Bagaimana Meningkatkan Keuntungan Bermodal Review Customer?

Review dari customer akan menjadi daya tarik bagi calon customer. Oleh sebab itu, hampir semua online bisnis selalu menyematkan “testimoni” dari customer sebelumnya di website mereka. Bahkan, mereka pun tidak...

116 0
116 0
Cara Meningkatkan Keuntungan Melalui Review

Review dari customer akan menjadi daya tarik bagi calon customer. Oleh sebab itu, hampir semua online bisnis selalu menyematkan “testimoni” dari customer sebelumnya di website mereka. Bahkan, mereka pun tidak jarang memajangnya pula di media sosial.  

Kenapa bisa demikian?

Testimoni atau review merupakan bagian dari social proof strategy. Taktik ini terbilang efektif karena customer merupakan pihak di luar brand bisnis Anda dan telah membuktikan kualitas layanan.  Sehingga, calon customer secara tak langsung akan terpengaruh dengan setiap review tersebut. Tidak hanya itu, social proof terbukti menguntungkan karena:

Pengaruh review terhadap buyer journey (slideshare.net/trustmovement).

 

Secara teoritis, ada 5 jenis social proof yaitu:

  • Expert social proof 
  • Celebrity social proof 
  • User social proof
  • Wisdom of the crowd
  • Wisdom of friends

Dan, kali ini saya akan mereview secuil strategi social proof melalui user social proof. Nah, supaya review dari customer lebih bertenaga, alangkah baiknya Anda poles hal tersebut dengan:

 

Mempermudah Customer Me-review Produk secara Online

Semakin mudah untuk melakukannya, semakin gencar customer membiasakannya. Demikian pula dengan review customer.

Online bisnis akan terasa tidak lengkap tanpa fitur review. Khusus untuk website toko online, fitur review produk pasti sudah ada secara default. Namun, tidak demikian dengan situs-situs lain (landing page atau blog page). Jenis situs seperti demikian jarang memiliki fitur demikian. Padahal, fitur review produk atau service ini sangat penting.

Pengaruh social proof (blog.convert.com).

 

BACA JUGA: Panduan Visual Strategy untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online

 

Khusus untuk situs non-ecommerce, Anda bisa memakai layanan Google Business melalui https://www.google.com/business/. Layanan ini akan membantu Anda untuk mempermudah setiap customer meninggalkan review pada online bisnis

Selain itu, cara daftar hingga pengoperasiannya pun sangat mudah. Selain itu, fiturnya lengkap dan bisa diintegrasikan dengan produk Google lainnya.

Google Business (google.com/business).

 

Beri Bonus bagi Mereka yang Berkontribusi

Selain menyediakan fitur yang mudah dipergunakan oleh customer, tidak ada salahnya bila Anda mengapresiasi “aktivitas” customer tersebut dengan bonus.

Di awal kemunculan, sebagian besar situs e-commerce memakai cara ini. Tujuannya, selain meningkatkan kepercayaan calon customer lain, bisnis tersebut pun secara tidak akan langsung akan dipercaya oleh customer tersebut.

Salah satu situs e-coomerce Indonesia yang gencar menerapkan taktik ini yaitu Blibli. Coba berkunjung ke halaman ini: https://www.blibli.com/pages/ulas-puas.

Blibli.com Ulas Puas.

 

Selain meningkatkan kepercayaan customer terhadap business service, keuntungan perusahaan pun berpotensi meningkat pesat. Namun, ada prasyaratnya. Efektivitas strategi ini bisa dikonversi untuk meningkatkan revenue bisnis melalui:

  • Penambahan fitur star atau bintang
  • Jumlah text review lebih dari 150 karakter
  • Review disertai dengan foto si customer bersama produk
  • Label “buyer verified” terpampang jelas di review customer

 

Ubah Online Bisnis dalam Rupa Mobile Version

Tak lengkap apabila Anda tidak mengubah format seluruh layanan produk review tersebut menjadi mobile version. Tidak perlu dijelaskan Anda tentu sudah tahu.

Pengguna smartphone aktif di Indonesia (techinasia.com).

 

Karena jumlah pengguna smartphone terus meningkat, akan sangat riskan apabila Anda tidak segera mengubah fitur produk review ini menjadi mobile version.

Salah satu upaya sederhananya, yaitu mengirim beberapa pertanyaan kepada customer melalui email. Yang intinya menanyakan:

Apakah ia puas dengan produk atau pelayanan Anda?

  • Apakah ia mau merekomendasikan bisnis Anda ke teman Anda?
  • Apakah customer mau membeli produk Anda lagi?

Beberapa tools rekomendasi untuk merealisasikan hal ini di antaranya:

  • Survey Monkey
  • Typeform
  • Google Forms
  • Client Heartbeat
  • Zoho Survey
  • Survey Gizmo
  • Survey Planet

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6
Image: Pexels.
In this article

Join the Conversation