Facebook Audience Optimization: Upaya Memperoleh Organic Exposure yang Lebih Baik

Facebook page merupakan bagian dari fitur Facebook, yang notabene gencar dipakai oleh kalangan pebisnis online. Tercatat, sebanyak 65 juta pelaku bisnis memakainya untuk memperluas daya jangkau bisnis. Berdasar...

236 0
236 0
Facebook Audience Optimization

Facebook page merupakan bagian dari fitur Facebook, yang notabene gencar dipakai oleh kalangan pebisnis online. Tercatat, sebanyak 65 juta pelaku bisnis memakainya untuk memperluas daya jangkau bisnis. Berdasar persentase, daya jangkau Facebook page mencapai 2% dari total populasi Facebook user.

Kuantitas pengguna yang meningkat mendorong jumlah unggahan post Facebook pun ikut menanjak. Angkanya cukup besar. Di setiap hari, muncul 72 juta post Facebook page baru. Oleh sebab itu, setiap post Facebook page perlu didesain sedemikian rupa supaya mampu berbicara” kepada audience

Terkait hal di atas, berikut ini tips bagaimana memperoleh organic exposure yang lebih baik memakai Facebook audience optimization:

 

Aktifkan Fitur Audience Optimization

Supaya lebih banyak memperoleh organic audience, aktifkan organic post target. Fitur ini dapat ditemukan saat akan mengunggah content di Facebook. 

Cara menemukan fitur ini cukup sederhana. Silahkan klik Write Something”, lalu sorot ikon targeting seperti di bawah ini:

The targeting icon on Facebook post (socialmediaexaminer.com)

 

Apabila ikon tersebut tidak muncul di dalam post baru, berarti fitur tersebut belum diaktifkan. Silahkan beralih ke Settings tab. Lalu, ikuti seperti image di bawah ini:

Pengaturan the targeting icon on Facebook post (socialmediaexaminer.com)

 

Selanjutnya, lakukan ceklist pada allow you to select a preferred audience……..”.  Apabila sudah, jangan lupa menekan save changes.

Pengaturan the targeting on Facebook post (socialmediaexaminer.com)

 

Pengaturan seperti demikian membantu konten untuk mudah ditemukan oleh target Anda (sesuai lokasinya). Selain itu, substansi konten bisa dibuat lebih mengena” karena audience sudah tertarget lebih dulu. 

 

Terapkan Audience Optimization

Apabila fitur sudah aktif, maka tinggal menggunakannya. 

Fitur post targeting ini merupakan hal menyenangkan” bagi marketer. Setiap mengunggah post, Anda bisa mengatur berdasarkan:

  • Usia audience
  • Jenis kelamin
  • Topik yang menarik baginya
  • Lokasi dan bahasa

Fitur seperti ini membantu unggahan menjadi lebih tertarget dengan baik. Dan, potensi diterima oleh audience yang tepat pun sangat tinggi. 

Nah, cara untuk mengatur setiap postingan dengan post targeting ini yaitu:

Preferred Audience. Di bagian ini, Anda perlu mengatur topik interest” bagi audience. Oh iya, sebelumnya silahkan klik write something” atau buat post. Selanjutnya, klik ikon target seperti sebelumnya. Maka muncul screen seperti di bawah. Masukkan interest” yang relevan dengan topik post atau audience Anda. 

Pengaturan preferred audience di Facebook (socialmediaexaminer.com)

 

Audience restricts. Silakan klik menu di bagian kanan preferred audience. Kolom ini akan menyediakan 4 opsi yang perlu diset yaitu usia, jenis kelamin, lokasi, dan bahasa. Sesuaikan pilihan sesuai dengan target audience

Pengaturan audience audience di Facebook (socialmediaexaminer.com)

 

Setelah proses pengaturan sudah usai, jangan lupa menekan save”. Sekarang, pengaturan post Facebook sudah siap. Anda akan dikembalikan ke screen write post”. Tampilan dari screen new post” pun akan berbeda dengan sebelumnya. 

Tampilan “write new post” setelah pengaturan post trageting di Facebook (socialmediaexaminer.com)

 

Ketahui Jumlah Insights dan Engagement

Proses pengaturan tidak akan berperan lebih baik, apabila tidak bisa di analisis hasilnya. 

Oleh sebab itu, penting pula mengetahui sebarapa tangguh” postingan Anda di hadapan audience pilihan tadi. Anda pakai fitur Facebook post insight untuk mengetahui jumlah:

  • Komentar,
  • share,
  • like, dan 
  • Klik

Semakin besar jumlah indikator-indikator tersebut menandakan bahwa post Facebook Anda efektif. Meski begitu, jangan terlalu bangga dengan angka besar. Coba cermati apa substansi komentar dari audience. Selain itu, telusuri juga aktivitas apa yang dilakukan audience setelah mengklik URL di Facebook post.

BACA JUGA: Fitur Facebook Marketing Terbaru 2017 yang Diketahui Sedikit Orang

 

 

Source: 1, 2

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation