Social Media Monitoring: Metrik Kesuksesan Instagram Campaign yang Sering Terlupa

Saya sudah membahas perihal metrik untuk memonitor Instagram campaign. Di artikel tersebut, metrik digunakan untuk: Mengukur daya jangkau campaign terhadap audience Memonitor efek digital marketing terhadap target pertumbuhan...

470 0
470 0
Social Media Monitoring Metrik Ig

Saya sudah membahas perihal metrik untuk memonitor Instagram campaign. Di artikel tersebut, metrik digunakan untuk:

  • Mengukur daya jangkau campaign terhadap audience
  • Memonitor efek digital marketing terhadap target pertumbuhan customer potensial

Tentunya, artikel kali akan membahas topik lebih dalam dari kedua hal tersebut. Perilaku audience dan pertumbuhan trafik akibat dari Instagram campaign akan diketahui berkat kedua metrik ini. So, berikut ini penjelasannya:

BACA JUGA: Kumpulan Instagram Statistic Sebagai Dasar Social Media Campaign Bisnis

 

Follower Sentiment

“Like” pada Instagram menandakan bahwa audience (yang me-like) tertarik dengan content tersebut. Namun, apakah itu terpercaya untuk dijadikan metrik? Tentu saja belum. 

“Like” bisa diberi oleh audience secara sengaja atau tidak sengaja. Dan, Anda tidak tahu mana like” yang sengaja atau tidak sengaja. Kenyataannya, memberi like” pada content Instagram cukup mudah. Tap dua kali saja, maka heart” akan menempel di content. 

Metrik follower sentiment ini dipergunakan untuk mengetahui engagementaudience terhadap content. Caranya? Melalui komentar audience. Calon customer yang ter-engage oleh content marketing tidak segan untuk menjawab atau bahkan melempar pertanyaan. Misalnya saja seperti ini:

Contoh audience yang ter-engage oleh content (socialmediaexaminer.com)

 

Pengukuran perilaku audience seperti demikian bisa dimonitoring dengan simplymeasured.com/freebies/instagram-analytics. Tools ini memiliki fitur analisis komentar dan segala metrik lain di Instagram secara komprehensif dan berkala. Hasilnya, Anda dapat mengetahui naik-turunnya komentar atau like secara berkala. 

Hasil monitoring simplymeasured.com (socialmediaexaminer.com)

 

Selain itu, kualitas komentar audience pun bisa diukur menggunakan tools ini. Apabila kata yang dipakai terkait dengan content Anda (pernyataan atau pertanyaan), maka audience memang ter-engage oleh konten Anda. 

Monitoring keyword di kolom komentar Instagram (socialmediaexaminer.com)

 

Jangan lupa, catat semua hasil tersebut dalam spreadsheet supaya mudah untuk dipergunakan di waktu mendatang. 

 

CTR to Referral Traffic

Setelah ter-engage, action apa yang dipilih oleh audience? Apakah bertanya dan ah sudahlah” atau melakukan transaksi (membeli) produk?

Metrik ini yang akan mengukur action dari audience pasca lepas dari content marketing di Instagram tadi. Setiap tindakan click” dari audience, metrik ini akan mencatatnya. Apakah ia akan click” link di bio lalu melakukan transaksi? Atau click” lalu beli. Di sini peran penting dari metrik CTR to Referral Traffic.

Bagaimana cara melakukan hal tersebut?

Pertama. Setting Google UTM parameters. Google UTM Parameter merupakan fitur bawaan dari Google dipakai untuk membuat custom url campaign”. Silakan kunjungi ga-dev-tools.appspot.com/campaign-url-builder. Lengkapi kolom yang tersedia dengan URL situs Anda. 

Screenshoot pengaturan Google UTM parameters

 

Berdasar screen di atas, hasil URL Google UTM Parameter-nya: bisnisbisnis.id?utm_source=Instagram&utm_campaign=InstagramBoost

Kedua. Masukkan link yang bersangkutan ke bio Instagram. Apabila ingin melihat hasilnya, buka Google Analytics lalu ikuti screen di bawah ini:

Panduan melihat hasil Google UTM parameters (socialmediaexaminer.com)

 

Ketiga. Sekarang hitung jumlah click di Google Analytic tersebut dengan jumlah view untuk melihat persentasenya. Pergunakan rumus ini:

Rumus persentase click dari Instagram (socialmediaexaminer.com)

 

Keempat. Hasil perhitungan tersebut masukkan ke dalam spreadsheet secara lengkap dan rapi. 

Laporan Instagram campaign pada spreadsheet (socialmediaexaminer.com)

 

Angka yang dimasukkan bukan hanya hasil persentase perhitungan metrik CTR to Referral Traffic saja, hasil dari metrik Follower Sentiment pun perlu dimasukkan. 

Kedua metrik ini saling terkait sehingga hasilnya sama-sama diperlukan. Bukan hanya itu. Pastikan keempat metrik yang sudah dibagikan saat ini dan sebelumnya dimasukkan ke dalam satu file spreadsheet supaya mudah untuk dipahami.

Selesai. 

BACA JUGA: Mengapa Anda Harus Menggunakan Social Media Monitoring?

 

 

Source: 1, 2

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation