Menulis Caption Instagram yang Terbukti Meng-engage Follower

Instagram menjadi ladang media pemasaran digital yang semakin ramai.  Kondisi ini ditengarai berkat kemampuan Instagram dalam menumbuhkan user-nya dalam beberapa tahun belakangan. Bila dibandingkan dengan Twitter, Instagram jauh...

824 0
824 0
Menulis Caption Instagram

Instagram menjadi ladang media pemasaran digital yang semakin ramai. 

Kondisi ini ditengarai berkat kemampuan Instagram dalam menumbuhkan user-nya dalam beberapa tahun belakangan.

Bila dibandingkan dengan Twitter, Instagram jauh meninggalkannya. 

Dominasi Instagram atas Twitter dimulai sejak tahun 2017 ini. Semula, Instagram hanya anak baru gede” di ranah social media platform. Namun, hal tersebut berubah drastis. Di tahun ini, 70% perusahaan di Amerika pasti memakai Instagram sebagai media pemasaran.

Persentase penggunaan Instagram oleh perusahaan Amerika (sproutsocial.com)

 

BACA JUGA: 4 Kesalahan Instagram Marketing yang Membuat Nasib Bisnis Menjadi Genting

Media pemasaran digital, sebenarnya, sangat tergantung dengan kondisi target audience-nya. Kebetulan pengguna Instagram merupakan target audience dari berbagai bidang bisnis. Mulai dari kuliner, perjalanan, hingga fesyen. Segala bidang bisnis pun berjibun di Instagram.

Selaras dengan hal tersebut, 54% pengguna Instagram berusia 18 hingga 29 tahun. Artinya, segala bisnis dengan target audience berusia 19-29 tahun pasti akan memanfaatkan Instagram sebagai media marketing.

Demografi pengguna Instagram (business.yell.com)

 

Syarat Memperoleh Perhatian Instagram User

Tahu bahwa sebuah media sangat potensial belumlah cukup. Anda perlu memiliki pengetahuan luas mengenai cara menarik perhatian” pengguna media tersebut.

Instagram memiliki pengguna mencapai 700 juta pengguna aktif setiap hari. Dari total itu, sebagian adalah pelaku bisnis. Artinya, mereka merupakan para pebisnis yang sengaja memakai Instagram sebagai media pemasaran online (layaknya Anda).

 

BACA JUGA: 5 Cara Menjadikan Instagram Sebagai Sarana Social Media Marketing yang Efektif

 

Bagaimana cara Anda membuat postingan yang pasti diterima dan disimak” oleh audience? Belum tahu?

Jawabannya: anatomi postingan Instagram.

Setidaknya, terdapat 8 elemen di dalam Instagram post yang perlu dipelajari dan sekaligus dioptimalkan. Supaya lebih jelas, coba lihat image di bawah ini:

8 Anatomi Instagram Posting (blog.bufferapp.com)

 

Dari delapan jenis elemen tersebut, satu elemen sering terlupa padahal ia sangat diperlukan dan mampu meningkatkan trafik yaitu caption. 

Seperti yang dijelaskan di dalam ilustrasi di atas, caption dipakai sebagai call to action bagi audience. Caption akan memandu audience untuk melakukan sesuatu” pasca melihat postingan Instagram.

 

The Most Important Word

Caption tidak bisa dijauhkan dari words”. Ya, pemilihan kata dalam elemen caption harus diperhitungkan secara masak-masak. Penggunaan kata yang sembarangan hanya menghabiskan waktu dan tenaga saja.

Caption sendiri terdiri dari dua bagian, image description atau illustration dan call to action atau key point dari caption itu sendiri.

Pada bagian pertama, kalimat harus sepadat dan sejelas mungkin mampu menjelaskan image yang Anda posting. Sedangkan, call to action wajib jelas tersurat: apa yang perlu dilakukan oleh si audience” pasca ia menyimak image dan caption-nya.

 

Analytics, Edit, dan Rewrite

Jangan terlalu puas dengan setiap caption yang telah dibuat. Anda perlu memonitornya secara cermat. Apa dan bagaimana respons audience dengan model caption seperti demikian.

Di dalam proses ini, jauhkan jiwa sensivitas Anda. Kadangkala, apa yang Anda anggap maksimal ternyata tidak direspons oleh audience secara baik. Itu wajar.

Anda memiliki kesempatan untuk melakukan editing atau perbaikan.

Ulangi lagi proses pembuatan caption mulai dari awal. Pilih kalimat dan sudut pandang penulisan yang lebih atraktif lagi. Proses penggunaan di bagian call to action pun perlu Anda teliti kembali. Usahakan kalimat tidak lebih dari lima kata. Selain itu, substansinya pun harus jelas. Apa yang perlu dilakukan si audience pasca ia menyimak postingan Instagram Anda?

So, mulai hari ini, buat caption lebih atraktif supaya menunjang image Instagram Anda yang sudah optimal.

 

 

References: 1, 2, 3, 4
Image: Pexels.
In this article

Join the Conversation