Ulasan Marketing Online yang Wajib Anda Ketahui

Pada proses perluasan jaringan bisnis, marketing online masih menjadi primadona. Salah satu alasannya karena alokasi dana.  Katakan Anda ingin memperoleh 2.000 customer baru, maka biaya yang Anda butuhkan...

146 0
146 0
Online Marketing

Pada proses perluasan jaringan bisnis, marketing online masih menjadi primadona. Salah satu alasannya karena alokasi dana. 

Katakan Anda ingin memperoleh 2.000 customer baru, maka biaya yang Anda butuhkan tidak lebih dari $125. Bila Anda masih memakai teknik tradisional, maka budget yang harus disiapkan lebih kurang mencapai $900. 

Masih tertarik memakai marketing tradisional?

Perbedaan marketing traditional dan digital. Via bitwaretechnologies.com.

 

Selain itu, mapping marketing online lebih luas dibanding marketing tradisional karena ia tidak terbatas pada letak geografis. Anda bisa menyebarluaskan informasi bisnis di berbagai channel mulai dari mesin pencari hingga media sosial. 

Selain itu, Anda konten marketing online sifatnya sangat beragam. Mau tulisan, foto, video, bahkan rekaman. Semua bisa dijadikan konten untuk menarik perhatian calon customer

Marketing online, nyatanya, terus berkembang hingga hari ini. Dulu, metode marketing online bisa dikatakan sederhana (dari sisi channel pemasaran). Saat ini, channel tersebut sudah berkembang signifikan.

Metode marketing online dulu dan sekarang. Via ads4access.us.

 

Efisiensi dana merupakan salah satu alasan kenapa banyak pebisnis rela beralih dari marketing tradisional ke marketing online. Pada proses pelaksanaan, ada perbedaan mencolok di antara keduanya. 

Marketing tradisional sangat tergantung dengan print paper, sedangkan marketing online mengotimalkan teknologi internet. Karena sifatnya daring, marketing online membutuhkan tindakan sedemikian rupa supaya memperoleh hasil sesuai ekspektasi, di antaranya:

 

Search Engine Marketing and Optimization

Selain untuk memperluas bisnis, penggunaan marketing online nyatanya memiliki beberapa manfaat lain terkait pertumbuhan bisnis. 

Benefits of effective digital marketing. Via popularity.sg.

 

Supaya bisa memperoleh manfaat seperti di atas, Anda perlu membangun situs Anda. Selanjutnya, beri situs Anda pupuk berupa Search Engine Marketing dan Optimization. Kedua hal ini sama-sama memanfaatkan mesin pencari sebagai media marketing

Bedanya…

…hanya dari sisi teknis pelaksanaan saja. Bagi yang masih bingung, berikut ini ilustrasi perbedaan antara SEO vs. SEM:

SEO vs SEM. Via visual.ly.

 

Dari ilustrasi di atas bisa ditarik benang merah, search engine optimization merupakan teknik pemasaran online alami, sedangkan search engine marketing bersifat instan. Meski begitu, keduanya sama-sama legal dan efektif menumbuhkan bisnis online

 

Articles atau News Stories 

Selain berkenalan dengan SEO dan SEM, jangan pernah melupakan konten di dalamnya. Articles atau News Stories merupakan elemen pelengkap yang tidak boleh terlupakan. 

Misalnya, situs Anda berhasil menembus page one halaan pencari dan berada di posisi paling atas. Setelah url Anda di-klik oleh audience, apa yang dibutuhkan oleh mereka? 

Jawabannya adalah informasi. 

Supaya informasi diterima, dipahami, dan disimpan oleh audience secara sempurna, Anda harus mampu memvisualisasi setiap konten sedemikian rupa. Salah satunya dalam bentuk image, foto, chart, dan sejenisnya. Alasannya?

Informasi visual akan direspons lebih baik, menurut slideshare.net/MattSiltala.

 

Selain itu, konten jenis ini memiliki benefit cukup baik supaya revenue bisnis Anda meningkat pesar. Ditengarai, jenis konten visual berperan besar mendorong seseorang melakukan action” tertentu. 

Oleh sebab itu, sangat sayang apabila Anda membuat artikel atau new stories hanya dalam bentuk teks. 

Kombinasikan konten teks dengan konten lainnya. Via blog.visme.co.

 

Memang, teks adalah jenis konten paling mudah untuk dibuat. Akan menjadi mubazir apabila ribuan teks sudah dibuat, tetapi tidak mampu mentransfer informasi secara tepat. 

Lalu harus bagaimana?

Cara paling mudah yaitu mengombinasikan antara konten teks dengan konten jenis lain, seperti video, image, slide, bahkan podcast. Anda bisa membuat konten jenis melalui beberapa tools yang tersebar di internet menggunakan: Slideshare, animoto.com, podcastgenerator.net, chartgo.com, dan lain-lain.

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Image: Pexels.
In this article

Join the Conversation