Kumpulan Tools Riset Pertumbuhan Kompetitor di Media Sosial

Ingin melihat pertumbuhan kompetitor? Sampai detik ini belum menemukan tools yang tepat? Di artikel ini, saya akan berikan preview beberapa tools riset kompetitor.   1. MWP Video Marketing:...

1006 0
1006 0

Ingin melihat pertumbuhan kompetitor? Sampai detik ini belum menemukan tools yang tepat? Di artikel ini, saya akan berikan preview beberapa tools riset kompetitor.

 

1. MWP Video Marketing: melirik kompetitor youtube

Tools pertama yaitu alat pemantau kompetitor di Youtube. 

MWP merupakan alat untuk membandingkan channel Youtube Anda dengan 10 kompetitor (yang memiliki kesamaan topik). Alasan kenapa wajib memakainya karena pengguna tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Selain itu, tampilan navigasinya pun mudah dipahami. Buat yang pertama memakainya, alat ini mudah dipahami. 

Supaya bisa menggunakannya, kunjungi mwpdigitalmedia.com. Selanjutnya, masukkan link URL channel Anda dengan channel kompetitor. Maksimal 10 URL. Setidaknya, tampilan akan seperti ini:

Tampilan input MWP (socialmediaexaminer.com)

 

Apabila list URL sudah lengkap, maka tekan Compare now”. Situs membutuhkan waktu beberapa menit untuk mengambil data dari semua channel tadi. Beberapa waktu kemudian, muncul pop-up opsi untuk menerima hasil analis. Apakah dikirim melalui email atau menunggunya hingga selai lalu ditampilkan di browser.

Apabila memilih untuk menunggu, maka Anda bisa melihat hasil perbandingan antara channel Anda dengan kompetitor. 

Hasil perbandingan channel di MWP (socialmediaexaminer.com)

 

Supaya informasi yang lebih detail bisa terlihat, klik Get the Details button”. Detail informasi yang akan dibagikan meliputi:

  • Jumlah view channel dan komentar 
  • Jumlah channel subscriber
  • Jumlah share, like, dan comment di semua video
  • Rata-rata share, like, dan komentar per video
  • Rata-rata subscriber per video
  • Jumlah playlist
  • Rata-rata view per video upload
Detail informasi dari MWP (socialmediaexaminer.com)

 

Anda pun bisa memperoleh informasi lebih spesifik lagi soal video tertentu, seperti demikian:

Detail yang lebih spesifik soal informasi suatu video dari MWP (socialmediaexaminer.com)

 

2. Klear: Mengamati Content Marketing Audience di Media Sosial

Kedua yaitu Facebook page. 

Saya rasa, bagaimanapun juga Facebook adalah rajanya media sosial. Dari jumlah pengguna hingga progres setiap fiturnya sangat signifikan. Soal fakta angka-angkanya, saya sudah sering menulis di beberapa artikel sebelumnya. Yang pasti, Facebook masih sangat menguntungkan untuk media pemasaran digital. 

Nah, alat untuk melakukan analisis ini yaitu klear.com.

Klear merupakan tools paling tepat untuk mendengarkan aktivitas masyarakat” media sosial, memonitor influencer, hingga mengamati pergerakan kompetitor. Tidak hanya untuk Facebook saja, Klear bisa pula dipakai di Twitter dan Instagram. 

Klear tidak mengungut biaya bagi pengguna, tetapi dengan batasan tertentu. Paket free version akan menyediakan informasi yang terbatas, seperti: data statistik, hasil perbandingan informasi. Meski begitu, versi tak berbayarnya sudah sangat cukup informatif. 

Untuk memulainya, silakan melakukan pendaftaran. Apabila sudah, beralihlah ke social Profiles section. Di bagian tersebut, masukkan nama kompetitor Anda di media sosial. Klear memiliki fitur auto complete searching sehingga lebih mudah menemukan kompetitor. 

Fitur autocomplete Klear (socialmediaexaminer.com)

 

Bagi pengguna tak berbayar, Klear akan menampilkan keterbatasan informasi profil social brand yang dimasukkan tadi. Meski terbatas, informasi yang dihadirkan sudah sangat cukup. Hasil analisis dari Klear akan memberi informasi terkait:

  • Influence level
  • Engagement level
  • Daya jangkau content (bukan ptensi daya jangkau) 
  • Topik yang ter-influence
  • Distribusi dari berbagai platform media sosial. 
Informasi yang ditampilkan oleh Klear (socialmediaexaminer.com)

 

Ditambah lagi, Klear akan melengkapi datanya dengan informasi demografi audience influencer tadi. Informasi ini sangat berguna untuk membandingkan apakah audience Anda sudah tepat atau belum”. Apabila ternyata audience berbeda, maka Anda bisa memperbaiki content marketing di kemudian hari.

Informasi demografi audience oleh Klear (socialmediaexaminer.com)

BACA JUGA: 5 Social Media Monitoring Tools Efektif yang Belum Pernah Anda Ketahui

 

Source: Socialmediaexaminer.com

In this article

Join the Conversation