Fitur Facebook Marketing Terbaru 2017 yang Diketahui Sedikit Orang

Peningkatan Facebook user dari tahun ke tahun semakin masif. Tahun 2005, penggunanya masih di bawah 100 juta. Per Juni 2017, jumlahnya naik berkali-kali lipat mencapai 2 miliar user. ...

292 0
292 0
Fitur Facebook Terbaru

Peningkatan Facebook user dari tahun ke tahun semakin masif. Tahun 2005, penggunanya masih di bawah 100 juta. Per Juni 2017, jumlahnya naik berkali-kali lipat mencapai 2 miliar user

Selain itu, Facebook pun menjelma bukan sekedar sebagai tempat bermain, tetapi jadi tempat berbisnis pula. 

Berdasarkan preview statistik user-nya, Facebook memiliki jenis user yang:

  • 50% dari total user Facebook setiap hari berkunjung ke Facebook
  • Setiap user menghabiskan lebih dari 700 jam berkelana di dalam Facebook
  • 54.8% pengguna user berada di rentang usia 24 hingga 54 tahun.

Berdasarkan statistik itu saja, Anda pasti paham bahwa Facebook adalah lokasi ideal untuk memasarkan produk secara offline

Di sisi user, ada 12 alasan kenapa mereka pun gemar berkunjung ke Facebook Page brand besar dunia yaitu:

Alasan user menggemari Facebook Page (marketingassasin.co.uk)

 

Untuk itulah, berikut ini saya berikan kumpulan fitur Facebook marketing ter-update di tahun 2017 untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital melalui Facebook.

 

Paid Ads for Groups

Selama ini, fitur ads di Facebook hanya diperuntukkan untuk akun perseorangan. Namun, tidak di tahun 2017. Sebuah group yang terdiri dari admin dan anggotanya pun bisa menikmati layanan premium ads

Kalau dulu ads sangat dekat dengan Facebook ads, di tahun 2017 ini Facebook ads lebih condong ke grup. Sehingga, fitur ads Facebook ini bisa dipakai untuk menaikkan ranking group. Dan, pada akhirnya, berpotensi meningkatkan engagement brand dengan customer-nya. 

 

Messenger Video Stories

Sebelumnya, berbagai media sosial sudah merilis stories”-nya masing-masing. Facebook tidak ingin ketinggalan. Mereka buru-buru menghadirkan fitur stories yang diberi nama Messenger video stories”. 

Dari namanya saja sudah terlihat, bahwa fitur ini bisa dinikmati oleh Facebook user melalui Facebook Messsenger. 

Facebook bukan tanpa alasan melahirkan fitur stories untuk messenger ini. Berdasar statatistik penggunanya, Facebook berpotensi mencapai kesuksesan berlimpah dengan fitur ini. 

Sebelumnya, pihak Facebook sudah meluncurkan stories di Instagram (yang juga merupakan media sosial milik Facebook) dengan hasil mengejutkan. Jumlah user Instagram stories menyalip Snapchat dengan daily active user sebanyak 250 juta.

 

Daily active user Instagram Stories (recode.net)

 

End-to-end Sales Communication Tools

Ini yang penting bagi pemasaran di Facebook. Facebook telah selesai merancang fitur instant communication consumer. Fitur ini dipakai untuk:

  • Memberikan pelayanan berbeda kepada user melalui fitur chatting
  • Fitur chatting dipakai untuk menggantikan komunikasi via phone dan email
  • Ketersediaan jawaban memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan Facebook user.

Semula, fitur Facebook Messenger hanya dipakai untuk menghubungkan antar Facebook user. Namun, fitur ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu melayani Facebook user seolah sebagai asisten pribadi.

Preview Facebook Messenger Sales Communication (bn.co)

 

Ad Targeting Deepen

Satu lagi yang tidak boleh Anda lupakan. 

Ad targeting pada Facebook ads kini bisa lebih mengerucut berdasarkan relationship. Fitur ini akan sangat membantu para pemasar digital di Facebook untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Secara umum, proses pemasaran digital melalui 4 tahap, yaitu:

Tahap pemasaran digital (advertise.bingads.microsoft.com)

 

Berkat adanya fitur ini, maka fokus audience akan lebih mengerucut. Dampaknya akan mempermudah Anda untuk memproduksi content marketing yang sesuai. 

Selain itu, strategi campaign yang diterapkan pun lebih mengena” ke audience. Dan, ketiga hal tersebut pun semakin mudah monitor berkat fitur analytic di dalam Facebook ads sendiri. 

Preview Ad Targeting (zebratechies.com)

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
In this article

Join the Conversation