[Case Study] Mencontoh Evernote dalam Memulai dan Meraup Keuntungan dari Customer

Evernote sama seperti bisnis online Anda. Ia ingin menggapai banyak calon customer dan mengubah beberapa persen di antaranya sebagai pelanggan berbayar. Nyatanya, untuk menjadi seperti ini butuh waktu...

848 0
848 0
Mencontoh Evernote

Evernote sama seperti bisnis online Anda. Ia ingin menggapai banyak calon customer dan mengubah beberapa persen di antaranya sebagai pelanggan berbayar. Nyatanya, untuk menjadi seperti ini butuh waktu panjang.

Tidak lupa, taktik khusus pun dipergunakan.

Pemilihan model freemium perlu mempertimbangkan beberapa fakta data. Menurut blogtalkradio.com/lykkenonlending, model freemium memperoleh:

  • respons positif dari pengguna. Dimana 100% customer tertarik untuk menjadi pengguna produk atau service tersebut
  • sebanyak 42% dari seluruh pengguna cenderung mau berlanggan paid membership
  • persentase conversation rate meningkat sebanyak 20% dari sebelumnya

Fakta-fakta ini sangat menarik bagi pelaku startup digital. Alhasil, banyak di antara para pegiat startup digital meramu bisnisnya memakai model ini. Sayangnya, riset soal model freemium tergolong dangkal. Banyak di antara penggunanya masih belum sadar bahwa model freemium adalah perjudian.

Perbedaan revenue freemium game & paid game di App Store (psychguides.com/interact/the-psychology-of-freemium)

 

Sangat tidak mudah untuk membiasakan customer dari tanpa” membayar menjadi mau” membayar. Oleh sebab itu, jangan sesekali memberikan penawaran tidak berbayar” bagi customer untuk menikmati fitur utama produk atau layanan Anda. Apabila tidak, maka nasib tak menyenangkan akan dialami.

Sebagai contoh, lihat WhatsApp. Bisnis digital yang sudah diakuisisi Facebook ini memiliki:

  • 1 miliar pengguna bulanan
  • 42 miliar pesan terkirim setiap hari
  • 1,6 miliar foto dibagikan
  • 1 miliar grup tercipta
  • 250 juta video diunggah di dalamnya

Namun apa daya. Mereka tetap tak tega” menarik sepeserpun uang dari penggunanya. Nasib seperti ini, sebenarnya, sudah pasti akan terjadi. Selain WhatsApp, ada banyak bisnis online yang mendapati kondisi “the penny gap” ini. Oleh sebab itu, cobalah belajar mengenai model freemium dari Evernote.

 

Gunakan model freemium untuk memberi kompensasi kebutuhan lain di dalam bisnis

Pemberian subsidi kepada customer perlu memperhitungkan sumber daya di dalam internal perusahaan. Jangan hanya karena ingin kebanjiran pelanggan, Anda mengubur diri sendiri dalam jurang kerugian.

Evernote memanfaatkan model freemium untuk mengurangi biaya akusisi pelanggan. Ia memakai fitur evernote.com/referral/Login.action. Fitur ini memungkinan pelanggannya menjadi agen pemasaran” Evernote, secara tidak langsung. Supaya customer lebih tertarik, Evernote mengganjar agen pemasarannya” tersebut dengan…

Pemasaran model referal Evernote (evernote.com/referral/Login.action)

 

Jangan mengambil market yang kecil. Model freemium hanya untuk market bervolume besar

Market yang kecil akan menyulitkanmu untuk memperoleh keuntungan. Setidaknya, Anda butuh 1 miliar customer agar bisa mendapat 1 juta pelanggan berbayar di setiap bulan. Cara seperti demikian dipakai oleh Evernote.

Pertumbuhan pengguna Evernote (fastcompany.com/1659121/evernote-ceo-phil-libins-3-steps-freemium-success)

 

Jumlah pengguna dari waktu ke waktu (saat awal dirilis) memang terus menurun. Anda tidak perlu panik soal itu. Evernote mengalami penurunan drastis dari bulan pertama, keenam, hingga 2 tahun berikutnya.

Persentase pengguna evernote dari freemium ke premium (fastcompany.com/1659121/evernote-ceo-phil-libins-3-steps-freemium-success)

 

Kualitas produk berjenjang akan menjadi pintu masuk bagi customer untuk mencoba layanan premium

Seperti ucapan saya di paragraf awal tadi, jangan sesekali menawarkan fitur utama dengan model freemium.

Awalnya, Evernote memang tampak” seperti demikian. Yang notebene, Evernote merupakan perusahaan cloud note atau catat-mencatat berbasis cloud internet. Penggunanya bisa mencatat apa pun hal penting atau ide yang sering mendadak muncul. Apabila sudah terseimpan di Evernote, seluruh catatan tersebut bisa diakses melalui beragam device user (desktop, laptop, tablet, hingga smartphone).

Perbandingan fitur pada layanan premium Evernote (evernote.com/get-started)

 

Fitur layanan berjenjang ini efektif mengubah pelanggan freemium ke premium dengan hasil seperti ini:

Keuntungan Evernote dibanding biaya “perawatan” perusahaan (evernote.com/get-started)

BACA JUGA: Strategi Freemium Membantu Bisnis Baru Menjadi Penguasa Market. Tapi….

 

 

Source:

http://techbeasts.com/best-catchy-cool-whatsapp-group-names-family-friends/

https://www.fastcompany.com/1659121/evernote-ceo-phil-libins-3-steps-freemium-success

Evernote.com

In this article

Join the Conversation