[Case Study] Waroeng Steak And Shake: Tetap Sukses di Era Digital Online

Meski bisnis Anda merupakan offline bisnis, tetapi tidak ada salahnya memakai metode digital marketing campaign. Digital marketing campaign merupakan upaya pemasaran produk ke lebih dari 132 juta pengguna...

1096 0
1096 0

Meski bisnis Anda merupakan offline bisnis, tetapi tidak ada salahnya memakai metode digital marketing campaign.

Digital marketing campaign merupakan upaya pemasaran produk ke lebih dari 132 juta pengguna internet. Soal efektivitasnya pun cukup signifikan. Penjualan produk melalui internet bagi pebisnis B2B atau B2C berkisar antara 8% 15%.

Bagi customer, amat tak lengkap apabila membeli produk tanpa melihat situs atau homepage produk yang akan ia beli. Asumsi ini diperkuat oleh bluecorona.com, dimana 70-80% customer terbiasa melakukan riset online terlebih dulu sebelum memutuskan membeli sebuah produk.

Pada akhirnya, bukan suatu keajaiban bila para pebisnis cenderung melakukan pemasaran digital (melalui SEO atau social media marketing).

Sebanyak 70-80% customer terbiasa melakukan riset online terlebih dulu sebelum memutuskan membeli sebuah produk. Via bluecorona.com.

 

Lantas, bagaimana dengan Waroeng Steak And Shake (atau dikenal sebagai WS) yang notabene merupakan bisnis offline? Demi menjangkau customer yang lebih luas, WS intensif menerapkan digital marketing, yaitu:

 

Social Media Campaign

Meski dirintis di Jogja, WS sudah menempatkan outlet-nya dari Bali hingga ke Riau. Total, ada lebih dari 30 outlet. Berdasarkan kondisi tersebut, WS memang sudah sepatutnya menerapkan digital marketing campaign. Alasannya sangat sederhana: 65% pengguna internet menumpuk” di pulau Jawa. 

Ada 65% pengguna internet di Pulau Jawa saja, via teknologi.inilah.com.

 

Demi menjangkau 86,3 juta pengguna internet di Pulau Jawa, WS memilih digital marketing channels berupa social media.

Pemilihan digital marketing channels ini tidak hanya didasarkan pada sumber daya WS sendiri. Ia pun memperhitungkan perilaku pengguna internet di indonesia. Diketahui, 129 juta pengguna internet merupakan pengguna media sosial.

Diketahui, 129 juta pengguna internet merupakan pengguna media sosial. Via khsnndzf.wordpress.com.

 

Sampai hari ini, penulis menemukan akun media sosial WS memiliki ribuan pengikut. Facebook dengan 17 ribu pengikut, Twitter diikuti 16 ribu follower, dan instagram sebanyak 56 ribu follower

 

Content Marketing Strategy 

Hadir di media sosial tidak membuat WS langsung diterima oleh netizen. Ia pun perlu memetakan konten seperti apa yang akan ia post di setiap akun media sosial.

Meski berbeda jenis media sosialnya, WS diketahui cenderung mengunggah konten jenis image, foto, dan visual lainnya disertai caption. Pilihan jenis content marketing WS ini patut diacungi jempol. Alasannya? Konten visual merupakan jenis konten paling mudah ditangkap, dipahami, dan disimpan” oleh audience.

Konten visual paling mudah ditangkap oleh audience. Via searchenginepeople.com.

 

BACA JUGA: Content Marketing Strategy untuk Bisnis Online Food & Beverage

 

Alhasil, ini membuat seluruh informasi yang disampaikan oleh pihak WS kepada customer melalui media sosial berpotensi diterima secara tepat.

Apa yang dilakukan WS nyatanya sesuai dengan perilaku para digital marketer di dunia, dimana konten visual menjadi bagian terpenting di dalam strategi digital marketing mereka. 

Konten visual merupakan elemen terpenting dalam digital marketing campaign. Via ieg.wnet.org.

 

Giveaway & Online Store

Nah, demi mendapatkan perhatian yang lebih besar dari audience daring, WS membuat kompetisi vlog kecil-kecilan dengan hadiah 17 jutaan. Langkah WS ini bisa dikatakan pemborosan” dana, tetapi hasilnya cukup menggiurkan. 

Strategi digital marketing melalui giveaway akan membantu bisnis untuk:

  • Grow your network,
  • Generate leads,
  • Save money,
  • Gain product exposure,
  • Give back to your fans,
  • Save time & headaches,
  • Have some fun, 
  • Liven up your community.

Meski sudah di hati” para customer, pihak WS tidak ingin terus menunggu. Pihaknya pun berinovasi membuat situs waroengdelivery.com dan aplikasi mobile di platform Android. Layanan ini bertujuan supaya customer lebih mudah untuk menikmati menu WS tanpa harus keluar rumah. 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Image: Menganpai

In this article

Join the Conversation