Potensi iklan dengan prinsip penempatan ini amat menjanjikan. Sama halnya dengan penempatan iklan sebelumnya, iklan mobile news feed akan muncul di news feed yang diakses melalui perangkat mobile. Iklan akan muncul di antara postingan teman dan keluarga Anda. Sehingga, keberadaannya tidak akan mengganggu. 

https://blog.bufferapp.com/facebook-ad-specs

 

Selain itu, ada faktor X kenapa iklan ini sangat menjanjikan. Saat seorang bermain Facebook menggunakan smartphone-nya, mereka akan dibanjiri” oleh. News feed muncul di layar ponsel satu per satu. Para pengunjung pun tidak punya pilihan selain melihat iklan (karena iklan disematkan di antara news feed teman Facebook-nya).

Selain tiga pengaturan, masih ada: 

  • Iklan di posisi kolom kanan (right column) Facebook,
  • Mode audience network, dan 
  • Pengaturan artikel instan 

Ketiganya memiliki karakter masing-masing. Dan, akan saya jelaskan di artikel selanjutnya. 

BACA JUGA: Social Media Marketing: 5 Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

 

 

Source: 1, 2, 3, 4

Image: Pixabay.

In this article

Join the Conversation