Menghitung ROI pada Social Media Marketing Strategy

Penerapan social media marketing membutuhkan bukti efektivitas. Bukan cuma jumlah like, comment, atau bahkan shareable saja.  Perhitungan efektivitas yang dimaksud kali ini mempertimbangkan: Profit Total investment (people hours,...

1332 0
1332 0
ROI Social Media Marketing

Penerapan social media marketing membutuhkan bukti efektivitas. Bukan cuma jumlah like, comment, atau bahkan shareable saja. 

  • Perhitungan efektivitas yang dimaksud kali ini mempertimbangkan:
  • Profit
  • Total investment (people hours, ad budget, etc.)

Perhitungan seperti demikian disebut sebagai ROI atau Return on Investment. ROI merupakan jumlah semua aktivitas digital marketing di media sosial yang memiliki nilai tertentu. Intinya, setelah mengeluarkan dana, upaya, dan waktu untuk social media campaign, apa yang sudah bisnis Anda peroleh?

 

Menghitung ROI Social Media Marketing dengan Rumus Sederhana

Perhitungan ROI sangat sederhana. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menemukan persentase ROI dengan cara:

Rumus ROI social media campaign

 

Perhitungannya, apabila Anda memperoleh revenue sebesar 100 juta dari media sosial dan modal untuk melaksanakan social media campaign sebesar 40 juta, maka keuntungan yang diperoleh sebesar 60 juta. 

Ingat, rumus menemukan profit yaitu: revenue investment. 

Apabila sudah ditemukan angka-angka tersebut, maka tinggal dimasukkan saja. 60 juta profit: 40 juta investment x 100 = 100%.

 

ROI Media Sosial Terkadang Tidak Selalu Berupa Uang dan Angka

ROI kampanye media sosial tidak selalu berhubungan langsung dengan keuntungan bagi perusahaan. Tidak ada kewajiban nilai ROI berdasarkan jumlah uang. 

Uang, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hanya menjadi salah satu contoh penerapan analisis hasil kampanye. Bisa jadi, Anda menggunakan media sebagai brand awareness atau social media engagement. Alhasil, perhitungannya pun akan sedikit bergeser. 

Apabila media sosial difungsikan sedemikian rupa, maka metrik yang dipergunakan pun akan berusaha menghitung seberapa besar optimal social media marketing terhadap perilaku para customer

Yang terpenting dalam proses perhitungan ini, Anda perlu mempertimbangkan aspek:

  • tenaga kerja
  • pelatihan pekerja
  • Pengembangan
  • Platfrom media sosial yang dipakai
  • Agen dan konsultan
  • Anggaran periklanan media sosial
  • peluang bisnis (besaran market)

Semua aspek ini diperlukan untuk memantau segala tindakan digital marketing campaign. Apakah ia sudah sesuai atau sedang melenceng dari target ROI yang diharapkan?

 

Diperlukan Social Media Objectives Saat Menggunakan ROI

Tujuan dari perhitungan ROI, khususnya di media sosial, harus melalui pertimbangan tertentu. Proses pertimbangan ini akan berpengaruh pada metrik-metrik yang dipakai dan kapan perlu melakukan review.

BACA JUGA: Kenapa Social Media ROI Sangat Penting untuk Social Media for Business?

 

Misalnya, apabila Anda menggunakan ROI untuk menghasilkan brand awareness calon customer, maka metrik yang perlu dimasukkan yaitu:

  • suka, 
  • berbagi, 
  • atau retweet. 

Ketiga angka tersebut sangat berharga dan penting untuk diketahui. Namun, hal itu saja ternyata belum cukup. Supaya pengaruh social media campaign lebih berpengaruh pada perusahaan secara langsung, maka diperlukan metrik yang menghubungkan ketiga angka sebelumnya dengan upaya dari tim marketing atau departemen pemasaran Anda. 

Misalnya, penggunaan media sosial campaign untuk:

  • Konversi bisnis (seperti akuisisi pelanggan atau mengukur prospek market)
  • Kesadaran atau persepsi merek
  • Pengalaman pelanggan
  • Keamanan dan mitigasi risiko

Penentuan tujuan akan menambah jumlah metrik. Misalnya, untuk mengetahui konversi bisnis maka diperlukan metrik demografi audience.

Sebagai tambahan, Anda pun memerlukan beberapa metrik sebagai pelengkap ROI berikut ini yaitu:

  • Angka reach konten
  • Keterlibatan pemirsa
  • Lalu lintas situs atau trafik
  • Leads generated
  • Pendaftaran dan konversi
  • Pendapatan yang dihasilkan

Tidak semua metrik tersebut diperlukan. Metrik mana yang dipakai menyesuaikan dengan kebutuhan (tujuan social media marketing). Semakin kompleks tujuan yang ingin dicapai, semakin banyak pula metrik yang diperlukan. 

Selanjutnya, metrik tersebut akan diintegrasikan dengan metrik basic sebelumnya (like share, dan retweet, dst). Bahkan, bisa jadi basic metrik tadi diperlukan lagi apabila kondisi memungkinkan hal tersebut.

 

 

 

Source:

https://pixabay.com/

https://blog.hootsuite.com/measure-social-media-roi-business/#whatis

In this article

Join the Conversation