Berkenalan dengan Content Marketing Roadmap

Bisnis berkonsep B2C atau B2B sama-sama membutuhkan content marketing. Layaknya sebuah perusahaan media, content pun wajib dibuat sebaik mungkin sehingga mampu menceritakan berbagai topik terkait perusahaan dan bisnisnya. ...

644 0
644 0
Content Marketing Roadmap

Bisnis berkonsep B2C atau B2B sama-sama membutuhkan content marketing. Layaknya sebuah perusahaan media, content pun wajib dibuat sebaik mungkin sehingga mampu menceritakan berbagai topik terkait perusahaan dan bisnisnya. 

Namun, proses pembuatan content marketing berbeda dengan pembuatan berita. Content marketing lebih terencana. Selain itu, proses pembuatannya didasarkan pada buying cycle customer:

Tahap buying cycle (blog.kissmetrics.com)

 

Keterkaitan antara content marketing dan buying decision calon customer sangat dekat. Dimana customer cenderung membangun” buying decision bersamaan saat dirinya mengonsumsi informasi melalui ponsel, tablet, komputer, televisi smart, dan perangkat lainnya. 

Penelitian CEB terhadap lebih dari 1.400 pelanggan B2B di seluruh industri menunjukkan, 57% keputusan membeli, umumnya, sudah diambil sebelum customer berinteraksi secara langsung dengan penjual.

Keputusan membeli terjadi sebelum customer menghubungi seller (linkedin.com/pulse)

 

Seberapa Penting Content Marketing Roadmap?

Content marketing dibuat untuk menarik minat customer baru. Alhasil, ia pun harus terdiri dari berbagai komponen, mulai dari skenario konten hingga visual content sebagai pelengkap.

 

BACA JUGA: Panduan Visual Strategy Demi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online

 

Seluruh component tersebut akan jadi berbeda antara satu konten dengan konten lainnya, tergantung channel marketing digital yang digunakan. 

Peran penting content marketing roadmap di antaranya:

  • Membantu content marketing menjadi lebih engage kepada calon customer 
  • Meng-improve brand message
  • Mendorong setiap content creator untuk meriset buyer atau customer persona di awal pembuatan konten
  • Menemukan kerangka jenis content yang pas sesuai kebutuhan customer
  • Mengidentifikasi sasaran pemasaran yang dapat dicapai

Content marketing roadmap merupakan upaya seorang content marketer merencanakan setiap content marketing mulai dari sebelum dibuat hingga pasca dipublikasikan. Hasil akhir dari content marketing roadmap menyelaraskan business goals yang ingin dicapai. 

Pada intinya, content marketing roadmap sengaja dipergunakan supaya segala tindakan pemasaran digital menjadi lebih efektif dibanding sebelumnya. Tanpa perencanaan yang terstruktur, pemasaran digital kemungkinan besar hanya akan membuang banyak energi dan dana.

 

Content Marketing Roadmap Framework

Salah satu dasar pembentukan roadmap yaitu marketing scientist anatomy dimana:

  • Big data merupakan sumber utama yang dipakai
  • Social media channel masih menjadi media pemasaran utama
  • Web content menjadi media pelengkap dari social media channel

Apabila divisualisasikan, anatomi tersebut akan menjadi seperti demikian:

Marketing Scientist Anatomy (pinterest.com/dcapuan0)

 

Seluruh resource tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan ke mana arah roadmap ini akan dituju?”. Apabila sudah, maka proses pembuatan kerangka roadmap

Sebagai pedoman pembuatan content marketing, kerangka content marketing roadmap ini harus terdiri dari beberapa hal, yaitu: 

Content marketing roadmap framework (contentmarketinginstitute.com)

 

Content marketing roadmap akan berpengaruh terhadap sebagian besar elemen di dalam proses penciptaan content marketing, mulai dari budget, destination, frequency, upaya optimization, serta collaboration. Kelimanya sangat tergantung dengan seperti apa roadmap yang akan diciptakan. 

Apabila disederhanakan, roadmap ini hanya ingin menanyakan:

  • siapa, 
  • bagaimana, 
  • kapan, 
  • di mana, 
  • mengapa, 
  • bagaimana, dan 
  • berapa banyak pertanyaan terkait content marketing component yang bisa dijawab. 

Pada proses pelaksanaan, seluruh pertanyaan tersebut akan mengerucut dan menuntut terciptanya sebuah metrik pengukuran untuk mengoptimalkan segala elemen yang terhubung dengan roadmap

Seperti yang disebut sebelumnya, roadmap akan mendorong integrasi yang solid antara budget, destination, frequency, upaya optimization, serta collaboration. Oleh sebab itu, masing-masing harus memiliki metriknya sendiri supaya proses eksekusi content marketing dijalankan, kelima hal tersebut dapat dimonitor dan analisis. 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5
In this article

Join the Conversation