Sukses Besar Jual Pulsa Berkat Digital Marketing

Pernah membayangkan berjualan pulsa dengan disertai strategi digital marketing? Ide unik tersebut tidak banyak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Dan, ide tersebut berhasil diakuisisi secara cepat dan efektif oleh...

567 0
567 0
Digital Marketing Strategy Bisnis Pulsa

Pernah membayangkan berjualan pulsa dengan disertai strategi digital marketing?

Ide unik tersebut tidak banyak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Dan, ide tersebut berhasil diakuisisi secara cepat dan efektif oleh Sepulsa.com. Tidak main-main, ide bisnis jualan pulsa ala Ananto Wibisono ini mendapat perhatian dari berbagai media tanah air, seperti:

  1. TechInAsia,
  2. Marketeers,
  3. Dailysocial,
  4. CNN Indonesia,
  5. Okezone,
  6. Bisnis.com, dan
  7. Metrotvnews.

Tujuh media tersebut meliput seluruh layanan Sepulsa dengan sangat lengkap. Belajar dari Sepulsa, segala jenis bisnis akan menjadi sangat cantik dan memikat” hati apabila dieksekusi secara efektif. 

Di era pengguna telepon seluler sebanyak 270 juta pada 2014, bisnis jualan pulsa sangat cocok dikawinkan” dengan digital marketing strategy. Hasilnya tidak tanggung-tanggung, Sepulsa:

  • Dikunjungi 2,3 juta visitor di bulan Juli 2017
  • Diunduh di 100 ribu device
  • Memperoleh 5.992 tanggapan positif
  • Bekerja sama dengan puluhan merchant

Jerih payah Sepulsa sejak awal berdiri hingga saat ini berbuah manis. Lalu, bagaimana cara Sepulsa memoles jualan pulsa” yang identik dengan kios pinggir jalan menjadi kios pulsa mobile yang ada di tiap gawai customer?

 

Mengandalkan Organic Search

Selain membuat versi aplikasi mobile (Android dan iOS), Sepulsa menerapkan teknik digital marketing kuno”, tetapi efektif hingga saat ini, yaitu organic search

Berdasarkan riset sederhana penulis, Sepulsa sangat aktif menumbuhkan organic search melalui penargetan keyword. Setidaknya, Sepulsa sudah menarget” 2000-an keyword sebagai umpan” untuk mendapatkan customer. Tercatat, keyword: bpjs, nomer pln, cara paketan xl, dan lain-lain menjadi umpan” dengan trafik tertinggi. 

Penargetan keyword Sepulsa. Via SEO Analytics Tools.

 

Demi memperoleh hasil pancingan” besar seperti saat ini, Sepulsa pun perlu bersabar. Layaknya seorang pemancing menanti hasil. Ia pun dihadapkan oleh ribuan kompetitor, seperti xl.co.id,  gadgetren.com, daftar.co, pulsapaketinternet.blogspot.com, dan oketekno.com.   

Organic competitor Sepulsa, via SEO Analytics Tools.

 

Mengoptimalkan Backlink

Keyword bukanlah satu-satunya digital strategy yang dibangun oleh Sepulsa. Ditengarai, ia pun mati-matian melakukan optimasi backlink secara konsisten melalui berbagai situs atau blog terpercaya. 

Sepulsa memperoleh 15.000 backlink dari 77 situs referral. Hasilnya, lapak” pulsa ini berperingkat 834 di Indonesia dan 37.700 (Global rank).

Backlink Sepulsa. Via SEO Analytics Tools.

 

Apa pentingnya backlink?

Ada 3 keuntungan utama backlink, yaitu:

  • Improves organic ranking
  • Faster indexing
  • Referral traffic

Coba kamu buka similarweb.com, maka kamu bisa menyaksikan bahwa Sepulsa sangat mengandalkan organic search sebagai sumber trafiknya. Sesekali, situs ini juga memanfaatkan media sosial, email marketing, dan offline advertising, tetapi hal tersebut memiliki persentase yang amat kecil. 

Sepulsa sangat mengandalkan organic search sebagai sumber trafiknya. Via similarweb.com.

 

Beli Pulsa, Gratis 3 Voucher

Sudah baca artikel saya berjudul “Menjual Produk dengan ‘Permainan Angka’“? Sepulsa nyata-nyata memakai strategi tersebut untuk memuaskan customer

Jargon Beli Pulsa, Gratis 3 Voucher” merupakan tagline yang melekat di juragan pulsa ini. 

Sepulsa akan memberikan tiga voucher diskon untuk setiap transaksi pengisian pulsa. Semakin besar nominal pulsa yang dibeli, maka diskonnya pun akan semakin besar. 

Sepulsa akan memberikan tiga voucher diskon untuk setiap transaksi pengisian pulsa. Via Jawapos.com.

 

Selain itu, berdasarkan penelusuran di berbagai portal berita, portal startup, dan majalah online, jargon Beli Pulsa, Gratis 3 Voucher” selalu tertulis di lokasi-lokasi tersebut.

Dari sisi psikologis, tipe pricing psychology yang dipraktikkan oleh Sepulsa tersebut akan mendorong customer untuk lebih antusias melakukan transaksi dalam jumlah besar. Karena? Semakin besar nominal pulsa semakin besar diskon yang diperolehnya. 

 

BACA JUGA5 Elemen Rahasia Digital Marketing Bisnis Pulsa 

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

In this article

Join the Conversation