Kenapa Engagement Email “Selamat Datang” Perlu Ditingkatkan?

Email “welcome” menjadi ucapan selamat datang pada bisnis online. Fungsinya bukan hanya sebagai pelengkap. Lebih dari itu, email “welcome” ditengarai mampu meningkatkan engagement subscriber email secara natural.  Bermula...

435 0
435 0

Email welcome” menjadi ucapan selamat datang pada bisnis online. Fungsinya bukan hanya sebagai pelengkap. Lebih dari itu, email welcome” ditengarai mampu meningkatkan engagement subscriber email secara natural. 

Bermula dari email ucapan selamat datang”, masa depan hubungan Anda & customer dipertaruhkan. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis mengoptimalkan email ini dengan baik. 

Ketidakpedulian pada email selamat datang” adalah sebuah kesalahan. Berdasarkan survey, sebanyak 74% subscriber email berharap memperoleh sesuatu yang spesial” ketika dia berlangganan pada email newsletter Anda. 

74% subscriber berharap memperoleh sesuatu yang spesial ketika pertama kali mendaftar (bluehornet.com)

 

Apa Spesialnya Email “Welcome”? 

Ketidaktahuan mengenai betapa spesialnya email selamat datang” membuat para pelaku bisnis online cenderung abai. Kondisi ini diperburuk lagi oleh pengelolaan email newsletter yang seadanya. Sehingga, customer yang terbukti” tertarik pada produk atau service Anda pun malah dibiarkan begitu saja. Padahal, mereka sudah menyempatkan waktu untuk mendaftarkan diri di email newsletter. 

So, apa nilai spesial dari email welcome” ini? Jawabannya:

  • 45 persen pelanggan cenderung membeli produk beberapa saat setelah ia mendaftar (kurun waktu 24 jam pertama).
  • Customer lebih merespon positif (dan mau menyimak) email welcome” dibanding email pemasaran lainnya.
  • Email welcome” memiliki nilai open rate 4 kali & click-through rate 5 kali dibanding email pemasaran standar.
  • Pelanggan membaca 40% lebih banyak email pemasaran (yang ia subscribe) dibanding email pemasaran lain (yang tidak ia kenal) selama 180 hari berikutnya. 

So, apakah Anda akan tetap abai terhadap email selamat datang?

 

Kenapa Bisnis Online Butuh Optimalisasi Email Welcome”?

Berbeda dengan sebelumnya. Di bagian ini, penjelasan lebih condong menerangkan“bagaimana memanfaatkan email selamat datang demi meningkatkan pertumbuhan bisnis”. 

Email selamat datang adalah first meeting” pertama Anda dengan customer. Sehingga, sesuatu” yang spesial perlu ditunjukkan supaya mereka terkesan. Optimalisasi email selamat datang” ini diperlukan juga untuk membantu customer:

  • supaya tahu apa yang perlu ia lakukan setelah mendaftar sebagai subscriber
  • lebih memahami manfaat produk atau service Anda baginya
  • mengenal siapa dan bagaimana cara Anda menyelesaikan permasalahannya

Selain ketiga hal tersebut, email welcome” nyatanya dibutuhkan oleh pelaku bisnis online untuk….

Mengetahui kemampuan calon customer. Email welcome” menjadi filter pertama untuk mengetahui apakah calon customer mau dan/atau mampu membeli produk Anda”. Ujung dari digital campaign yaitu mengubah audience menjadi calon customer, lalu mengonversinya menjadi customer. Dan, email welcome” menjadi filter” alami untuk memisahkan mana calon customer yang potensial dan tidak.

Informasi detail customer. Sebuah bisnis butuh informasi sedetail mungkin soal calon customer-nya. Setidaknya, Anda harus memperoleh info demographics dan psychographic customer. Optimalisasi email welcome” akan membantu Anda untuk memperoleh informasi tersebut dengan lebih mudah. 

Memperkuat posisi produk/service. Terkadang, calon customer tidak mengetahui secara pasti apa masalah dan bagaimana menyelesaikan masalanya. Bisa jadi, ia mendaftar di email newsletter Anda karenan ajakan kawan atau sekedar mengejar diskon. Oleh sebab itu, email welcome” akan membantu Anda untuk mengingatkan customer akan masalah yang mereka hadapi. Dan, menegaskan bahwa produk atau service Anda mampu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Adapun bentuk email welcome” yang bisa diterapkan yaitu:

  • Ucapan terima kasih telah menjadi subscriber 
  • Verifikasi alamat email
  • Mendorong subscriber untuk membeli atau melihat produk
  • Ucapan selamat datang 
  • Preview singkat keunggulan bisnis Anda dibanding kompetitor

BACA JUGA: Pengaruh Email Marketing untuk Meningkatkan Penghasilan Usaha Kecil Menengah

 

 

Source: 1, 2

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation