Internet Marketing Study Case: Cara Citilink Bertahan di Era Generasi Milenial

Adaptasi strategi internet marketing tidak hanya merambah bisnis food & beverage. Bisnis di bidang maskapai pun ikut terdampak.  Faktor persaingan yang semakin kompetitif ditengarai sebagai penyebabnya. Oleh sebab...

143 0
143 0
Citilink Internet Marketing

Adaptasi strategi internet marketing tidak hanya merambah bisnis food & beverage. Bisnis di bidang maskapai pun ikut terdampak. 

Faktor persaingan yang semakin kompetitif ditengarai sebagai penyebabnya. Oleh sebab itu, pihak Citilink pun tak segan melakukan berbagai upaya agar tetap bertahap hidup”. Tujuannya, mereka tidak mau senasib dengan:

  • Bouraq Air yang berhenti beroperasi pada 2005
  • Linus Airways yang tutup pada April 2009
  • Adam Air yang berhenti mengudara pada Juni 2008
  • Batavia Air yang diputus pailit pada Januari 2013

Fakta-fakta seperti ini mau tidak mau mendorong manajemen Citilink untuk berinovasi, salah satunya dari aspek pemasaran. 

Persentase penetrasi strategi pemasaran daring (bluecorona.com/blog/29-small-business-digital-marketing-statistics)

 

Selaras dengan ilustrasi di atas, Citilink pun memilih beberapa opsi teknik digital advertising, seperti:

  • Search engine marketing,
  • Social media marketing, dan 
  • Website optimizer

Ketiga upaya tersebut terbukti mampu memosisikan Citilink lebih baik dibanding induk perusahaan mereka (Garuda Indonesia). Dilansir dari CNNIndonesia.com:

PT Citilink Indonesia, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), berhasil membukukan laba bersih sebesar US$ 3,8 juta sepanjang kuartal III 2014 atau setara Rp 45,98 miliar. Dan, mampu sudah menerbangkan  5,4 juta penumpang. Naik lebih dari 100 persen dibanding jumlah penumpang selama Januari-September 2013 yaitu 2,5 juta penumpang.

Dari hasil membahagiakan” seperti itu, Citilink rupanya melakukan beberapa upaya berikut.

 

Pembenahan situs menjadi awal kesuksesan Citilink

Selain hal-hal teknis terkait bisnis maskapai penerbangan, Citilink sangat aware” terhadap kebutuhan pemasaran digital. Generasi milenial, individu yang lahir antara tahun 1980-an hingga 1997, merupakan salah satu market Citilink. Namun, usaha memperoleh perhatian dari kalangan ini tidak mudah. Integrasi antara brand bisnis dan teknologi internet perlu diberlakukan. 

Dikutip dari situs Forbes.com:

Perilaku generasi milenial terhadap bisnis dan teknologi (https://www.forbes.com/sites/laurenfriedman/2017/02/08/millennials-and-the-digital-experience-getting-your-digital-act-together/3/#d54a51677c75)

 

Oleh sebab itu, pembenahan pun dilakukan oleh Citilink dari sisi website user interface. Dimana mereka merombak tampilan dan navigasi halaman citilink.co.id menjadi seperti demikian:

Halaman utama situs Citilink (citilink.co.id)

 

Keputusan mengubah halaman situs bukan perkara mudah. Setidaknya, perlu adanya framework yang jelas sehingga perubahan tersebut tidak berdampak negatif bagi pengunjung situs secara langsung. Misalnya saja seperti ini:

User interface engaging (sprybit.com/blog/5-tips-creating-engaging-ui-user-interface)

BACA JUGA: Strategi Marketing Visual: Panduan Memvisualisasi Produk di Era Digital

 

Citilink tidak sungkan berlanggan digital advertising premium

Redesign situs akan mengarahkan bisnis ke dalam kesuksesan bilamana dibarengi metode pemasaran situs” yang ofensif” dan efektif. Soal ini, Citilink menerapkan internet advertising premium dari Google. Mereka memanfaatkan fitur iklan premium Google berupa GDN (Google Display Network).

Adapun manfaat dari fitur ini berupa:

  • Daya jangkau terhadap pelanggan berdasarkan segala perangkat (apa pun) yang digunakan oleh mereka
  • Target iklan bisa berdasarkan karakteristik lokasi bisnis. Dimana fitur ini memungkinkan setiap pengiklan menargetkan  pelanggan di negara, kawasan, atau kota tertentu atau dalam jarak yang telah ditetapkan dari bisnis atau toko.
  • Pengaturan kemunculan iklan menyesuaikan waktu hidup customer”. Iklan bisa diatur kapan waktunya tampil” atau tidak sehingga bisnis mudah ditemukan di Google dengan tepat ketika orang-orang menelusuri produk bisnis.

Tampilan iklan GDN Citilink seperti ini:

Iklan Citilink di mesin pencari

 

Jika dilihat dari sisi keyword pencarian, keyword Citilink” dicari oleh 4,590,000. Artinya, kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan sangat tinggi. Namun, Citilink mudah memenangkan pertarungan” kata kunci tersebut dengan menggunakan layanan Iklan premium dari Google.

 

 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Featured image

 

In this article

Join the Conversation