Social Media Analytics: 4 Metrik Penentu Keberhasilan Instagram Marketing

Bingung mengukur keberhasilan Instagram marketing? Di artikel ini, saya akan kupas 4 metrik untuk menentukan “apakah kampanye Anda di Instagram berhasil atau tidak”. Di setiap kampanye, Anda perlu...

671 0
671 0
Instagram Marketing

Bingung mengukur keberhasilan Instagram marketing? Di artikel ini, saya akan kupas 4 metrik untuk menentukan “apakah kampanye Anda di Instagram berhasil atau tidak”.

Di setiap kampanye, Anda perlu mengingat konsep sales funnel. Konsep ini mengajarkan kepada setiap pengiklan bahwa untuk menjadi pembeli, seseorang perlu melewati berbagai “filter alami”.

Diawali perkenalan calon customer dengan produk Anda. Dia tidak lantas membeli produk tersebut. Kecuali, dia memang sudah memiliki “informasi sebelumnya” terkait produk yang sama dengan produk Anda.

Proses step by step calon customer berinteraksi dengan post Instagram hingga jadi pembeli produk tergambar di ilustrasi di bawah ini.

Ilustrasi sales funnel Instagram audience (socialmediaexaminer.com)

 

Keempat metrik yang akan saya jelaskan berikut ini akan mewakili sales funnel di atas. Lebih jelasnya, berikut ini ringkasan metrik yang dimaksud.

 

BACA JUGA: 4 Kesalahan Instagram Marketing yang Membuat Nasib Bisnis Menjadi Genting

 

Conversion Rate

Metrik pertama soal conversion rate.

Seorang yang melihat post Instagram, menekan tombol “like”, dan memutuskan untuk mengikuti Anda merupakan calon customer potensial. Namun, hasil dari semua data tersebut perlu Anda catat dan perhitungkan.

Tujuannya, Anda tahu di mana letak kesalahan sehingga kehilangan potensi yang “terjebak” di dalam akun Instagram. Silakan buat tabel spreadsheet dan lakukan pencatatan sekaligus perhitungan seperti berikut ini:

Detail metrik untuk memperoleh data conversion rate (socialmediaexaminer.com)

 

Berdasarkan penjelasan tabel di atas, kesimpulan pun bisa Anda ilustrasikan dalam bentuk grafis supaya mudah dipahami. Setidaknya, seperti demikian:

Ilustrasi berdasar tabel data conversion rate (socialmediaexaminer.com)

 

Apabila data menunjukkan “hal yang tidak menyenangkan”, maka Anda perlu menyoroti content marketing yang telah dibuat. Silakan dicermati kembali. Apakah content marketing yang sudah diunggah relevan dengan segmen bisnis?

BACA JUGA: Content Marketing Strategy untuk Bisnis Online Food & Beverage

 

Bila Anda bingung bagaimana memperoleh persentase di bagian conversions, silahkan tulis di kolom komentar.

 

Benchmark Growth Goals

Logikanya, semakin apik dan relevan (sesuai segmen bisnis) post Instagram, maka semakin bertambah pula jumlah follower-nya.

Begitu pun dengan akun Instagram bisnis milik Anda.

Metrik kedua ini membahas pertumbuhan follower dari waktu ke waktu. Setiap bulan, jumlah follower dicatat dan dihitung sedemikian rupa sehingga persentase pertumbuhannya dapat diketahui. Supaya memperoleh informasi demikian, diperlukan rumus sederhana, yaitu:

Rumus persentase pertumbuhan follower Instagram (socialmediaexaminer.com)

 

Angka-angka untuk mengisi rumus tersebut dapat diperoleh melalui data jumlah follower dalam sebulan. Sama seperti seperti sebelumnya, data ditulis di dalam spreadsheet dan dibuatlah tabel sesuai kebutuhan. Lihat ini:

Tabel data pertumbuhan follower Instagram (socialmediaexaminer.com)

 

Silakan mengisi angka-angka di dalam kolom-kolom tersebut sesuai dengan kondisi akun media sosial Anda. Lalu, hitung pula berapa persentase pertumbuhan follower dalam sebulan. Apabila sudah, maka hasilnya akan menunjukkan seperti di bawah (hasil perhitungan menyesuaikan jumlah angka yang sebelumnya Anda masukkan):

Persentase pertumbuhan follower Instagram (socialmediaexaminer.com)

 

Tentu Anda masih ingat tulisan saya sebelumnya soal KPI kan? (Lihat Daftar KPI untuk Mengukur Keberhasilan Social Media Campaign). Di dalam artikel tersebut, saya menulis bagaimana membuat “indikator kesuksesan” digital marketing yang ideal.

Nah, hubungan antara KPI dan benchmark growth goals yaitu sebagai:

  • Metrik monitoring social media campaign berdasar KPI (yang sudah dibuat)
  • Re-check keseluruhan content marketing yang dibuat berdasar KPI (yang sudah dibuat)
  • Penanda keberadaan bisnis di tengah persaingan bisnis dengan kompetitor
  • Preview penerimaan audience terhadap produk atau service

Dua metrik selanjutnya bisa disimak di artikel selanjutnya, atau silakan menghubungi saya untuk memperoleh referensi eksklusif mengenai social media analytics ini.

 

 

Source: http://www.socialmediaexaminer.com/how-to-analyze-instagram-marketing-4-metrics-to-consider/

Image: Pexels

In this article

Join the Conversation