Keuntungan Social Media Presence dalam Social Media Promotion

Sudah follow instagram.com/mcdonalds? Akun tersebut merupakan bentuk social media promotion McDonald’s. Kehadiran McDonald’s di Instagram merupakan bagian upaya mereka mengubah haluan pemasaran.  Menurut marketingdive.com, baru-baru ini raksasa fast food...

240 0
240 0
Keuntungan Social Media Presence

Sudah follow instagram.com/mcdonaldsAkun tersebut merupakan bentuk social media promotion McDonald’s.

Kehadiran McDonald’s di Instagram merupakan bagian upaya mereka mengubah haluan pemasaran. 

Menurut marketingdive.com, baru-baru ini raksasa fast food dunia (McDonald’s) berupaya melakukan transformasi digital besar-besaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan langkah perusahaan  yang memiliki 37.000 restoran tersebut menggandeng konsultan teknologi Capgemini dan agensi digital Publicis.Sapient.

McDonald’s merupakan salah satu contoh bisnis offline yang mau beradaptasi dengan perkembangan dunia melalui transformasi teknik marketing ke arah digital online

McDonald’s merupakan salah satu contoh bisnis offline yang mau transformasi teknik ke digital online. Via slideshare.net/duvalunionconsulting.

 

Hubungan Social Media Presence dan Digital Marketing

Social media presence merupakan salah satu bagian dari teknik digital marketing. Social media presence akan membantu proses social media promotion berjalan sesuai rencana. 

Untuk merealisasikan teknik social media presence, setidaknya sebuah bisnis dituntut untuk:

  • Merancang SMART Goal,
  • Melakukan identifikasi audience,
  • Memuat konten yang human friendly,
  • Terhubung dengan akun atau grup relevan,
  • Memonitoring aktivitas media sosial.

Setelah kelima hal tersebut komplit, langkah selanjutnya yaitu menentukan social media channel. Setiap media sosial memiliki karakter dan value purpose masing-masing. Berikut ini penjelasan mudahnya:

Contoh value & purpose untuk tiap social media channel. Via slideshare.net/shellynoel.

 

Manfaat Social Media Presence

Proses analisis social media presence menggunakan beberapa indikator, di antaranya: jumlah follower, jumlah mention atau respons audience terhadap content, daya jangkau social media marketing strategy terhadap customer potensial, dan jumlah trafik blog yang dihasilkannya. 

Secara umum, social media dipergunakan untuk: pemasaran digital atau membangun brand bisnis. 

Meski berbeda visi, proses eksekusi strategi social media promotion tetap memerlukan analisis sedemikian rupa. Sayangnya, proses analisis ini seringkali sulit untuk direalisasikan. Akibatnya, pelaku bisnis cenderung enggan melakukan hal tersebut.

Tahukah Anda? Social media promotion yang sukses akan membantu bisnis Anda ke level lebih baik dibanding saat ini, mulai dari:

Benefits of social media marketing, via bigoakinc.com.

 

Menganalisis Social Media Presence

Sebelumnya saya sudah menulis, “proses analisis seringkali enggan dilakukan oleh pelaku bisnis”. Padahal, manfaat dari analisis social media promotion akan membantu Anda untuk menemukan formula pas bagi pemasaran media sosial. 

Secara umum, ada empat elemen dalam proses analisis ini yaitu:

Empat elemen dalam proses analisis. Via simplymeasured.com.

 

BACA JUGA: Optimalisasi Online Presence untuk Kesuksesan Digital Marketing

 

Mendengarkan percakapan audience. Anda akan didorong untuk mengamati topik apa saja yang relevan dengan audience. Dan, menemukan influencer yang pas untuk membantu pertumbuhan profil Anda secara masif.

Analisis performa strategi. Di bagian ini, aktivitas meliputi eksplorasi dan monitoring profil media sosial Anda. Selain itu, Anda pun dianjurkan sesekali mengamati performa” profil media sosial kompetitor. 

Monitoring content sharing. Mencermati konten apa yang sering dibagikan audience dan melakukan connecting secara langsung melalui private messaging kepada customer potensial. Sebelum Anda bisa menyelesaikan tahap keempat ini, Anda wajib menyimak artikel saya sebelumnya mengenai: panduan membangun merek bisnis secara online.

Mengukur social conversion. Di elemen terakhir ini, analisis terfokus pada impact dari seluruh upaya social media promotion Anda.  Misalnya, dampak social media marketing terhadap trafik, transaksi, hingga revenue bisnis.

Membangun profil akun media sosial yang potensial membutuhkan waktu. Anda tidak bisa membangun hari ini dan sukses hari ini. Semua butuh proses. 

Social media presence merupakan upaya nyata sebuah bisnis hadir di tengah-tengah audience social media. Penetrasi pengguna sosmed merupakan potensi besar yang amat sayang untuk dilewatkan. 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6

Image: Pexels.com.

In this article

Join the Conversation