Social Media Optimization: 5 Tips Memaksimalkan Media Sosial

Melakukan strategi social media optimization pada bisnis merupakan faktor penting untuk menaikkan peringkat pada search engine. Tak sedikit yang menyepelekan strategi ini, padahal melakukan social media optimization membantu...

446 0
446 0
Social Media Optimization: 5 Tips Memaksimalkan Media Sosial

Melakukan strategi social media optimization pada bisnis merupakan faktor penting untuk menaikkan peringkat pada search engine. Tak sedikit yang menyepelekan strategi ini, padahal melakukan social media optimization membantu media sosial memiliki peringkat tertinggi.

Jadi, apakah itu social media optimization?

Social media optimization adalah sebagai sarana meningkatkan awareness terhadap brand, produk, jasa, atau event dengan mengoptimalkan berbagai media sosial dan community agar mampu menghasilkan publikasi yang lebih luas.

Jadi ada gambaran mengapa social media optimization menjadi hal penting, bukan? Pada dasarnya untuk mengoptimalkan optimasi pada media sosial, ada dua mesin pencari yang harus dioptimalkan, yakni fungsi pencarian dalam social network dan search engine Google.

Ada beberapa manfaat daru social media optimization. Mulai dari terhubung langsung dengan customer, Anda juga traffic website akibat penambahan link, baik pada profile maupun content yang di-post.

Lalu bagaimana memulai social media optimization untuk bisnis Anda?

BACA JUGA: Panduan Mendapatkan Lebih Banyak Leads Melalui Social Media Optimization Technique

Social Sharing Tools

Ada baiknya bagi perusahaan memiliki website untuk informasi bagi customer. Untuk bisa memaksimalkan social media optimization, website bisa menjadi tempat sharing content melalui media sosial, begitu pula sebaliknya. Gunakan social sharing tools pada website sehingga setiap content atau informasi yang ada bisa dibagikan di media sosial.

Pentingnya social sharing tools di website via jquerybyexample
Pentingnya social sharing tools di website via jquerybyexample

Gunakan Keywords di Media Sosial dan Website

Saat memulai social media optimization, Anda harus mengedepankan konsistensi, termasuk dalam urusan profile yang berisi informasi jelas tentang produk/bisnis, baik di media sosial atau website Anda.

Selanjutnya, gunakan keywords di dalam profile Anda yang memiliki peran cukup kuat bagi search engine untuk website dan media sosial. Susun keywords dan frasa ke profile dengan secara alami tanpa mengandung spam.

Untuk mencari keywords yang tepat untuk brand, akses Keyword Planner, lalu cantumkan di profile akun. Setidaknya masukkan 2-3 keywords di profile.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan keywords pada website, konten blog, maupun campaign yang sedang dijalani. Setelah itu Anda bisa memaksimalkan keywords pada media sosial Anda dengan menambahkan keywords disetiap konten media sosial. Ini akan sangat membantu menjaga konsisten konten agar selalu relevan dengan para target audiens.

Content Interaktif

Jadilah media sosial yang interaktif, seperti membangun hubungan dengan para pelanggan di media sosial dengan melakukan postingan yang interaktif dan mengundang jawaban dari para pelanggan. Semakin menjadikan media sosial sebagai media “bertemu” dengan customer, semakin banyak calon customer melirik media sosial bisnis Anda. media sosial yang ineraktif juga semakin banyak calon pelanggan yang melirik postingan Anda dengan konten yang berkualitas tentunya.

Foto Profile yang Eye Catching

Di dalam media sosial, hal yang pertama kali dilihat oleh customer adalah foto profil perusahaan. Berikan kesan profesional untuk memaksimalkan penggunaan media sosial.

Gunakan panduan ukuran yang disarankan setiap platform media sosial agar Anda tidak salah ukuran ketika mem-posting foto nantinya. Jangan lupa untuk menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dan menyimpan berbagai makna didalamnya. Tentunya gunakan gambar yang bersifat memorable agar publik mudah menginat brand Anda dalam sekejap dan relevan dengan brand Anda.

Selalu Lakukan Evaluasi

Evaluasi dibutuhkan untuk menelaah apakah strategi yang digunakan untuk social media optimization sudah berhasil atau belum, sesuai dengan tujuan awal dalam membentuk sebuah media sosial, bisa karena menaikkan awareness, menaikkan pelanggan, dan lainnya.

Selalu control media sosial agar tetap terjaga kualitas kontennya, baik itu dari segi desain, caption, dan lain halnya.

Media sosial merupakan investasi terbesar bagi perusahaan Anda untuk saat ini, karena dengan media sosial, Anda memiliki lingkup yang lebih luas dalam menyebarkan promosi maupaun campaign. Memanfaatkan media sosial dengan melakukan optimalisasi pada media sosial akan lebih mengembangkan media sosial Anda kedepannya. dengan cara Anda mengikuti kelima tips di atas, akan membantu Anda  dalam hal social media optimization.

 

Image source: Pexels

In this article

Join the Conversation