Prinsip Psikologi yang Membantu Peningkatan Conversion Rate Situs

Prinsip psikologi adalah kunci kesuksesan strategi pemasaran digital. Prinsip tersebut akan membantu setiap content marketing agar diterima dengan baik oleh customer. Selain itu, pemanfaatan psikologi juga memastikan bahwa...

65 0
65 0
Prinsip Psikologi yang Membantu Peningkatan Conversion Rate

Prinsip psikologi adalah kunci kesuksesan strategi pemasaran digital. Prinsip tersebut akan membantu setiap content marketing agar diterima dengan baik oleh customer. Selain itu, pemanfaatan psikologi juga memastikan bahwa setiap campaign mampu menarik atensi calon customer dan menjadikannya sebagai customer yang loyal

Di samping itu, penerapan psikologi dalam digital campaign ini akan memudahkan Anda untuk memahami:

  • kecenderungan perilaku, 
  • kebiasaan, dan 
  • preferensi calon customer secara general. 

Supaya psikologi mampu meningkatkan skor conversion rate di dalam situs, berikut ini beberapa tipsnya.

 

Cognitive Fluency akan Menciptakan Kesan Positif bagi Setiap Pengunjung

Kesan positif merupakan cara awal mengubah pengunjung menjadi customer. Sebagai contoh, buka laman apple.com:

Preview homepage apple.com (apple.com)

 

Di awal perjumpaan (antara visitor dan situs), halaman tersebut tampak bersih” dan mampu menjelaskan apa isi di dalamnya. Sehingga, pengunjung pun mudah menangkap informasi yang dicantumkan di dalamnya. Seperti itulah impelementasi prinsip cognitive fluency.

Cognitive fluency merupakan cara penyajian informasi yang mudah dicerna. Kondisi tersebut akan memudahkan otak memproses informasi utama. Penerapannya pun sangat mudah. Hindari membombardir otak pengguna dengan informasi yang tidak berguna dan berlebihan. 

Sebagai gantinya, beri customer tampilan modern, estetik, tetapi sederhana yang nyaman untuk dinikmati di awal perjumpaan.

 

Penggunaan Principle of Reciprocity & Scarcity akan Mendatangkan Lebih Banyak Customer

Setelah memberi sajian pembuka yang ringan dan lezat”, tambahkan sentuhan reciprocity & scarcity.

Prinsip ini memberi kejutan tidak disangka” kepada customer. Contohnya seperti ini:

Tampilan homepage Traveloka (traveloka.com/en)

 

Bonus tersebut bisa berupa kupon voucher, diskon, atau berkas yang mungkin dibutuhkan oleh customer (berupa PDF & eBook). Sebagian customer tidak segan kembali ke situs Anda dikarenakan hal ini. Pelayanan tambahan” cenderung meningkatkan kepuasan customer terhadap sebuah bisnis. 

Agar gairah” customer semakin terpacu saat berkunjung ke situs bisnis Anda, jangan lupa melengkapinya dengan strategi scarcity (kelangkaan). Taktik ini memanipulasi situasi sehingga produk atau service yang diinginkan customer tampak akan segera habis. 

Misal Anda buat skenario seperti ini:

Customer ingin berbelanja sepatu. Di halaman produk, Anda tulis bahwa stok yang tersedia tinggal dua item. Customer pun akan segera mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut. Di dalam pikiran customer, ia tidak mau kehilangan benda yang ada di depan mata hanya karena terlambat mengambil keputusan. 

Penggunaan scarcity bisa diterapkan pada stok barang, harga barang, waktu, hingga jumlah pembelian saat ini. Contoh:

Contoh pengguna strategi scarcity (sitetuners.com/blog/nudge-your-e-commerce-customers-to-purchase-with-these-tips)

 

Permainan the Psychology of Color akan Membuat Situs Lebih Menarik

Warna yang nyaman membuat customer betah berlama-lama di dalam situs. Salah satu situs dengan kombinasi warna apik dan nyaman yaitu Qlapa:

Preview homepage Qlapa (qlapa.com)

 

Warna memiliki efek pada emosi. Oleh sebab itu, pahami jenis emosi calon customer Anda. Situs-situs seperti NBC, Google, Ebay, dan Windows menggabungkan biru, kuning, merah, dan hijau ke dalam logo perusahaan mereka. 

Alasannya?

Warna biru menggambarkan perasaan percaya, kuning menyampaikan optimisme, merah merupakan simbol perasaan gembira, sementara hijau memancarkan perasaan damai. Gunakan panduan emosi berikut ini sebagai pedoman:

Colour emotion di berbagai logo bisnis online terkemuka (frankwilliamsdesign.com/the-importance-of-color)

 

BACA JUGA: Pentingnya Psikologi Warna untuk Digital Marketing Campaign

Selain itu, cara memadukan antara satu warna dengan warna lainnya pun tidak boleh asal. Anda harus mempertimbangkan kenyamanan visitor saat menerapkannya ke dalam halaman situs. Bila kesulitan melakukan hal ini, pakai coolors.co/browser/latest/1 sebagai referensinya. 

Coolors.co/browser/latest/1 merupakan situs color scheme yang menyediakan ribuan pasang warna. Cara penggunaannya sangat mudah karena dilengkapi dengan hex code-nya juga.

Halaman Coolors.co (Coolors.co/browser/latest/1 )

 

 

 

 

Source:

https://taktical.co/5-psychological-principles-that-will-improve-your-homepage-conversion-rate/

Image: Pixabay

In this article

Join the Conversation