Daftar Key Performance Indicator untuk Mengukur Keberhasilan Social Media Campaign

Kunci kesuksesan dari social media campaign yaitu ketepatan analisis. Apapun content marketing yang Anda sajikan, kampanye Anda akan berjalan lancar. Asalkan, Anda cermat dalam memonitor sekaligus menganalisis. KPI...

138 0
138 0
KPI Social Media Campaign

Kunci kesuksesan dari social media campaign yaitu ketepatan analisis. Apapun content marketing yang Anda sajikan, kampanye Anda akan berjalan lancar. Asalkan, Anda cermat dalam memonitor sekaligus menganalisis.

KPI atau key performance indicators merupakan alat untuk memonitoring jalannya kampanye media sosial sekaligus menganalisis dampaknya bagi bisnis Anda. Singkatnya, key performance indicators (atau key success indicator) merupakan tools monitoring proses social media campaign.

KPI merupakan tools monitoring proses social media campaign. Via businessgrow.com.

 

Berikut ini metrik KPI untuk mengetahui seberapa efektif social media campaign Anda.

 

Social Media Presence

Elemen pertama yang patut Anda perhatikan dalam social media campaign yaitu kehadiran bisnis Anda.

Analoginya, sosial media serupa dengan pasar. Anda adalah penjual yang baru membuka lapak.

Supaya lapak baru Anda dikenal oleh calon customer, lapak harus dibuka supaya barang dagangan terlihat oleh customer. Semakin sering Anda hadir dan terlihat” oleh calon pembeli, semakin besar peluang dagangan dibeli oleh customer.

Begitu pula ketika Anda baru membuka” akun media sosial baru.

Anda harus hadir melalui update status atau postingan yang rutin dan konsisten. Untuk mengukur apakah usaha Anda untuk menghadirkan diri di media sosial sudah efektif, coba lihat:

  • Berapa jumlah follower. Apakah ada peningkatan kuantitasnya?
  • Seberapa sering audience merespons konten media sosial (mention, comment, dst.)?
  • Seberapa besar daya jangkau konten Anda terhadap customer potensial?

 

BACA JUGA: Optimalisasi Online Presence untuk Kesuksesan Digital Marketing

 

Social Media Engagement

Pada proses perhitungan efektivitas social media campaign, jangan pernah melupakan engagement score. Makna engagement seringkali membingungkan bagi sebagian orang. 

Definisinya mirip dengan penjelasan di atas. Padahal tidak demikian.

Social media engagement lebih spesifik lagi. Setidaknya, di dalamnya terdiri dari lima element. Ilustarasinya ada di bawah ini.

 

Lima elemen dalam Social Media Engagement. Via Linkedin.com.

 

Apa sih sebenarnya makna engagement di media sosial? Engagement score merupakan nilai kelekatan (keakraban atau keintiman) sebuah akun media sosial dengan audience. Lebih detail, pengukuran engagement ini menggunakan indikator seperti:

  • Berapa jumlah retweet atau comment di setiap postingan?
  • Apakah konten sering dibagikan oleh satu audience ke audience lainnya?
  • Berapa jumlah komentar di tiap posting?
  • Apakah social media channel yang Anda pakai mampu menghasilkan trafik ke situs atau blog?

 

Social Media Reach and Influence

Seberapa mampu content marketing Anda mampu menghipnotis” audience? Atau Apakah pilihan social media channel Anda sudah berhasil menarik simpati audience?

Dua pertanyaan tersebut akan terjawab dengan social media campaign KPI ini. Pada proses eksekusi, seringkali Anda lupa tujuan utama memoles” media sosial. Sekedar mengingatkan, social media campaign merupakan upaya Anda untuk memasarkan produk di dunia media sosial.

Social Media Reach and Influence, via metricsman.wordpress.com.

 

BACA JUGA: Digital Marketing Channels Mana yang Cocok Dipakai Tahun 2017?

 

Inti dari tindakan ini ialah bisnis mampu menjangkau customer potensial dan memberikan dorongan baginya untuk membeli produk. Apakah kiranya semua social media strategy Anda sudah ke arah demikian?

Informasi tersebut bisa kamu ketahui melalui:

Share of voice. Indikator ini menjadi dasar untuk menentukan apakah bisnis mampu berbicara lebih lantang di tengah persaingan dengan kompetitor yang sudah terlebih dulu ada”.

Net promoter. Sebelum memutuskan membeli produk, sebagian customer terlebih dulu berburu” informasi mengenai produk yang akan ia beli. Mulai dari harga, spesifikasi, kualitas produk, hingga review dari para pembeli sebelumnya. Indikator net promoter dipakai untuk menjawab pertanyaan: seberapa sering customer merekomendasikan produk Anda ke teman atau sahabatnya?

Sentiment. Jumlah komentar dan review yang banyak tidak menjamin produk akan laris manis. Sentiment menekankan perbedaan yang jelas antara komentar/review positif dan negatif. Semakin banyak review positif, semakin tinggi peningkatan persentase penjualan.

 

 

Source: 1, 2, 3, 4
In this article

Join the Conversation