Kenapa Youtube Presence Amat Penting bagi Pengusaha Online?

Sesudah mengoptimalkan media sosial Instagram dan Facebook, apakah terpikir soal Youtube? Situs streaming video dengan jumlah pengguna dan visitor bulanan terbesar ini amat sayang kalau dilupakan. Youtube, sejak...

437 0
437 0
Mengapa Youtube Presence Penting

Sesudah mengoptimalkan media sosial Instagram dan Facebook, apakah terpikir soal Youtube?

Situs streaming video dengan jumlah pengguna dan visitor bulanan terbesar ini amat sayang kalau dilupakan. Youtube, sejak muncul di tahun 2005, merupakan platform dengan penetrasi pengguna yang cukup tinggi. Apalagi setelah dibeli oleh Google di tahun 2006, Youtube tumbuh menjadi platform yang…

  • Memiliki 1 miliar pengunjung per bulan
  • 1 dari 2 pengguna Internet pasti merupakan pengunjung Youtube
  • Setiap 1 menit terdapat 100 jam video yang diunggah di dalamnya
  • Setiap bulan ada 6 juta jam video yang dikonsumsi oleh pengunjung Youtube

Selain itu, ada fakta lain kenapa Youtube sangat sayang bila tidak masuk ke dalam list channel digital marketing, salah satunya ini:

Data statistik pengguna Youtube (tarproductions.com)

 

BACA JUGA: Cara Menjadikan YouTube sebagai Video Marketing Brand

 

Platform bagi advertising yang optimal untuk memenuhi kebutuhan pemasaran digital

Dibanding dengan media sosial, Youtube dianggap lebih berpihak kepada para pengiklan digital. Salah satu alasannya terkait daya jangkau platform.

Youtube memiliki karakter demografi pengguna berusia 18-34 tahun. Selain itu, fitur-fitur di dalamnya memungkinkan setiap pengiklan mengetahui:

  • perilaku audience
  • karakter setiap audience
  • informasi spesifik soal leads dan intelligent campaigns

Akibatnya, kondisi ini mengakibatkan setiap content marketing (yang berupa video streaming) berpotensi diterima oleh audience dengan tangan terbuka”.

Selain itu, dampak dari karakter Youtube yang seperti demikian menimbulkan beragam benefit soal video ads, yaitu:

  • See contextual user intent. Apabila audience sedang menyaksikan video tentang makeup tutorial, maka mereka akan melihat video ads mengenai produk atau service soal facial skincare.
  • Serve ads based on online behavior. seluruh iklan akan dieksekusi berdasarkan history dan cookies browser audienve. Apabila si audience membuka konten mengenai skincare sebelumnya, maka seluruh iklan yang terkait hal tersebut akan ditampilkan ke audience.
  • Choose specific ad placements. fitur ini memungkinkan pengiklan menempatkan video ads di video Youtube tertentu. Misalnya, video ads hanya ditampilkan pada video Youtube berjudul Avon vs. Aveeno”.
  • Basic demographic & geographic information. Setiap video ads akan tampil menyesuaikan letak geografis dan demografis yang dipilih.

 

Karakter penggunanya memungkinkan setiap content marketing tepat sasaran

Selain karakter yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada satu lagi fakta soal Youtube yang tak boleh diabaikan, yaitu…

 

Dampak dari data ini akan berpengaruh besar terhada setiap video ads yang Anda produksi. Setidaknya, fakta ini akan mengakibatkan:

Pengiklan memperoleh atensi audience yang lebih besar. Berdasarkan karekternya, antara pengguna smartphone (mobile device) dan dekstop amat berbeda jauh. Pengguna dekstop cenderung sulit diarahkan untuk memperhatikan” satu konten saja. Mereka lebih suka membuka jendela briwser baru saat berselancar di internet. Alhasil, atensi mereka terhadap konten sangat rendah.

Berbeda dengan pengguna mobile device. Atensi mereka terhadap setiap konten akan stagnan pada beberapa konten saja (maksimal 3 jendela konten). Misalnya ketika ia mengonsumsi video streaming, maka kecenderungan mereka untuk menyaksikan video tersebut hingga selesai amat tinggi.

Potensi produksi high quality content sangat tinggi. Meski potensi video sangat menguntungkan seperti ini, perihal kualitas video pun tetap harus ditingkatkan. Apalagi bila ingin menjadikan video sebagai content marketing. Maka, kualitas video harus ditingkatkan. Entah dari sisi substansi, durasi, hingga eksekusinya. Semua harus dipoles sekreatif mungkin sehingga konten iklan” mampu menarik atensi dari audience.

 

 

Source:

https://tarproductions.com/why-all-companies-need-a-successful-youtube-presence/

https://www.mushroomnetworks.com

In this article

Join the Conversation