Google Local Business: Taktik SEO untuk Bisnis Lokal

Anda pelaku bisnis lokal? Merasa mesin pencari tak berpihak kepada Anda? Ternyata, bukan cuma Anda. Sebagian besar pelaku bisnis lokal menghadapi fenomena tersebut. Siapakah pelaku bisnis lokal? Yaitu…...

509 0
509 0
Taktik SEO untuk Bisnis Lokal

Anda pelaku bisnis lokal? Merasa mesin pencari tak berpihak kepada Anda? Ternyata, bukan cuma Anda. Sebagian besar pelaku bisnis lokal menghadapi fenomena tersebut.

Siapakah pelaku bisnis lokal? Yaitu…

… pebisnis yang target market berupa masyarakat sekitar. Misalnya, cafe shop, barber shop, car wash, dan bidang bisnis placement lainnya. Tentu, bisnis dengan konsep demikian fokus pada penduduk sekitar”. Setiap strategi pemasaran ditujukan supaya calon customer mau berkunjung ke lokasi bisnis tersebut.

Sayangnya, digital marketing saat ini seringkali mengabaikan bisnis tersebut. Padahal, potensinya cukup besar. Berdasarkan situs merdeka.com diketahui bahwa..

Pertumbuhan cafe di Indonesia (merdeka.com)

 

Kondisi tersebut diperkirakan akan mengalami pertumbuhan, mengingat animo kawula muda untuk nongkrong sangat tinggi. Bercengkrama di cafe shop adalah hal biasa. Bahkan, tidak jarang para pekerja pun menyelesaikan tugasnya di tempat seperti demikian.

Oleh sebab itu, potensi yang seperti demikian wajib ditangkap digital advertising strategy. Caranya?

 

Memasang Local Pack

Bagian ini terdiri tiga komponen: google business, NAP, dan footer placement.

Pertama, dimulai dari Google business. Sudah tahu? Supaya mudah, lihat ini:

Contoh google business (Ideoworks.id)

 

Google Business merupakan fitur Google yang memudahkan seseorang melihat informasi terkait sebuah bisnis. Informasi yang dimaksud meliputi: alamat, nomor telepon, email, jam kerja, hingga review dari para pengunjung bisnis tersebut.

Anda bisa mendaftarkan bisnis melalui https://www.google.co.id/intl/id/business. Silakan lengkapi informasi bisnis. Sebagai verifikasi, pihak Google akan mengirimkan surat yang berisi kode tertentu.

Kedua, NAP. NAP merupakan singkatan dari Name, Address, Phone. Namun, ada sedikit perbedaan. Informasi untuk NAP ini lebih detail dibanding yang tertera di Google business. Sekurang-kurangnya seperti demikian:

Sampel Beyond NAP (frontstreetmedia.com)

 

Ketiga. Footer. Yap, elemen ini sering diabaikan oleh internet marketer. Padahal, sangat penting sekali untuk meningkatkan kunjungan calon customer. Makna kunjungan ini yaitu berjalan melangkah ke lokasi bisnis. Bukan sekedar melihat laman bisnis-nya saja.

Usahakan bagian footer mengungkap keberadaan bisnis. Misalnya seperti ini:

Informasi detail perihal bisnis di Footer (autospajakarta.com)

 

Akan lebih maksimal lagi bila disertai dengan button yang mengarahkan calon customer menggunakan maps (yang sudah diatur ke alamat bisnis Anda). Selain tidak merepotkan” bagi calon customer, cara ini akan membantu customer untuk memperkirakan jarak antara posisinya (saat ini) dengan alamat bisnis.

 

Beralih ke Situs Mobile-Friendly

Masih ingat artikel saya soal bio instagram? Nah, tips tersebut sangat powerful digunakan untuk bisnis placement seperti demikian.

Kalaupun ingin membuat situs atau landing page, usahakan situs tersebut berbasis mobile friendly. Alasannya cukup mendasar. Sangat kecil kemungkinan calon customer mencari informasi soal tempat tongkrongan atau makan melalui laptop.

Persentase pencarian local search di smartphone (business2community.com)

 

Apabila muncul pertanyaan lebih nyaman mana?” Apa jawaban Anda?

  1. Mencari cafe shop, mencatat alamatnya, lalu mencarinya di maps, selanjutnya mengikuti arahan dari posisi Anda ke lokasi cofe shop. 
  2. Mencari cafe shop lalu diarahkan ke lokasi.

Opsi tersebut menggambarkan perbedaan ketika menggunakan smartphone dan laptop untuk mencari local business. Opsi pertama adalah laptop, sedangkan opsi kedua yaitu smartphone.

Oleh sebab itu, usahakan membuat situs (landing page, blog, atau e-commerce) yang mobile friendly. Upaya untuk mengubah calon customer menjadi buyer membutuhkan tarikan spesial”. Dan, taktik ini adalah salh satu dari bagian tersebut.

BACA JUGA: Pedoman SEO 2017: Google Bukan Satu-Satunya Sumber Trafik Potensial

 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation