Dimensi Brand Identity Ini Membuat Produk Laris Manis Saat Dirilis

Brand atau merk suatu produk seolah memiliki “sihir” rahasia. Produk akan jadi rebutan, meski baru akan dirilis. Kondisi seperti demikian diakibatkan oleh “matangnya” brand personality produk tersebut.  Brand...

859 0
859 0
Dimensi Brand Identity

Brand atau merk suatu produk seolah memiliki sihir” rahasia. Produk akan jadi rebutan, meski baru akan dirilis. Kondisi seperti demikian diakibatkan oleh matangnya” brand personality produk tersebut. 

Brand identity merupakan seperangkat value” yang diciptakan untuk menjalin ikatan antara customer dan produk.

Brand identity meliputi segala karakter yang ada di dalam diri customer (secara tidak langsung). Tujuan utama diciptakan identity untuk memupuk loyalitas customer terhadap produk. 

Brand identity terdiri dari beberapa dimensi yaitu:

5 brand identity dimensi (stories.buffer.com)

 

Dan, kali ini saya akan membahasnya satu per satu.

 

Mulailah dengan Slogan Simpel

Slogan merupakan bagian terpenting pada merk produk. Oleh sebab itu, pembuatan slogan pun tidak bisa dibuat dalam waktu singkat. Dibutuhkan renungan selama beberapa waktu supaya tercipta slogan yang:

  • kreatif,
  • jelas, dan
  • mampu mengutarakan benefit bagi customer

Ketiga karakter tersebut patut diimplementasikan supaya slogan tertanam dalam” pada benak customer. Di samping itu, slogan pun dituntut supaya mudah diingat. Saat pertama kali, susunan kata pada slogan harus mengena. 

Kreativitas merupakan kunci untuk membuatnya. Berdasarkan survei terhadap 500 orang, hanya 4 slogan yang menurut mereka mengena”. Padahal, survei tersebut mengajukan 150 slogan dari berbagai produk terkemuka. 

 

Pastikan Copy Konsisten

Penerapan slogan harus konsisten. Slogan pada landing page disertai image yang relevan akan membantu informasi tersampaikan dengan sempurna kepada customer

Penerapan slogan pada landing page atau halaman muka situs setidaknya harus mampu:

  • Menunjukkan benefit bagi customer
  • Menampilkan kualitas produk secara tersirat
  • Serta korelasinya dengan customer

Inti dari implementasi slogan ini yaitu mempermudah customer untuk mengidentifikasi produk dan layanan bisnis secara keseluruhan. Penggunaan image sangat disarankan karena akan membantu customer memvisualisasikan kualitas produk. 

Selain halaman depan situs, ada baiknya slogan tersebut dimuat di:

  • Header situs
  • Banner blog
  • Bio media sosial
  • Halaman deskripsi di App Store or Play Store (apabila menggunakan Apps)

 

Tambahkan Supporting Products

Jangan biarkan merk hanya diam di tempatnya. 

Di bagian ini, Anda harus mendistribusikan brand melalui berbagai campaign. Bisa menggunakan media sosial atau bahkan premium ads. Sebagai catatan, tunjukkan merk bisnis di hadapan customer dengan penampilan yang maksimal. Selain itu, content marketing-nya pun harus menyesuaikan spirit dari merk. 

Jangan lupa, buat situs dengan desain template yang menggambarkan brand. Pemilihan warna, image, hingga tata letaknya harus berdasarkan brand soul” bisnis. 

Selain itu, spirit dari brand bisa pula diaplikasikan pada berbagai aksesoris atau atribut pada produk. Misanya saja, kardus, bungkus (tas), hingga segala hal yang ada di alam paket pembelian. Seluruh aksesoris tersebut merupakan panggung bagi merk produk untuk menunjukkan diri.

 

Tuliskan Cerita Universal dengan Pesan Kuat

Kini, saatnya brand bercerita. 

Hampir sebagian besar brand produk besar memiliki ceritanya masing-masing. Membangun brand tidak bisa dilepas dari story”. Cerita menjadi elemen paling cocok untuk memperoleh perhatian customer

Substansi dari cerita ini pun harus tetap relevan dengan target audience. Oleh sebab itu, proses pembuatan harus diawali dengan riset dan observasi mendalam kepada segmen customer.  Cerita yang diangkat merupakan sesuatu yang urgent” bagi customer

Topik yang diangkat sifatnya universal. Hindari mengambil topik yang terlalu spesifik. Di tahap ini, Anda perlu mendistribusikan brand secara meluas. Dan, story ini merupakan alat untuk merealisasikan hal tersebut. 

BACA JUGA: Build Brand Strategy: Panduan Membangun Merek Bisnis Secara Online

 

 

Source: https://stories.buffer.com/you-dont-just-sell-products-you-sell-a-personality-ff0ede2f993

In this article

Join the Conversation