Perhatikan Metrik Ini Saat Mengukur Performa Digital Advertising Campaign Anda

Digital marketing bisa menjadi investasi jangka panjang brand yang Anda bangun. Dengan ini, bisnis Anda akan melibatkan digital advertising agar campaign yang dibuat lebih efektif. Banyak manfaat yang...

571 0
571 0
Performa Digital Advertising Campaign

Digital marketing bisa menjadi investasi jangka panjang brand yang Anda bangun. Dengan ini, bisnis Anda akan melibatkan digital advertising agar campaign yang dibuat lebih efektif.

Banyak manfaat yang bisa Anda raup dengan digital advertising, antara lain meningkatkan brand awareness perusahaan Anda dan menaikkan traffic website perusahaan. Tak diragukan lagi, keduanya merupakan goals campaign Anda bukan?

Digital advertising memang akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak, tetapi kini sudah banyak berbagai platform yang menyediakan jasa beriklan dengan variasi harga dan fasilitas. Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agency untuk membantu menjalankan digital marketing campaign Anda agar terorganisasi dengan baik.

Saat running campaign, analisis metrik juga turut diperhatikan untuk mengukur keberhasilannya. Nah, bagaimanakah cara mengukur keberhasilan campaign tersebut? Simak beberapa cara melihat metrik untuk mengukur keefektifan campaign berikut ini.

  1. Goal

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui apa yang ingin Anda capai melalui digital advertising dan menetapkan target audiens. Ini memungkinkan Anda mengasah metrik lebih spesifik, yang merupakan indikator terpenting dalam melihat performance campaign Anda.

Anda harus bisa memfokuskan tujuan agar campaign Anda terarah dengan target audiens yang tepat. Misalnya, jika Anda memiliki tujuan untuk menaikkan awareness brand Anda kepada target audiens umur 20-35 tahun, sebarkan campaign Anda melalui platform yang memiliki target audiens dengan rentang usia yang dituju.

Untuk melihat sukses atau tidaknya sebuah campaign, kembali lagi kepada respons yang diberikan target dan tujuan awal Anda. Lihatlah dari metrik tersebut.

  1. Metrik Traffic 

Anda bisa memulai mengukur keberhasilan sebuah campaign dengan melihat metrik click, impression, dan engagement.

Beri perhatian pada seberapa besar traffic yang diciptakan target terhadap iklan yang sudah disebarkan. Semakin bagus iklan yang ditayangkan, semakin banyak orang yang tertarik kemudian bereaksi untuk mengklik iklan tersebut.

Anda bisa melakukan analisis traffic campaign Anda dengan menggunakan click-through-rate atau CTR. CTR mampu menganalisis berapa kali iklan Anda di klik oleh target dan berapa banyak waktu yang dihabiskan mereka saat masuk dalam campaign Anda.

Contoh, iklan Anda ditargetkan kepada 1000 orang, sedangkan 400 yang klik iklan Anda. Artinya, CTR Anda sebanyak 40%. Semakin rendah CTR Anda, maka perlu melakukan evaluasi secepatnya untuk mengubah iklan ditayangkan, entah target audiensnya salah atau iklan yang ditayangkan tidak menarik sama sekali. Jika CTR Anda peroleh di atas rata-rata, bisa disimpulkan campaign Anda berhasil menarik minat target.

 

BACA JUGA: Cara Efektif Menaikkan Traffic Melalui Search Engine Marketing

 

  1. Metrik Conversion

Jika Anda menggunakan digital advertising dengan tujuan penjualan meningkat, Anda wajib memperhatikan metrik conversion.

Tingkat konversi yang kuat akan menunjukkan bahwa campaign yang Anda lakukan sudah menargetkan orang yang tepat karena para pengguna mengambil tindakan seperti yang Anda inginkan.

Jika tingkat konversi Anda melemah, Anda harus segera melihat masalah apa yang terjadi. Selanjutnya, Anda harus memikirkan biaya per konversi yang akan dikeluarkan. Biaya ini akan membantu Anda mengatur anggaran yang harus Anda keluarkan untuk mencapai goals yang diinginkan.

Terakhir, nilai konversi. Tidak semua konversi memiliki nilai yang hampir sama— tergantung layanan atau produk yang ditawarkan. Mengidentifikasi nilai konversi dan nilai konversi yang mengikat pada campaign memungkinkan Anda melihat campaign mana yang terbaik menarik target audiens.

  1. ROI

Ujung dari semuanya adalah laba atau Return on Investment (ROI) yang dihasilkan atas ads sebagai kunci untuk menganalisis kinerja campaign Anda. Untuk menghitung ROI, Anda perlu melacak terlebih dahulu metrik konversi dengan melacak klik pada iklan hingga selesai penjualan.

Untuk berkecimpung di digital advertising campaign, perlu Anda ketahui seluk beluk digital advertising terlebih dahulu, agar campaign yang ingin diiklankan tepat sasaran. Dengan adanya langkah-langkah analisis tersebut, akan memudahkan Anda melakukan digital advertising campaign.

 

Sumber

Image: Pixabay

In this article

Join the Conversation