A/B Testing akan Menghasilkan Formula Penting bagi Kesuksesan Pebisnis Online

A/B test atau split test merupakan trik untuk menyimpulkan mana strategi yang optimal dan mana yang tidak. Cara ini dianggap jitu untuk memetakan seperti apa, bagaimana cara kerja, dan jenis strategi...

63 0
63 0
A/B Testing

A/B test atau split test merupakan trik untuk menyimpulkan mana strategi yang optimal dan mana yang tidak. Cara ini dianggap jitu untuk memetakan seperti apa, bagaimana cara kerja, dan jenis strategi mana yang paling optimal dan mampu mendekati target pemasaran digital. Apabila digunakan dengan cermat, tools A/B test ini akan mengubah pemasaran digital yang lambat menjadi berjalan lebih cepat. 

Bagi para marketer online, A/B test merupakan hal yang lumrah. Taktik ini selalu dipakai untuk menemukan jalur paling singkat untuk mengatensi” customer sehingga menjadi sesuai keinginannya.

 

A/B test bekerja dengan membanding performa dari dua opsi strategi yang diterapkan

Keunggulan A/B test tidak hanya berguna untuk strategi pemasaran, melainkan pengembangan produk atau pelayanan juga. 

Sebagai ilustrasi, lihat ini:

Ilustrasi pemakaian A/B test pada situs (optimizely.com/ab-testing)

 

Dilihat dari kaca mata ilmiah, A/B test serupa dengan eksperimen penelitian. Dimana satu kondisi akan dibandingkan dengan kondisi lainnya. Kondisi mana yang mendekati goal research”, maka itu yang akan dipakai di kemudian hari. 

Tidak hanya dua kondisi, A/B test mampu mengakomodir 3 hingga empat kondisi secara bersamaan. Teknik pengujian kondisi ini bekerja secara acak, tetapi pengukuran tetap berdasaran analisis statistik. Di tahap akhir, Anda akan menemui kondisi mana yang memiliki performa terbaik. 

Supaya hasil analisis sesuai ekspektasi, Anda memerlukan focus questions terkait aspek mana yang akan dijadikan sebagai indikator pengkuran. Misalnya penerapan AB test pada brand awareness, maka indikator pengukuran menggunakan:

  • Jumlah audience yang berhasil dijangkau
  • Intensitas topik terkait bisnis Anda
  • Bentuk respons audience terhadap content marketing (positif atau negatif)
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh sejumlah respons audience, dst.

Karena bersifat research data, usahakan hal-hal teknis seperti ini sangat diperhatikan. Kejelasan indikator pengukuran akan memudahkan Anda dalam memanfaatkannya di kemudian hari.  

 

A/B testing akan bekerja dengan prinsip comparation supaya bisnis mampu ter-improvements secara langsung

A/B akan bekerja dengan melakukan split kondisi dalam beberapa detik. Cara ini dipakai untuk mengetahui bagaimana respons audience terhadap kondisi yang ada di hadapannya. 

Apabila penerapannya terjadi di halaman situs, maka perubahan:

  • tombol,
  • warna,
  • tata letak,
  • desain banner, dan
  • semua elemen yang ingin diuji di dalam halaman situs. 

Perubahan tersebut akan terjadi bagi audience dengan perbandingan qty sebanyak 50:50. Situs optimizely.com/ab-testing mengungkapkan bahwa:

Half of your traffic is shown the original version of the page (known as the control) and half are shown the modified version of the page (the variation).

Cara seperti demikian akan menghasilkan data analisis yang lebih optimal dan berimbang. Setidaknya, kemungkinan seperti di bawah ini akan terjadi:

Ilustrasi pemakaian A/B test untuk meningkatkan efektivitas buying journey (optimizely.com/ab-testing)

 

Dari sisi audience, mereka tidak akan diizinkan untuk mengubah variasi tampilan tersebut. Setiap aktivitas si audience di dalam satu kondisi akan dimonitor, dicatat, hingga dianalisis di halaman dashboard AB testing apps tersebut. 

Hasil dari analisis ini bisa jadi positif, negatif, atau sama sekali tidak ter-effect pada perilaku audience. 

Penggunaan teknik AB testing tidak akan berhenti setelah hasil analisis kondisi sebelumnya telah didapat. Setiap perubahan harus dilakukan (hampir di sebagian elemen situs atau di dalam strategi bisnis) untuk menemukan formula paling pas” pada bisnisnya. 

Karena setiap bisnis memiliki karakter customer yang berbeda, maka pemahaman terhadap mereka adalah hal utama yang perlu dimonitor dan dicermati semaksimal mungkin.

 

 

Source: 

https://www.crazyegg.com/blog/guides/ab-test-planning/

https://www.optimizely.com/ab-testing/

Image: https://pixabay.com/

In this article

Join the Conversation