Ciptakan Digital Marketing Campaign dengan 3 Cara Mudah

Dunia digital marketing saat ini menjadi penghubung yang kuat antara Anda dan pelanggan secara maya. Berkembang atau tidaknya bisnis Anda sekarang, tergantung pada keunikan digital marketing plan bisnis...

361 0
361 0
Digital Marketing Campaign

Dunia digital marketing saat ini menjadi penghubung yang kuat antara Anda dan pelanggan secara maya. Berkembang atau tidaknya bisnis Anda sekarang, tergantung pada keunikan digital marketing plan bisnis Anda saat ini.

Untuk memulai sebuah digital marketing campaign pada bisnis Anda, persiapkan target market yang tepat. Setelah target audiens selesai, Anda bisa memulai untuk merencanakan digital marketing campaign pada bisnis Anda dengan menggunakan beberapa platform digital marketing dan media sosial. Setiap platform memiliki kegunaannya masing-masing dan tugas Anda memilah platform yang tepat untuk menjalankan digital marketing campaign Anda.

Perencanaan untuk membuat sebuah campaign memang harus diatur dan diukur dengan baik. Tujuannya agar campaign tepat sasaran dan memudahkan proses branding bisnis Anda. Berikut tiga cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk strategi digital marketing campaign.

  1. Tinjau Ulang Digital Marketing Strategi Anda

Melakukan pratinjau ulang strategi pada digital marketing campaign Anda terdahulu bisa menjadi insight tersendiri untuk langkah apa yang bisa Anda ambil selanjutnya. Namun jika Anda belum pernah memulai nya, ini merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan.

Pertama, lakukan screening pemberitaan dan conversation/listening terhadap bisnis Anda di masa lalu dengan pencarian di search engine dan media sosial. Selanjutnya, perbaiki website Anda. Website merupakan aset online utama yang menjelaskan semua tentang brand atau perusahaan Anda. Maka itu, buatlah website responsif dengan konten yang menarik dan compact di berbagai perangkat.

 

BACA JUGA: Optimalisasi Online Presence untuk Kesuksesan Digital Marketing

 

  1. Membuat Perencanaan Digital Marketing Campaign

Setelah urusan nomor satu selesai, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan channels apa yang akan digunakan untuk digital marketing campaign bisnis Anda. Anda bisa mulai dengan social media, seperti Facebook, Instagram, Google+, Twitter, atau lainnya. Mengapa Facebook dan social media lainnya? Baca kembali ulasan kami di artikel ini.

Ketika merencanakan campaign, jangan lupa untuk membentuk sebuah team yang akan merealisasikannya. Lalu, buat timeline yang akan mengatur perjalanan campaign kedepan.

Jangan lupa memaksimalkan website atau landing page sehubungan campaign yang akan berlangsung. Ketika calon pelanggan menemukan online ads Anda kemudian mengklik, alur akan mengarahkan mereka ke website.

 

BACA JUGA: Panduan Membuat Digital Marketing Plan

 

  1. Terakhir, Eksekusi & Pantau Keberhasilan Campaign

Selama campaign berlangsung, Anda wajib untuk selalu memantau keberhasilan campaign Anda. Hal ini akan menghindari Anda dari kesulitan selama masa campaign. Pada biasanya, bisnis yang yang belum siap untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan seluruh usaha yang bisa dilakuan akan mengalami kesulitan dalam membuat rencana campaign yang sukses.

Jangan pernah membiarkan campaign Anda terputus di tengah-tengah hanya karena kelalaian dan kesibukan masing-masing team. Perlunya melakukan evaluasi secara berkala dan selalu berpatokan sesuai rencana awal akan membuat Anda menemukan kesuksesan besar saat melakukan pemasaran secara online dan optimalisasi search engine.

 

BACA JUGA: Digital Marketing Campaign: Panduan Dasar Mengetahui Pertumbuhan Pengunjung Website Bisnis

 

Dalam menjalankan sebuah digital marketing campaign, tidak semua rencana yang kita bangun dari awal akan berhasil sesuai ekspektasi. Tergantung Anda dan team yang mampu mengatur kondisi agar campaign tidak terputus di tengah jalan. Kerja sama team merupakan suatu dasar yang akan mengokohkan tujuan Anda dari awal.

Selalu lakukan evaluasi secara berkala dan curahkan strategi yang ada untuk menyelesaikan campaign yang sudah dikerjakan. Dengan menggunakan strategi di atas, akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan campaign yang sudah dikerjakan.

 

Image Source: Pexels <https://www.pexels.com/photo/beverage-black-coffee-business-chart-33972/>

In this article

Join the Conversation