Cara Sukses Content Marketing Berkat Algoritma Instagram

Content marketing akan jadi primadona, bila mampu beradaptasi dengan algoritma Instagram. Sayangnya, beberapa waktu lalu mereka sengaja mengubah pola algorirma miliknya sehingga taktik content marketing di masa lalu...

340 0
340 0
Content Marketing_Algortima Instagram

Content marketing akan jadi primadona, bila mampu beradaptasi dengan algoritma Instagram. Sayangnya, beberapa waktu lalu mereka sengaja mengubah pola algorirma miliknya sehingga taktik content marketing di masa lalu menjadi usang.

Berdasarkan algoritma terbarunya tersebut, sekurang-kurangnya terdapat 7 faktor supaya sebuah konten mampu berada di puncak popularitas di Instagram, di antaranya:

  • Engagement 
  • Relevancy
  • Relationships
  • Timeliness
  • Profile searches
  • Direct shares
  • Time spent

Ketujuh faktor tersebut merupakan entry point bagi konten Instagram agar menjadi content marketing yang optimal dan mampu berpengaruh terhadap peningkatan revenue bisnis. So, berikut ini penjelasan ketujuh faktor tersebut.

 

Seberapa Populer Post Anda?

Saat memposting sebuah foto, Instagram akan menampilkannya di halaman feed (follower) untuk menilai respons audience (Instagram user) secara umum. Apabila unggahan memperoleh tanggapan positif dari sampel audience tersebut, Instagram akan menyebarluaskannya ke lebih banyak audience.

Indikator sebuah unggahan dianggap positif meliputi like, comment, video/foto/story view, share (via direct message), save, dan live video view.

Apabila nilai dari semua elemen tersebut (di dalam unggahan) memenuhi persyaratan, Instagram post milik Anda akan didudukkan oleh Instagram di peringkat atas hasil pencarian platform.

 

Genre Kategori yang Relevan

Sebuah Instagram post yang disukai oleh seorang user, maka Instagram akan merekomendasikan unggahan-unggahan lain yang relevan dengan post tersebut. 

Misalnya: seorang user menyukai post Instagram soal traveling, maka Instagram akan memberi” rekomendasi post tentang traveling kepadanya.

Rekomendasi ini berdasarkan genre kategori dari seluruh post instagram yang ada. Setidaknya, Instagram membagi beragam post di platform-nya berdasarkan beberapa kategori, seperti: travel, food, fashion, dan lain-lain.

Instagram pun akan menempatkan post Instagram demikian ke high rank Instagram feed sesuai genre kategorinya. Syaratnya, konten tersebut setidaknya memperoleh skor engagement yang positif dari audience.

 

Frekuensi Interaksi

Seorang user akan disajikan rekomendasi post dari kawannya (akun instagram yang sering berinteraksi dengannya). Beberapa akun akan dianggap oleh Instagram sebagai kawan apabila Anda:

  • Menyukai setiap post Instagram-nya (termasuk stories and live videos)
  • Berkirim direct message secara intens
  • Sering mencarinya melalui fitur search”
  • Men-tagnya di dalam foto atau post

Frekuensi interaksi yang tinggi merupakan indikator kepedulian” sebuah akun terhadap akun lainnya. Artinya, segala situasi atau kondisi yang terjadi pada akun tersebut pasti akan mendapat respons dari Anda atau malah dinantikan oleh Anda.

Alhasil, Instagram pun cenderung menempatkan post-post dari akun berkriteria demikian di peringkat pertama feed audience.

 

Seberapa Baru Post Anda?

Algoritma satu ini cukup unik, dimana seorang user hanya akan disajikan post sesuai dengan rentang waktu kapan ia membuka Instagram apps terakhir kali.

Misalnya, saya membuka Instagram apps pukul 10 pagi dan membukanya kembali di pukul 5 sore. Saat user tersebut membuka post di jam 5 sore, maka user tersebut hanya bisa melihat post-post yang diunggah oleh following-nya pada rentang pukul 10 pagi 5 sore. Ilustrasinya seperti demikian:

Ilustrasi tentang feed post berdasarkan waktu (blog.bufferapp.com)

 

Algoritma ini bekerja dengan anggapan bahwa Anda tidak ingin ketinggalan kabar terbaru” dari para following, konten yang mungkin disukai, serta update dari orang-orang terdekatnya di Instagram.

Prinsip algoritma seperti demikian akan menghemat user supaya tidak melihat berbagai konten yang tidak relevan dan tidak ingin Anda saksikan.

Bagian selanjutnya dari artikel ini yaitu: the accounts you check out often, whose posts you are sharing, dan the duration spent viewing; akan diunggah di bagian selanjutnya.

 

BACA JUGA: Berkenalan dengan Content Marketing Roadmap

 

 

Source: https://blog.hootsuite.com/instagram-captions-drive-engagement/#tools

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation