Elemen-Elemen Penting pada Content Marketing Bisnis B2C

Tujuan dari content marketing B2C yaitu menangkap prospek, merawatnya, lalu mengubah potensi tersebut menjadi loyal customer & repeat customer. Oleh sebab itu, Anda perlu memasukkan beberapa elemen di...

413 0
413 0

Tujuan dari content marketing B2C yaitu menangkap prospek, merawatnya, lalu mengubah potensi tersebut menjadi loyal customer & repeat customer.

Oleh sebab itu, Anda perlu memasukkan beberapa elemen di tiap content marketing, di antaranya:

 

Produk yang Pantas Dijual

Bisnis B2C dituntut mampu menghadirkan sebuah produk yang layak dikonsumsi oleh customer. Setidaknya, setiap produk bisa untuk: dilihat, diunduh, dan dimasukkan ke dalam device. Yang intinya, produk tersebut mampu di-convert sedemikian rupa sehingga mampu menyesuaikan dengan media (device) yang digunakan oleh customer. 

Ambil contoh situs digital-photography-school.com. Situs ini merupkan online school yang membahas soal fotografi. Supaya customer mengetahui preview konten seperti apa yang ia sajikan, pihak situs menyediakan tutorial fotografi secara cuma-cuma. 

Content marketing berupa tutorial fotografi (digital-photography-school.com/tips-featured)

 

Jenis content marketing seperti demikian memiliki efektivitas cukup tinggi. Dimana potensi customer untuk percaya terhadap kualitas produk atau service akan otomatis muncul. Terutama setelah customer menyimak tutorial dalam bentuk blog post. 

 

Desain & Kepuasan Customer pada Aspek Visual

Desain atau tampilan visual merupakan aspek terpenting lain dalam content marketing. Apalagi mengingat kondisi market yang sedemikian kompetitif, desain menjadi strategi marketing paling efektif. 

Hal ini sudah dibuktikan oleh Conversion Rate Experts. Di dalam situsnya, ia mengatakan berhasil memperoleh $1 juta berkat memperbaiki landing page dan mengirim beberapa email marketing. Di halaman studi kasus yang ia tulis, diketahui bahwa sumber keberhasilan tersebut karena mendengarkan customer”. Yang salah satunya berupa redesign landing page

Ungkapan Conversion rate expert soal Moz (neilpatel.com/blog)

 

Keberhasilan tidak hanya dirasakan oleh Convertion Rate Expert. Begtu pula dengan Cloudsponge. Situs ini mengalami peningkatkan convertion hingga 33% pasca mereka memoles tampilan landing page-nya. Semula, tampilannya seperti demikian:

Tampilan landing page Cloudsponge sebelum dirombak (neilpatel.com/blog)

 

Dan, begini visualisasi pasca landing page dibangun sedemikian rupa:

Penampilan baru landing page Cloudsponge (cloudsponge.com)

 

Berdasarkan hal ini, visualisasi merupakan substansi utama dari content marketing. So, jangan pernah melukapan aspek visual pada content Anda. 

 

Memperluas Target Market

Menambah luas target market akan meningkatkan daya jangkau customer potensial. Maksud dari memperluas market di sini yaitu menambah channel pemasaran digital. 

Kalau dulu, content marketing fokus pada blog post. Namun, tidak untuk saat ini. Content marketing bisa didistribusikan lebih luas lagi melalu media smartphone dan media sosial. Selaras akan hal ini, situs emarketer.com menjelaskan,

Bisnis ecommerce dengan konsep B2C berpeluang memperoleh sales sebesar $1.7 triliun pada 2015 berkat strategi ekspansi pada online user dan mobile user.

 

emarketer.com

Kondisi seperti demikian pun segera diadaptasi oleh Zappos. Situs ecommerce dengan konsep B2C ini pun memberlakukan gratis ongkos kirim dan garansi produk hingga 365 hari pasca pembelian produk.  

Strategi ini masuk ke dalam jenis content marketing karena Zappos sendiri tidak menghitung ini sebagai selling campaign”. Mereka fokus dampak di masa depan. Di saat semua produk terjamin seperti demikian, bahkan Anda pun tertarik berbelanja di ecommerce ini kan?

Strategi content marketing Zappos (neilpatel.com/blog)

 

Content marketing tidak melulu soal blogpost dan media social campaign. Ada beberapa elemen lain yang sering dilupakan. Padahal, hal tersebut cukup signifikan dijadikan sebagai penarik perhatian customer ke bisnis Anda. Oleh sebab itu, mulai hari ini buatlah content marketing sesempurna mungkin dengan memanfaatkan semua elemen terkait.

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6

Image: Pexels.

In this article

Join the Conversation