Strategi Freemium Membantu Bisnis Baru Menjadi Penguasa Market. Tapi….

Bisnis online butuh sentuhan khusus supaya memperoleh respons audience yang cepat. Jikalau Anda masih menawarkan produk dengan cara “kuno”, kemungkinan besar tawaran tersebut akan ditolak oleh audience.  Proses...

366 0
366 0
Strategi Freemium

Bisnis online butuh sentuhan khusus supaya memperoleh respons audience yang cepat. Jikalau Anda masih menawarkan produk dengan cara kuno”, kemungkinan besar tawaran tersebut akan ditolak oleh audience

Proses menjadikan audience menjadi customer memerlukan upaya khusus”. Karena sedang berada di wilayah bisnis online, pakai lah cara penawaran yang lebih halus”. Salah satunya dari sisi harga”. 

 

The Psychology of Free: Alasan kenapa customer lebih tertarik pada produk berlabel gratis”

Label gratis” merupakan opsi paling cepat untuk menarik minat audience. Alasannya, audience merasa bahwa kesempatan tersebut tidak merugikannya. 

Audience hanya perlu melakukan tindakan sederhana (mendaftar, menyebarkan link, klik tombol unduh, dst). Lantas, mereka pun memperoleh sesuatu” secara cuma-cuma. Dari sudut pandang ini, label gratis” merupakan trigger bagi audience untuk berbuat sesuatu. 

Sayangnya, trigger” tersebut akan hilang seketika ketika label gratis” dihilangkan. Dampaknya, audience pun cenderung enggan untuk membeli” sesuatu itu. 

Ilustrasi teknik freemium yang ideal (bluesodapromo.com/blog)

 

BACA JUGA: Freemium: Kumpulan Instagram for WordPress Sebagai Sumber Trafik Baru Situs

Tantangan seperti ini, mau tidak mau, harus dihadapi oleh pebisnis yang tertarik memakai teknik freemium. Bagian tersulitnya yaitu:

Bagaimana cara membuat pelanggan mau membayar produk atau service Anda?

Supaya teknik freemium tidak menjebloskan” bisnis ke dalam jurang ketidaksuksesan, maka diperlukan beberapa tips tambahan soal teknik satu ini, diantaranya…

 

Freemium perlu diterapkan bersamaan dengan beberapa strategi pelengkap

Freemium memang cukup cepat untuk menambah jumlah customer produk atau servis. Sayangnya hal tersebut akan berimbas negatif bagi bisnis di masa depan, apabila dalam praktiknya tidak menyertakan strategi tertentu”.

Risikonya tidak main-main. Bisnis akan kehilangan dana marketing” hanya untuk mentraktir” setiap customer baru. Supaya tidak berakhir seperti demikian, pastikan untuk…

Ekspektasi bisnis dalam sebulan. Apabila ingin memperoleh 100 juta dalam sebulan, maka Freemium sama sekali tidak cocok. Lebih baik buat produk atau layanan sebaik mungkin” lalu tawarkan ke customer. Sebaliknya, Freemium cocok dipergunakan oleh pebisnis yang ingin menguasai market dalam waktu singkat. 

Karena tak berbayar, ketahui cara lain untuk menghasilkan uang”. Bagaimanapun, uang sangat diperlukan bagi pebisnis. Apabila terus-menerus membakar” uang seperti ini, bisnis akan mandek” di tengah jalan. Ambil contoh Dropbox. Ia mengalokasikan dana marketing” untuk mensubsidi customer baru. Selain itu, strategi affiliate mereka pun cukup efektif untuk menghemat dana pemasaran digital yang semakin mahal. Atau bisa pula meniru Pandora. Ketiganya memperoleh keuntungan dari iklan” pihak ketiga dan request data” tambahan dari customer

Sampai kapan akan memberi customer subsidi? Sejak awal menggunakannya, usahakan mengetahui dengan jelas, Kapan freemium perlu dihentikan dan berapa bujet untuk merealisasikan strategi tersebut?”. Setiap keputusan akan disertai dengan risiko. Cobalah mencari jalan keluar untuk mengatasi risiko dan merealisasikan strategi yang sudah dipilih. 

Ukur seberapa luas market produk. Menurut CEO Evernote, Phil Libin: Jangkaulah 1 miliar audience supaya memperoleh 1 juta customer“. Di awal penerapan, ketahui secara jelas seberapa besar market bisnis Anda. Guna memperbesar peluang customer yang mau membayar, pastikan daya jangkau strategi Freemium minimal 1000x dari target customer Anda.

Perjalanan Evernote dari Feb 2008 hingga Januari 2010 (fastcompany.com/1659121)

 

Supaya penting“, produk memerlukan suatu nilai”. Dibutuhkan nilai” tertentu agar Freemium mampu menjangkau market yang luas. Berdasarkan esensinya, teknik Freemium memiliki tiga nilai yaitu lekat, tambahan, dan tanpa nilai. Masing-masing nilai memiliki makna…

  • Lekat. Antara satu customer dengan customer baru harus menggunakan produk” Anda. Apabila tidak, kedua customer tidak bisa terhubung. Misalnya, Skype.
  • Tambahan. Penggunaan produk oleh satu customer saja tidak akan bermakna” apa-apa. Alhasil, mau tidak mau ia butuh customer lain supaya aktivitasnya menguntungkan. Misalnya, LinkedIn.
  • Tanpa nilai. Saat menggunakan sebuah produk, customer tidak merasa bermasalah saat memakainya sendiri. Atau, tidak memperoleh keuntungan dari produk yang ia gunakan. Yang terpenting baginya, produk tersebut sangat luar biasa mengesankan!” 

 

 

 

Source:

https://techcrunch.com/2011/09/04/complete-guide-freemium/

In this article

Join the Conversation