Konsep Blogger Outreach yang Masih Relevan Hingga Hari Ini

Taktik digital marketing tidak bisa berdiri sendiri. Ia pun perlu ditopang oleh “bantuan” dari luar situs Anda. Kualitas content marketing memang sangat penting, tetapi bukan berarti itu adalah...

347 0
347 0
Blogger Outreach

Taktik digital marketing tidak bisa berdiri sendiri. Ia pun perlu ditopang oleh bantuan” dari luar situs Anda. Kualitas content marketing memang sangat penting, tetapi bukan berarti itu adalah satu-satunya teknik marketing yang dibutuhkan.

Anda butuh blogger outreach.

Blogger outreach merupakan prinsip endorsement yang ditujukan kepada blogger. Meski begitu, istilah ini dipakai pula pada media sosial. Penggunaan teknik outreach masih tetap relevan hingga hari ini karena mampu…

  • Menghasilkan lebih banyak mention dan inbound link dari blog lain dengan niche yang selaras dengan bisnis
  • Memperoleh jumlah social shares yang lebih banyak dari beragam content marketing yang sudah diunggah
  • Meningkatkan jumlah loyal fans dan email subscribers
  • Memperluas daya jangkau konten pemasaran terhadap calon customer sesuai target

Namun, menghasilkan benefit yang sebegitu banyak bukan tanpa usaha. Setidaknya, Anda perlu memilih dan memilah mana influencer yang tepat sesuai dengan bisnis Anda. Caranya?

 

Beragam tools mempercepat proses filtering influencer

Sebelum menghubungi si influencer, Anda perlu memetakan mana influencer yang relevan dengan bisnis dan mana yang tidak. Buat tabel seperti ini:

Tabel influencer (smartblogger.com/blogger-outreach)

 

Apabila sudah, silakan pilih beberapa tools di bawah ini untuk menentukan influencer yang tepat sesuai kriteria bisnis Anda:

  • Alltop.com
  • Technorati.com
  • Followerwonk.com

Ketiga tools akan menyajikan beberapa informasi terkait kualitas post hingga jumlah follower mereka di dalam niche tersebut.

 

Banyaknya influencer tidak selamanya berdampak positif bagi bisnis. Kenali karakter mereka juga

Apabila sudah terkumpul daftar nama disertai dengan atribut lainnya, lanjutkan proses pemilihan berdasarkan karakter unggahannya. Di dalam tabel yang sudah dibuat sebelumnya tambahkan beberapa kolom menjadi seperti ini:

Kolom tambahan untuk mengetahui karakter influencer (smartblogger.com/blogger-outreach)

 

Apabila Anda masih asing terhdap beberapa istilah di dalam 3 kolom di atas, saya beri sedikit penjelasan:

Social Authority merupakan social metric untuk mengetahui berapa banyak jumlah follower dan pengaruh si influencer tersebut terhadap pengikutnya. Anda bisa menggunakan tools FollowerWonk untuk mengetahui informasi seperti ini.

Domain Authority merupakan penilaian kualitas influence berdasarkan SEO metrics. Bagi para online marketer berbasis situs, ini adalah indikator penting. Prinsipnya sama seperti sebelumnya (social authority), search engine authority metrics menghubungkan influence dan kemampuan daya jangkau terhadap pengikutnya. Salah tools untuk melakukan hal ini yaitu Open Site Explorer.

Comment atau jumlah blog comments tidak boleh ditinggalkan. Indikator ini akan dijadikan sebagai nilai useful unggahan. Semakin banyak jumlah komentar yang relevan, semakin tinggi skor kualitas konten. Yang terpenting dalam metrik ini yaitu kualitas komentar. Komentar asal yang sifatnya basa-basi” tidak dimasuk hitungan.

BACA JUGA: Social Media Analytics: Panduan Analisis Pencapaian Influencer Marketing Campaign

 

Karena bisnis Anda masih terbilang pemula”, jangan sungkan untuk menjadi followernya terlebih dulu

Mengingat bisnis Anda belum apa-apa”, ada baiknya Anda tarik perhatian influencer dengan komentar, mention, dan hal-hal sejenis. Intinya, Anda berusaha menjadi sahabat dari si influencer tersebut.

Meski begitu, hindari memposting komentar tak berguna”, seperti: pujian, spamming, dan/atau mengatakan hal-hal di luar konteks. Selain itu, intensitas komentar Anda pun jangan terlalu tinggi. Semakin intens komentar Anda, semakin tak nyaman bagi si influencer. Salah-salah, mereka merasa dimata-matai oleh Anda.

Tujuan tahap ini yaitu menjadi bagian dari aktivitas influencer di media sosial atau blog post. Apabila ia cukup familiar dengan keberadaan Anda, upaya menjadikannya sebagai influencer bisnis pun menjadi lebih mudah.

Apabila hubungan sudah dirasa dekat, biasakan berkirim email kepadanya. Pastikan email tersebut memuat pilihan bahasa yang sopan dan substansi yang jelas. Contohnya seperti ini:

Contoh email kepada influencer (smartblogger.com/blogger-outreach)

 

 

Source:

https://smartblogger.com/blogger-outreach/

In this article

Join the Conversation