Instagram for Business: Panduan Meningkatkan Daya Jangkau Instagram Post

Pemakaian Instagram sebagai channel pemasaran digital sudah dianggap lumrah. Pasalnya, Instagram dianggap sebagai “taman bermain” bagi anak muda atau dewasa dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun. Para...

301 0
301 0
Instagram for Business

Pemakaian Instagram sebagai channel pemasaran digital sudah dianggap lumrah. Pasalnya, Instagram dianggap sebagai taman bermain” bagi anak muda atau dewasa dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun.

Para pelaku bisnis online menanggapi fenomena ini dengan tangan terbuka”. Jumlah pengguna Instagram berkategori bisnis mencapai 200 juta user dan…

Instagram for business statistics (slideshare.net/Convergentmediagroup/instagram-statistics-2014)

 

Sayangnya, kondisi ini sering disertai dengan ketidakmampuan para pebisnis untuk mengoptimalkan daya jangkau post Instagram-nya. Alhasil, jumlah pengguna di Instagram (yang sudah menembus angka 600 juta) tidak mampu dijangkau dengan baik.

Alasan kenapa hal tersebut sering terjadi karena…

 

Frekuensi post foto terlalu konsisten, padahal Instagram telah mengubah algoritma feed-nya

Konsistensi memang penting, tetapi selalu amati perubahan yang ada.

Sama seperti Facebook, Instagram tidak memiliki kepastian algoritma perihal kapan waktu terbaik untuk mengunggah. Sebagai gantinya, setiap pelaku bisnis memiliki waktu optimalnya masing-masing.

Supaya menemukan kapan waktu yang ideal mengenai hal tersebut, gunakan Instagram insight. Layanan ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang sudah mengubah akun Instagram saat ini menjadi akun bisnis.

Seperti dikutip dari laman web.facebook.com:

Instagram insight akan membantu Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang follower dan orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda di Instagram. Informasi yang akan diperoleh seperti: jenis kelamin, rentang usia, dan lokasi. Anda pun mampu mengetahui kiriman dan cerita mana yang paling sering dilihat dan direspon positif oleh follower.

 

Selain itu, informasi mengenai kapan follower aktif di Instagram pun bisa diketahui. Misalnya, follower aktif di hari Minggu dari pukul 9 sampai 6 pagi SGT.

Ilustrasi Instgarm insight mengenai waktu optimal mengunggah foto (blog.bufferapp.com/instagram-analytics)

 

Konten diproduksi bukan berdasarkan performance (followers) demographics, melainkan dari insting” kreator saja

Insting kreator berpengalaman memang tidak ada duanya. Namun, hal itu tidak bisa dijadikan sebagai panduan utama”. Setidaknya soal Instagram platform.

Instagram merupakan social media platform yang tumbuh dan berkembang menyesuaikan perilaku audience-nya. Alhasil, frekuensi perubahan di dalamnya amat tinggi. Pengalaman para kreator berperan dari sisi kontennya saja, bukan pemahaman pada platform Instagram juga.

Penggunaan Instagram for business harus berpedoman pada perilaku follower akun masing-masing. Antara satu akun bisnis dengan bisnis lainnya pasti memiliki perbedaan karakter follower. Misal saja seperti ini:

Ilustrasi Instagram post yang difavoritkan oleh follower (blog.bufferapp.com/instagram-analytics)

 

Itulah kenapa, meski memiliki kreator konten yang berpengalaman, Anda tetap harus membekali diri dengan kemampuan monitoring follower behavior. Fitur ini akan membantu bisnis lebih efektif dalam proses produksi konten pemasaran.

 

Call to actions sama sekali tidak menarik. Padahal, potensi untuk mengubahnya agar semakin atraktif terbuka lebar

Instagram hanya menyediakan satu wilayah” untuk memasang call to actions, yaitu di bagian bio.

Keberadaan call to actions akan lebih bermakna bila Anda bisa mengoptimalkannya dengan baik. Caranya:

  • Perbaharui alamat url sesering mungkin (minimal seminggu sekali)
  • Cantumkan reminder” bagi follower untuk melihat bagian bio
  • Sesekali, unggah foto atau image yang berkaitan dengan fitur call to action tersebut
  • Buat url yang menarik dan menunjukkan bahwa itu milik bisnis Anda (misalnya, domain bisnis di bagian depan atau di bagian belakang)

Supaya hasil lebih maksimal, cobalah untuk memakai https://bitly.com. Situs ini memungkinkan setiap orang untuk mengubah url situs sesuai keinginan. Semakin baik optimalisasi CTA di bio, semakin besar peluang peningkatan trafik situs bisnis Anda.

BACA JUGA: Social Media Analytics: 4 Metrik Penentu Keberhasilan Instagram Marketing

 

 

Source:

https://blog.bufferapp.com/instagram-analytics#act-on-instagram-insights

https://web.facebook.com/business/help/1533933820244654?_rdc=1&_rdr

Image: https://pixabay.com

In this article

Join the Conversation