Giveaway Plan & Run: Cara Sehat Mendapatkan Ratusan Ribu Follower Instagram dalam Seminggu

Anda sudah sadar bahwa Instagram merupakan wadah potensial untuk berbisnis. Khususnya, untuk membangun brand bisnis. Apabila Anda mau lebih cermat: semakin ramai sebuah marketing channel, semakin ketat persaingan...

4585 0
4585 0

Anda sudah sadar bahwa Instagram merupakan wadah potensial untuk berbisnis. Khususnya, untuk membangun brand bisnis.

Apabila Anda mau lebih cermat: semakin ramai sebuah marketing channel, semakin ketat persaingan untuk menarik atensi para audience di dalamnya.

Dan, itu terjadi di Instagram pula.

Oleh sebab itu, Anda pun harus memutar otak supaya setiap unggahan di media sosial mampu menarik perhatian audience. Misalnya:

Cara efektif menarik customer (inc.com).

 

Seperti yang bisa Anda lihat, free trial & free content merupakan dua teknik teratas untuk memperoleh perhatian dari audience. Namun, dua taktik tersebut tidak akan dipakai secara mentah mengingat promotion channel yang Anda pilih saat ini yaitu social media.

Free trial & free content akan diimplementasikan ke dalam teknik social media campaign dalam bentuk Instagram giveaway.

Cara menggunakannya?

 

Tentukan Goal Setting

Awali dengan goal setting terlebih dulu.

Beberapa contoh goal setting pada Instagram giveaway ini berupa:

  • Boost engagement,
  • Increase brand awareness,
  • Promote a new product,
  • Gather reviews,
  • Find and develop brand advocates.

Sebenarnya, pembuatan goal setting merupakan langkah awal yang pasti akan Anda temui saat memulai digital advertising. Apakah menggunakan social media, search engine, atau bahkan email marketing. Ketiga hal tersebut memerlukan goal setting yang jelas.

So, apa tujuan Anda mengadakan Instagram giveaway?

 

BACA JUGA: 5 Cara Menjadikan Instagram Sebagai Sarana Social Media Marketing yang Efektif

 

Promosi

Tanpa promosi, Instagram giveaway Anda tidak akan ditemukan oleh audience. Sebagai salah satu elemen di dalam Instagram post, hashtag nyatanya memiliki manfaat terhadap persentase interaksi unggahan di media sosial.

Manfaat hashtag (indiecollege101.com).

 

Selain itu, giveaway Anda pun perlu dibentuk semenarik mungkin supaya audience mau me-like, comment, dan share.

Di Instagram, foto dan video merupakan dua jenis konten dengan engagement paling tinggi. Tambahkan pula visual content strategy di dalamnya supaya konten menjadi lebih powerful.

Faktor yang perlu diingat saat membuat konten Instagram (slideshare.net/contentsparks).

 

Berikan Insentif

Agar audience media sosial semakin tertarik, tambahkan diskon atau voucher bagi para audience yang mau berpartisipasi dalam kontes Anda ini.

Meski menarik, Instagram giveaway seringkali dilupakan karena tidak memiliki additional value di dalamnya.

Apabila Anda perhatikan, strategi Instagram giveaway ini sudah sering dipakai. Setidaknya, ada sekitar 16 juta posting-an Instagram terkait giveaway. Dan, persaingan antar-posting pun tidak bisa dihindari.

#giveaway (instagram.com).

 

Oleh sebab itu, mau tidak Anda harus menambahkan additional value ke dalam setiap kontes giveaway yang sedang Anda sebarkan.

 

BACA JUGA: Social Media Marketing: Kelebihan Menggunakan Instagram Ads untuk Bisnis

 

Spesifik

Setiap kontes giveaway harus memiliki basic value yang kuat agar jumlah audience yang berpartisipasi sesuai target. Semakin banyak jumlah audience yang berpartisipasi, semakin dekat Anda dengan tujuan giveaway tersebut.

Basic value dalam giveaway umumnya berupa specific contest, berupa: product-specific, theme-spesific, atau bahkan time-specific. Misalnya, #redcupcontest:

#redcupcontest (instagram.com).

 

Kontes tersebut mendapat respons sebanyak 40 ribuan post.

 

Monitor, Moderate dan Get Permission

Usahakan untuk menghargai setiap proses social media marketing yang Anda lakukan.

Bentuk dari hal tersebut yaitu melakukan monitoring, moderating, dan get permission. Ketiga hal tersebut dipilih untuk mengukur:

  • Berapa persentase keberhasilan giveaway Anda berdasarkan goal setting?
  • Seberapa efektif hashtag yang Anda pakai?
  • Apakah giveaway Anda mampu bersaing dengan giveaway lainnya?
  • Apakah jumlah audience yang berpartisipasi sesuai estimasi?

Selain itu, tahap akhir ini sering pula dipakai sebagai pedoman” giveaway selanjutnya yang mungkin akan Anda buat.

 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6
Image: Pexels.
In this article

Join the Conversation